Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Cara Mempromosikan Produk di IG (Instagram) Agar Cepat Laku

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Cara mempromosikan produk IG (Instagram) harus Anda pahami dengan benar agar bisnis atau jualan di ig Anda bisa cepat laku dan usaha bisa cepat berkembang. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini instagram menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak. Jika Anda berhasil promo di instagram pasti efek ke bisnis Anda pun juga cukup besar.  Namun masih ada saja yang gagal dalam melakukan promosi di instagram, karena mungkin tidak tahu caranya atau bisa juga tidak konsisten dalam melakukan rutinitas promosi itu sendiri.

Cara promosi produk di ig (instagram) memang susah-susah gampang. Artinya memang ada kesulitan sendiri tapi tetap bisa sukses jika mau serius menekuni nya. Buktinya sekarang ini cukup banyak para penjual yang sukses berdagang di instagram. Dan kalau mereka bisa, saya yakin Anda juga bisa. Jika baru pertama kali melakukannya tentu harus banyak belajar.  Bisa dengan belajar kepada yang sudah berpengalaman atau dengan mendengar video tutorial marketing dan membaca artikel seperti di aldanpost.com kali ini. Baiklah, beberapa tips dan langkah mengatasi permasalahan kali ini akan coba saya jelaskan satu persatu dibawah ini.

Cara Mempromosikan Produk di IG (Instagram)

cara-mempromosikan-produk-di-ig

1. Buatlah akun instagram profesional

Langkah awal yang harus Anda lakukan tentu saja membuat akun instagram itu sendiri. Namun konsepnya tentu harus berbeda dengan akun instagram pribadi atau hanya untuk main-main.

Jika membuat akun ig untuk promosi bisnis. Usahakan menggunakan nama dan tampilan yang profesional. Misalkan saja dengan menggunakan nama brand dari produk yang Anda jual.

Atau bisa juga menggunakan nama pribadi sebenarnya.  Namun tampilkan lah tampilan bahwa Anda bisa dipercaya orang-orang terkait produk dan bisnis yang Anda lakukan melalui instagram tersebut.

Bagaimana tampilan instagram Anda akan sangat menentukan di mata pembeli. Jadi tampilkan sebuah akun yang trust dan bisa dipercaya oleh orang-orang.

Jangan lupa untuk mengaktifkan juga profil instagram bisnis. Ini nanti berguna untuk point selanjutnya yakni untuk menggunakan fitus ads berbayar.

Baca juga : Cara menjadi selebgram dadakan

2. Cari target pertemanan instagram yang tepat

Mencari pertemanan atau followers di instagram sebanyak mungkin merupakan hal yang bagus. Namun alangkah lebih bagus lagi jika followers Anda merupakan calon pelanggan yang potensial.

Misalkan saja Anda menjual produk fashion wanita. Kalau followers Anda laki-laki semua pastinya tidak akan maksimal dalam mempromosikan produk tersebut.

Jadi carilah followers yang masuk kategori pemakai atau yang diperkirakan membutuhkan produk yang Anda jual tersebut.

3. Pelajari pengunaan tag dan hastag di instagram

Setiap situs memiliki struktur pencarian atau search engine masing-masing. Begitu pula di instagram. Jadi Anda juga perlu mempelajari bagaimana caranya agar postingan promosi produk Anda cepat ditemukan orang-orang. Sebagai contoh adalah penggunaan hastag dan tag yang benar. Ini akan membantu produk Anda cepat ditemukan. Begitu pula dengan pembuatan nama instagram, deskripsi di setiap postingan. Anda melakukan optimasi dengan baik agar produk Anda cepat ditemukan.

4. Mempersiapkan bahan promosi yang menarik

Salah satu kunci kesuksesan dalam promosi adalah tampilan yang ada dalam promosi tersebut. Jadi persiapkan lah bahan promosi yang keren dan menarik.

Tentu saja dengan menyediakan gambar dan video yang menarik perhatian banyak orang untuk Anda upload sebagai langkah promosi produk.

Disinilah Anda dituntut juga untuk kreatif. Sebuah promosi yang biasa aja dan monoton akan diabaikan oleh orang-orang. Jadi fikirkan konten gambar dan video yang bisa mencuri perhatian setiap orang yang melihatnya.

Baca juga : Tips sukses menghasilkan uang dari instagram

5. Berikat deskripsi yang jelas dan menarik

Selanjutnya mengenai deskripsi dari setiap postingan yang Anda upload di instagram. Ini juga cukup menentukan bagaimana produk Anda cepat terjual atau tidak.

Berikan keterangan yang selengkap mungkin terhadap produk yang Anda jual tersebut.  Selain memperkuat SEO instagram, ini juga akan memudahkan calon pembeli Anda untuk memahami produk yang Anda jual.

Meskipun deskripsi Anda panjang dan lengkap. Namun pastikan juga bahasa yang Anda gunakan tersebut adalah bahasa umum yang orang-orang mudah paham. Gunakan susunan kata yang benar, padat dan bermakna penting. Jadi meskipun deskripsi panjang tapi bertele-tele ya sama saja tidak akan mampu meningkatkan promosi produk Anda.

6. Lakukan  update secara rutin

Lakukan update secara rutin dan terus menerus. Ini akan berfungsi untuk meningkatkan rating akun Anda di instagram dan juga demi mempercepat produk Anda ditemukan oleh calon pembeli.

Anda pasti tahu jika penggunaan hastag di instagram akan bercampur dengan ribuan postingan lainnya. Jika Anda melalukan posting cuma sekali atau dua kali ya pasti tenggelam dan kalah oleh banyak post lainnya. Jadi usahakan update rutin setiap hari melakukan promosi produk tersebut.

7. Pakai fasilitas instagram ads otomatis

Jika Anda memiliki uang jangan sungkan untuk menggunakan instagram ads. Ini akan berguna dan jauh lebih efektif daripada iklan manual secara gratis tentu ya.

Dengan menggunakan instagram ads makan promosi produk Anda akan ditampilkan di beranda orang-orang. Tentu sesuai dengan kategori yang Anda targetkan.

Meski harus merogoh kocek lebih. Nyatanya menggunakan iklan berbayar bisa memberikan banyak dampak tersendiri. Selain bisa mempercepat promosi. Juga akan memperlihatkan bahwa Anda seorang yang profesional dalam menjalankan bisnis Anda tersebut.

8. Beriklan di selebgram terkenal

Menggunakan jasa iklan atau endors kepada selebgram yang sudah terkenal pasti akan memberikan dampak yang cukup besar.

Sebagai contoh Anda memasang endors kepada selebgram artis seperti ayu ting ting atau natasha wilona. Produk Anda akan dilihat puluhan  juta orang. Dan saya yakin sebagian ada yg kepo dan akhirnya mengikuti instagram, bahkan bisa jadi pembeli Anda.

Beriklan pada selebgram ternama juga bisa mendongkrak branding bisnis yang Anda jalankan. Jadi usahakan untuk bisa menyediakan dana untuk iklan tersebut.

9. Terus belajar membuat inovasi baru dalam melakukan promosi

Lakukanlah variasi-variasi yang kreatif dan tidak membosankan pada promosi atau setiap postingan Anda di instagram. Buatlah cara yang berganti ganti dan tidak monoton dalam melakukan promosi tersebut.

Selain itu selingi juga dengan hiburan-hiburan tertentu agar followers kamu tidak bosan dengan Anda. Upload video-video lucu atau menarik tentang kegiatan-kegiatan Anda juga tidak ada salahnya. Hal itu akan membuat personal branding Anda cepat terbentuk.

10. Sabar dan konsisten

Langkah yang terakhir adalah sabar. Karena segala sesuatu di dunia ini membutuhkan proses.  Biasanya banyak pemula yang kurang tekun. Baru promo sebentar tidak ada yang beli lalu menyerah.

Jadi usahakan untuk terus konsisten dengan program promosi yang Anda buat tersebut. Lakukan terus menerus sampai mendapatkan pembeli dan sampai semakin banyak pembeli lagi yang Anda dapatkan.

Demikian penjelasan dari saya kali ini mengenai cara mempromosikan produk di ig. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda dan Terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Cara Mempromosikan Produk di IG (Instagram) Agar Cepat Laku"

Berlangganan via Email