Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Cara MEMPERBAIKI layar hp yang Tidak bisa Disentuh

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Loncat pada materi cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh. Biasanya ini sering terjadi karena toucshcreen dan LCD adalah komponen sensitif. Beberapa hal yang kita lakukan secara tidak sengaja seringkali menjadi penyebab masalah yang satu ini. Ketika Anda mengetahui layar hp tidak bisa disentuh, sebaiknya jangan buru-buru melakukan penggantian LCD atau touchscreen, tapi kamu bisa melakukan beberapa pengecekan serta tindakan perbaikan sendiri terlebih dahulu. Kan sayang uangnya jika ternyata LCD dan touchscreen tidak masalah namun kamu ganti dengan yang baru. 

Langkah awal dalam cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh adalah mengetahui penyebab utamanya terlebih dahulu. Coba kamu ingat-ingat lagi, hal apa yang sudah kamu lakukan sebelumnya sehingga menjadikan layar hp kamu tidak bisa disentuh tersebut. Apa mungkin tidak bisa disentuh karena sehabis jatuh? ketindihan? menginstal aplikasi baru? Atau bahkan saat kamu sedang bermain game atau sebuah aplikasi dan tiba-tiba laya tidak bisa disentuh? Dengan kamu mengetahui penyebab utama layar tidak bisa disentuh, saat itulah kamu bisa melakukan penanganan yang tepat.

Cara MEMPERBAIKI hp layar sentuh yang Tidak bisa Disentuh


cara-memperbaiki-layar-hp-tidak-bisa-disentuh

1. Matikan hp dan nyalakan kembali

Ada kalanya layar hp tidak bisa disentuh karena hang, alias tidak berfungsi. Jadi alangkah baiknya kamu coba matikan terlebih dahulu handphone tersebut. 

Kemudian setelah mematikan handphone, kamu diamkan dulu beberapa saat agar mesin hp menjadi lebih dingin. 

Lalu langkah selanjutnya adalah menyalakan kembali hp tersebut

Jika hp kembali normal saat disentuh, artinya LCD dan touchscreen tidak ada masalah. Coba setelah itu kurangi beberapa aplikasi yang tidak perlu, siapa tahu tidak bisa disentuh juga karena penggunaan RAM yang berlebihan dan menjadikan HP hang.

2. Bersihkan layar HP 

Hal yang cukup sering menyebabkan layar hp tidak bisa disentuh adalah kotor. Entah itu layar hp berdebu, berninyak atau terkena air. Pastikan layar tersebut kamu bersihkan hingga kering, kesat dan tidak ada kotoran sama sekali.

Kalau memang tidak bisa disentuh karena terkena minyak dan sejenisnya. Ketika sudah bersih biasanya akan normal kembali.

Maka dari itu penting bagi kamu untuk menggunakan temperadglass dan sejenisnya untuk melindungi layar utama posel kamu. Dan pastikan juga temperadglass tersebut bersih agar layar bisa disentuh dengan normal.

Lalu bagaimana jika sudah dibersihkan tapi masih tidak bisa disentuh, maka kamu bisa simak point-point yang lain.

3. Cek HP dengan kalibrasi layar

Biasanya setiap developer atau pabrikan handphone menyediakan fitur kalibrasi layar pada handphone masing-masing.

Sebagai contoh handphone merk samsung, jika kamu masuk dengan kode *#0*#, akan masuk pada menu pengecekan. Di dalamnya ada kalibrasi layar yang berfungsi untuk mengetahui layar keseluruhan berfungsi atau tidak.

Jika pada saat kalibrasi layar ada bagian yang terputusm berarti touchscreen Anda sebagian memang sudah rusak dan tidak bisa disentuh. Jadi solusinya ya menggantinya dengan mengganti touchscreen yang baru.

4. Lakukan reset pengaturan pabrik atau hard reset

Jika tidak bisa disentuh sebagian saja, berarti kamu masih bisa melakukan format melalui pengaturan pabrik. Namun jika layar sentuh semuanya tidak bisa disentuh, kamu bisa melakukan hard reset.

Melakukan reset hp kadang juga bisa menjadi solusi bagi hp yang tidak bisa disentuh. Terutama untuk hp yang nge blank atau nge hang. 

Jika mau melakukan hard reset, kamu bisa gunakan tombol kombinasi dengan menekan tombol power +volume up/volume down secara bersamaan. Kemudian setelah itu kamu pilih "wipe all data" atau reset all. Jika touchscreen masih normal, setelah reset selesai bisa disentuh kembali. Namun jika touchscreen rusak, biasanya di reset pun tidak akan normal kembali. Dan solusinya ya diganti dengan yang baru.

5. Cek kondisi touchscreen dan LCD

Cek kondisi touchscreen dan LCD. Caranya ada beberapa langkah. Mulai dari menekan-nekan layar, apakah ada seperti cairan? kalau iya itu juga pertanda bahwa LCD kamu sudah tidak normal. 

Kemudian ubah warna layar dengan beberapa jenis warna. Lalu perhatikan baik-baik apakah ada warna bintik putih, bintik hitam atau bintik biru. Kalau ada salah satu bintik tersebut juga merupakan sebuah tanda bahwa touchscreen dan LCD kamu tidak normal.

Kemudian kamu juga bisa mengeceknya dengan membuka casing dan memastikan semua soket LCD menancap dengan baik. Lalu pastikan juga apakah ada LCD atau touchscreen yang retak atau bergaris. Bila ada retak atau bergaris berarti penyebab tidak bisa disentuh karena hal tersebut. Dan solusinya adalah penggantian.

6. Lakukan penggantian Touchscreen/LCD atau beli hp baru

Jika berbagai macam cara diatas kamu lakukan dan mendapatkan kesimpulan harus diganti, maka solusinya ya harus diganti. Kalau bisa pilihlah LCD/Touchscreen yang original agar lebih awet. Dan juga hindari kebiasaan-kebiasaan sebelumnya yang Anda lakukan yang menjadi penyebab layar hp tidak bisa disentuh tersebut.

Begitulah sobat mengenai Cara MEMPERBAIKI hp layar sentuh yang Tidak bisa Disentuh. Semoga yang bisa saya sampaikan ini bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "6 Cara MEMPERBAIKI layar hp yang Tidak bisa Disentuh"

Berlangganan via Email