Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Memilih Domain Website, Unik dan Tidak Pasaran

aldanpost - Cara memilih domain website menjadi sangat penting untuk dipelajari, karena masih saja ada segelintir orang yang salah paham. Begini, domain itu dapat diibaratkan sebagai alamat rumah. Jika alamat tersebut rumit, maka orang akan semakin sulit untuk menemukannya.

Oleh karena itu, ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan sebelum memilih nama domain. Hal tersebut merujuk pada fungsi dari domain itu sendiri, yaitu memudahkan seseorang untuk mengingat dan mengakses website Anda. Jika fungsi ini tidak dapat dipenuhi, maka popularitas website yang akan menjadi taruhannya. 

cara memilih domain website

Inilah Cara Memilih Domain Website Paling Mudah

Perlu diketahui, memilih domain itu penting sama halnya dengan memilih branding diri atau usaha yang Anda tekuni. Oleh karena itu, dikatakan bahwa minimal domain harus dapat mewakili apa yang ingin Anda tonjolkan. Agar lebih jelas, berikut panduan memilih domain website bagi pemula:

1. Nama Kreatif dan Brandable

Nama domain yang brandable akan memudahkan Anda untuk menaikkan pamor ke khalayak umum. Buatlah nama yang kreatif dan unik, tetapi tetap mudah untuk diingat, dicari, maupun diketik. Caranya, Anda dapat menggabungkan beberapa nama, mencari istilah dari bahasa lain, dan lain sebagainya.

2. Gunakan Kata Kunci

Jika website yang Anda bangun ditujukan untuk keperluan bisnis atau usaha, maka buatlah domain yang dapat mewakilinya. Misal cara memilih domain website yang ditujukan untuk jasa pengiriman barang atau paket. 

Anda dapat memasukkan nama “cargo” atau “ekspedisi” ke dalam domain usaha. Dengan demikian, orang akan mengetahui isi website tersebut hanya dari nama saja. Contoh: www.remajacargo.com. Hindari pembiasan makna dalam pemilihan nama, agar tidak terjadi kerancuan.

3. Gunakan Atribut Lain

Selain menggunakan kata kunci, Anda juga dapat memanfaatkan atribut lain. Pilihlah atribut yang dapat memberikan nilai lebih atau value tentang bisnis yang dijalankan. Misal Anda ingin menonjolkan kecepatan pengiriman, maka penambahan kata “ekspress” dapat menjadi alternatif. Contoh: www.cargoekspress.com. 

4. Target Area

Hal lain yang dapat dipertimbangkan dalam cara memilih domain website adalah target area. Anda dapat memasukkan nama kota untuk menyasar konsumen di wilayah yang sama, contoh: cargobandung.com. Anda juga dapat mempertimbangkan ekstensi lain seperti .co.id ataupun .id untuk memberikan batasan khusus pengguna di Indonesia.

5. Hindari Penggunaan Angka dan Tanda Baca

Agar lebih mudah diingat, sebaiknya hindari penggunaan angka ataupun tanda baca (hyphen/tanda sambung). Hal ini dapat mempersulit orang lain untuk mengakses website Anda. Terlebih lagi, di luaran sana mungkin saja ada banyak orang yang menggunakan domain mirip. Meskipun kurang satu tanda, maka pengakses akan ditujukan ke tempat lain.

6. Hindari Merek Dagang

Pemakaian merek dagang sangat tidak dianjurkan di dalam cara memilih domain website. Pasalnya, cara ini dinilai tidak etis, karena mengambil hak cipta milik orang lain. Jika tidak beruntung, Anda juga dapat dituntut oleh perusahaan tersebut karena melekatkan nama mereka. 

7. Riset

Sebelum mengambil keputusan dari serangkaian cara memilih domain website di atas, lakukanlah riset terlebih dahulu. Selain cara manual, Anda dapat memanfaatkan tools yang tersedia untuk menyeleksi nama domain. Berikut beberapa di antaranya:

a. DnScoop

Tools ini ditujukan bagi Anda yang melakukan pembelian domain dari orang lain, baik melalui transaksi pribadi maupun lelang. Situs tersebut akan menampilkan domain yang relevan berikut dengan statistiknya. Dengan demikian Anda akan mendapatkan nama domain yang benar-benar berkualitas.

b. Domainr

Cara memilih domain website menggunakan Domainr juga terasa sangat membantu. Tak hanya statistik, situs ini juga akan memberikan Anda beberapa masukan. Misal, penambahan sebuah elemen yang dapat memberikan kesan kreatif, maupun eksistensi alternatif yang dapat Anda gunakan.

c. Dot-O-Mator

Meski nama situsnya sedikit ribet, tetapi tool yang satu ini sangat direkomendasikan. Anda dapat menambahkan kata di awal atau akhir, lalu klik gabungan. Setelah diurutkan, Anda akan mendapatkan nama-nama domain yang cantik dan “menjual”. Dalam dunia bisnis online, kedua hal ini memang patut dipertimbangkan.

Demikian sedikit ulasan mengenai cara memilih domain website tanpa ribet. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang berusaha untuk mengepakkan sayap bisnis. Ingat, efek visualisasi menjadi kunci utama dalam dunia online. Penuhi kebutuhan ini, maka Anda akan menggenggam keuntungan. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk " 7 Cara Memilih Domain Website, Unik dan Tidak Pasaran"

Berlangganan via Email