Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tutorial Cara Membuat Blog Paling Mudah Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost - Cara membuat blog yang mudah semakin diminati. Apalagi blog saat ini telah menjadi media menulis efektif bagi para penulis. Lewat blog seorang penulis dapat menuliskan segala gagasan yang ingin disampaikan. Namun, ada beberapa penulis yang belum familiar dengan penggunaan blog ini.

Padahal blog akan sangat bermanfaat kedepannya. Bahkan apabila rutin mengisi konten, blog pun dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi pemiliknya. Akan tetapi semua tidak bisa dilakukan dengan instan. Harus melalui proses panjang dan sabar untuk mengembangkan blog menjadi lebih baik dan menghasilkan.

Cara membuat blog

Tutorial Cara Membuat Blog Bagi Seorang Pemula

Bagi orang yang punya hobi menulis dan blog masih terasa awam untuk dijadikan media menulis yang efektif, cara membuat blog paling mudah pun akan terasa sulit. Namun, kini hal tersebut bukanlah sebuah masalah berat lagi. Sebab kini banyak bertebaran tutorial cara membuat blog untuk pemula di internet yang mudah di akses. Ingin tahu tutorial lengkapnya, simak di bawah ini;

1. Tentukan Platform yang Ingin Digunakan

Cara membuat blog sederhana untuk pemula dimulai dari menentukan platform yang ingin digunakan. Hingga saat ini terdapat dua platform blog yang sering digunakan untuk pemula. Yaitu Blogspot atau Wordpress. Kedua memiliki kekurangan dan kelebihan. Cara membuat blog dari dua platform ini juga berbeda. 

Kali ini tutorial yang diberikan adalah Blogspot karena lebih banyak digunakan. Adapun cara membuatnya adalah masuk terlebih dahulu ke blogger.com. Masuk dengan menggunakan akun email yang dimiliki. Setelah itu akan muncul tampilan blogger.com. Mulai dari penamaan blog, pengaturan template dan lain sebagainya.

Namun, bila Anda ingin yang profesional bisa memilih wordpress. Jika Anda memilih wordpress, maka harus menyediakan budget lebih. Sebab, Anda perlu membeli hosting, tema dan plugin-plugin kalau ingin performa web maksimal. 

2. Tentukan Niche Blog    

Tidak hanya memahami cara membuat blog, satu hal yang harus diperhatikan adalah menentukan niche dari blog yang dibuat. Cari niche yang sesuai dengan minat yang dimiliki. Contoh niche yang sering digunakan adalah lifestyle, parenting, otomotif, traveling, kuliner dan lain sebagainya. Dengan adanya niche, menulis di sebuah blog tidak akan bingung lagi, karena tulisan atau konten di sana telah focus pada topic yang dipilih. 

Alangkah baiknya jika satu blog satu niche saja. Pilih niche yang mempunyai cpc besar agar pendapatan blog Anda maksimal. Atau pilih niche berdasarkan minat Anda, sehingga bisa menulis dengan hati tanpa adanya paksaan. Sebab, niche blog akan mempengaruhi minat Anda dalam menulis atau mengurusnya.

3. Pilih Layanan Hosting Terbaik

Bagi seorang pemula cara membuat blog dengan mudah dapat diikuti dengan memilih layanan hosting terbaik. Biasanya seorang pemula juga akan bingung dengan istilah ini. Hosting sendiri adalah tempat penyimpanan data di blog. Semua pemilik blog pasti menginginkan system memori yang aman dan loading halaman blog yang cepat.

Untuk itulah dibutuhkan layanan hosting terbaik untuk mendukung hal tersebut. Dimana cara mendapatkannya? Banyak jasa layanan hosting yang tersedia. Jika masih ragu, bisa minta rekomendasi dari teman yang telah menggunakan layanan hosting ini.

4. Mulai Menulis

Setelah melewati step by step cara membuat blog, kini sudah saatnya untuk beraksi dengan mulai menulis secara rutin. Menulis apa saja sesuai dengan niche blog tadi yang telah dibuat. Tulisan tidak harus panjang. Tema tulisan juga tidak harus berat. Yang paling penting konsisten untuk selalu mengisi blog.

5. Promosikan Blog di Berbagai Media

Cara membuat blog terbaik akan lebih sempurna apabila dibarengi dengan promosi blog tersebut diberbagai media, seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar blog yang dibuat semakin dikenal oleh orang banyak. Jadi, tulisan yang ada di blog tidak hanya dinikmati sendiri. Orang lain juga bisa menikmati dan memetik manfaat dari tulisan tersebut.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat blog untuk pemula. Apalagi jika platform yang digunakan adalah Blogspot. Semuanya terasa mudah. Jika ingin blog lebih menarik lagi, bisa memasang domain berbayar agar performa blog semakin baik dan kelak dapat menghasilkan uang. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Tutorial Cara Membuat Blog Paling Mudah Untuk Pemula"

Berlangganan via Email