Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Membuat Website Dari Nol Bagi Pemula Tanpa Coding

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost - Dewasa ini, masih saja ada orang yang menunda untuk go-online, karena menganggap cara membuat website dari nol itu sulit. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat portal online memiliki potensi yang jauh lebih besar. Terutama bagi pengusaha maupun orang-orang yang ingin membuat profil online.

Di samping itu, keberadaan website untuk mendongkrak popularitas dan kepercayaan masyarakat pun sudah terbukti. Oleh karena itu, jika Anda salah satu di antara orang yang masih meragu, maka pastikan untuk membaca panduan membuat website dari nol ini sampai selesai. 

Cara Membuat Website Dari Nol

Inilah Cara Membuat Website Dari Nol

Saat awal mendengar kata ‘website’, tidak sedikit orang yang langsung menghubungkannya dengan hal-hal sulit. Entah itu bahasa pemrograman, coding, HTML, atau bahkan ketakutan dari segi modal. Agar tak lagi salah paham, berikut adalah panduan membuat website dari nol bagi pemula:

1. Tentukan Tujuan dan Ide Website

Saat Anda ingin membuat website, tentu ada tujuan yang ingin dicapai, bukan? Misal untuk keperluan pengembangan bisnis, maka sesuaikan ide atau tema website dengan tujuan tersebut. Cara membuat website dari nol yang satu ini penting untuk dilakukan, agar manfaat yang diperoleh dapat lebih maksimal.

Dalam dunia website, tujuan dan ide biasa disebut dengan niche. Anda dapat browsing melalui peramban untuk mengetahui niche yang sesuai dengan kebutuhan. Di sana ada ratusan ide yang dapat Anda ATM atau Amati, Tiru, dan Modifikasi. 

2. Tentukan Platform

Secara sederhana, platform dapat diartikan sebagai tempat yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan software dari website. Salah satu jenis platform yang paling banyak digunakan, yaitu Wordpress. Selain mudah diinstal, platform ini juga mudah diutak-atik bahkan oleh orang awam sekalipun. 

3. Tentukan Domain

Sebelum praktik cara untuk membuat website dari nol yang selanjutnya, tentukanlah domain terlebih dahulu. Domain ini nantinya akan menjadi alamat website Anda yang akan diakses oleh semua orang. Oleh karena itu, pastikan nama tersebut unik, mudah diingat, dan gampang dicari. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencari domain:

a. Gunakan tool ‘cek domain’ untuk mencari nama-nama website yang berpotensi.

b. Masukkan nama domain yang Anda inginkan di kolom pencarian.

c. Pilihlah nama yang memenuhi kriteria.

d. Selesaikan pemesanan, lalu regristrasikan domain tersebut. 

4. Tentukan Hosting

Jika domain diibaratkan seperti alamat, maka hosting bertindak sebagai rumahnya. Artinya, hosting merupakan wadah untuk menaruh semua data yang Anda miliki di dalam website. Oleh karena itu, pilihlah hosting yang memiliki tingkat keamanan tinggi, proses load cepat, serta dapat diandalkan. Jika Anda memiliki budget lebih, pilih hosting untuk jalur pribadi saja. 

5. Instalasi dan Pengaturan

Sebelum memasang website, Anda harus melakukan instalasi SSL terlebih dahulu. Selain untuk alasan keamanan, SSL atau Secure Socket Layer juga dapat menghindarkan Anda dari kerjaan dua kali. Sebab, aplikasi apapun yang Anda instal harus dipindai terlebih dahulu oleh SSL. Namun, proses pemindaian ini akan masuk hitungan hanya jika SSL sudah terpasang sebelum penginstalan. 

Oleh karena itu, pastikan SSL sudah terpasang dengan baik, baru lanjutkan cara membuat website dari nol dengan melakukan penginstalan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk menginstal platform website adalah Softaculous. Berikut adalah tahap penginstalan website menggunakan aplikasi Softaculous:

  • Buka link pada email yang dikirimkan saat Anda membeli hosting.
  • Buka ‘nama domain.com/cpanel’, lalu masukkan username serta password Anda.
  • Cari aplikasi Softaculous, pilih Wordpress, lalu klik install.
  • Isi semua kolom dengan data yang Anda miliki.
  • Setelah semua kolom terisi, klik instal. Tunggu beberapa saat, maka website Anda sudah dapat digunakan.

6. Pengaturan

Jika penginstalan sudah berhasil, maka cara membuat website dari nol pun selesai. Selain mudah, cara ini terbilang sangat praktis, bukan? Untuk memastikannya, cobalah login ke website Anda dengan cara:

a. Akses https://www.namadomain.com/wp-admin/

b. Masukkan username dan password, lalu klik login.

c. Jika muncul halaman website, maka dapat dipastikan panduan yang Anda ikuti sudah benar.

Selanjutnya, Anda tinggal mencari referensi untuk mengatur website agar tampak lebih cantik dan tertata dengan rapi. Seperti mengatur tampilan halaman depan, tombol widget, dan lain-lain. Semakin fungsional, maka website tersebut semakin berkualitas. 

Demikian cara membuat website dari nol yang dapat Anda ikuti dari rumah. Jangan pernah malas untuk meng-upgrade diri, agar usaha yang Anda geluti dapat berkembang. Semoga tulisan ini dapat membawa manfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk " 6 Cara Membuat Website Dari Nol Bagi Pemula Tanpa Coding"

Berlangganan via Email