Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membuat Wordpress Termudah dan Tercepat

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost - Cara membuat Wordpress memang sedikit berbeda dengan Blogspot, tapi bukan berarti lebih sulit. Selain Blogspot, Wordpress adalah platform blog yang sering digunakan. Wordpress kini pun semakin banyak digunakan karena layanannya yang lebih cepat dengan tampilan yang lebih cantik dan menarik.

Cara membuat Wordpress gratis bisa dilakukan melalui smartphone atau PC. Langkah keduanya hampir sama.  Wordpress pun semakin ramah dengan pengguna smartphone. Karena pengguna platform ini sekarang lebih nyaman menggunakan smartphone dan bisa diakses kapan pun, dimana pun dan ketika sedang santai sekalipun.

Cara membuat Wordpress

Tutorial Lengkap Cara Membuat Wordpress Paling Mudah

Cara membuat Wordpress kali ini akan lebih banyak membahas tentang cara membuat versi gratisnya dengan Wordpress.com. Sebelum membuatnya pastikan telah menyiapkan email yang aktif agar proses pembuatannya tidak mengalami kendala. Berikut ini adalah tutorial lengkapnya;

1. Membuat Akun

Cara membuat Wordpress menarik adalah buka dahulu alamat website Wordpress dan pilih ‘mulai situs web anda’. Buka URL Wordpress.com. Biasanya setelah itu akan ada perintah memasukkan email pengguna, nama pengguna dan password. Catat semuanya dengan baik agar tidak lupa ketika login lagi dikemudian hari. Jika sudah pilih menu ‘buat akun anda’. Masukkan email, nama pengguna dan juga password.

Dari sini, platform Wordpress telah siap untuk digunakan. Untuk selanjutnya tinggal mengikuti langkah-langkah sesuai petunjuk yang nantinya akan ditampilkan di halaman Wordpress. Tidak sulit dan simple layaknya membuat blog dengan platform Blogspot.

2. Pilih Jenis Blog

Langkah selanjutnya cara membuat Wordpress yang mudah adalah menentukan jenis atau niche blog. Hanya harus menyesuaikan apakah blog yang dibuat adalah blog bussines, profesional dan online store. Lalu masukkan kategori website yang akan dibuat, bebas sesuai keinginan. Klik ‘continue’ untuk melanjutkan.

3. Pilih Kategori Website

Cara membuat Wordpress selanjutnya adalah menjelaskan nama website yang akan dibuat. Bisa menggunakan nama atau sesuai dengan niche website. Pastikan membuat nama yang mudah diingat baik oleh diri sendiri atau orang lain. Kemudian klik continue. Tidak terlalu sulit bukan?. Lanjut ke langkah selanjutnya.

4. Mengisi Penjelasan Isi Website

Memiliki website wordpress berbayar tentu lebih menyenangkan. Inilah langkah selanjutnya dari cara membuat wordpress yaitu menuliskan alamat domain. Perlu diingat juga bahwa nama domain sebaiknya belum ada yang memilikinya. Contoh, pojokdigitalmarketing.wordpress.com.

Lalu pilih pada bagian ‘free’ agar tidak perlu membayar. Kelebihan Wordpress salah satunya adalah menjual domain dan hosting layaknya penyedia hosting lainnya. Mungkin karena ini pula banyak yang menggunakan Wordpress.

5. Menuliskan Alamat Domain

Cara membuat  blog Wordpress yang terakhir adalah pilih ‘start with a free site’ pada bagian atas. Pilih plan hosting dan secara otomatis akan masuk ke dashboard blog Wordpress. Selesai, Wordpress siap untuk digunakan. Jangan lupa untuk konfirmasi email dan launch your site untuk menampilkan website di internet.

Bila ingin profesional pakailah ekstensi .com, .net atau lainnya. Anda bisa membeli domain terlebih dahulu, lalu memasangkannya ke blog Anda. Banyak penyedia domain yang juga menjual hostingnya. Bahkan banyak pula yang membeli hosting gratis domain. Anda bisa memilih layanan sesuai kantong. 

Dalam memilih domain, pastikan sesuai dengan niche yang Anda pilih sehingga membuat pengunjung lebih mudah dalam mengingat nama blog Anda. Domain ibaratnya adalah sebuah identitas dan pastikan identitas itu mudah dikenali, diingat dan dihapalkan orang atau audiens blog Anda. 

Kini blog dengan platform Wordpress siap untuk digunakan. Setelah mengetahui tentang tutorial cara membuat  blog Wordpress, langkah selanjutnya adalah mengisi konten dengan konsisten. Konten tersebut bisa menyesuaikan dengan niche yang telah dipilih.

Agar semakin semangat dalam mengisi konten, ada baiknya apabila sering mempromosikan blog ke berbagai media social yang dimiliki. Dengan demikian konten yang dibuat juga dapat bermanfaat untuk orang lain.

Nah, itulah beberapa tutorial cara membuat Wordpress untuk pemula. Agar website Wordpress lebih maksimal dan dapat bersaing dengan Wordpress self hosted, pastikan untuk memaksimalkan dengan teknik SEO.Jika menginginkan Wordpress self hosted bisa juga dengan menggunakan hosting murah dari berbagai penyedia agar Wordpress semakin optimal.

Posting Komentar untuk " 5 Cara Membuat Wordpress Termudah dan Tercepat"

Berlangganan via Email