Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Panduan dan Cara Mendatangkan Traffic Dari Pinterest Bagi Pemula

Daftar Isi [Tampil]
aldanpost - Cara mendatangkan traffic dari pinterest berikut ini penting untuk dipelajari dan dipahami oleh blogger mana pun, terutama bagi pemula. Sebab, traffic menjadi unsur penting bagi sebuah blog atau website yang akan dipertimbangkan oleh mesin pencari maupun klien. Lantas, kenapa harus Pinterest?

Pinterest merupakan salah satu jejaring sosial baru yang juga lebih menonjolkan gambar daripada caption. Konsepnya yang hampir serupa dengan Instagram, membuat Pinterest semula dipandang sebelah mata. Namun, ternyata manfaat lain dari aplikasi baru ini patut diperhitungkan, terutama bagi para blogger.  

Cara Mendatangkan Traffic Dari Pinterest

Inilah Cara Mendatangkan Traffic Dari Pinterest Dengan Mudah

Ciri khas dari Pinterest adalah keberadaan pin atau board berupa gambar yang ternyata dapat ditautkan dengan beragam media lain. Oleh karena itu, media sosial yang satu ini mulai booming dan banyak digandrungi para pebisnis. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, berikut beberapa cara mendatangkan traffic dari pinterest yang dapat dicoba:

1. Buatlah Akun Pinterest Business

Sama seperti media sosial lainnya, Pinterest pun menyediakan pilihan akun bisnis. Akun ini lebih dianjurkan, jika Anda ingin memanfaatkannya sebagai cara mendatangkan traffic dari pinterest. Jika Anda sudah memiliki akun personal, maka tinggal mengubahnya menjadi akun pribadi. 

2. Klaim Blog atau Website

Jika akun Pinterest for Business sudah aktif, maka tinggal daftarkan blog atau website yang dimiliki. Untuk melakukannya, Anda dapat melihat di pengaturan yang ada pada akun Pinterest. Pastikan untuk mengisi semua kolom biodata serta profil image, agar audience mudah untuk mengaksesnya.

Selain sebagai cara mendatangkan traffic dari pinterest, akun bisnis ini juga memberikan kelebihan lain untuk Anda. Seperti Pinterest analytics, rich pins, Pinterest guides, video library, marketing blog, dan beberapa tools lain. Fasilitas ini tidak akan Anda dapatkan di dalam akun personal.

3. Fokus Kualitas Gambar

Sama seperti Instagram, efek visual jauh lebih berpengaruh di dalam Pinterest. Oleh karena itu, dalam cara mendatangkan traffic dari akun pinterest dianjurkan untuk lebih fokus pada kualitas gambar. Berikut beberapa poin yang dapat Anda pertimbangkan:

a. Gunakan gambar dengan warna-warna yang lebih cerah.

b. Hindari background berwarna putih, pilihlah yang sesuai dengan konteks gambar.

c. Utamakan warna-warna red tones, seperti pink, orange, ataupun merah.

d. Pastikan gambar diambil di tempat dengan pencahayaan terang agar lebih hidup.

e. Gambar dengan format vertikal jauh lebih menarik bagi pengguna smartphone daripada horizontal.

f. Cobalah untuk tidak memasukkan gambar manusia di dalam pin Anda.

4. Perhatikan Deskripsi atau Caption

Pemberian deskripsi pada gambar juga memiliki peran penting dalam cara mendatangkan traffic dari pinterest. Oleh karena itu, sampaikan sedikit gambaran tentang blog Anda pada kolom deskripsi, agar audience tertarik untuk mengunjunginya. Berikut beberapa poin yang dapat Anda pertimbangkan:

a. Tuliskan deskripsi tentang gambar yang diunggah, agar audience tidak salah fokus.

b. Gunakan kalimat positif untuk membangun citra baik di mata audience.

c. Berikan gambaran tentang isi dari blog atau website Anda, agar audiens merasa tertarik untuk mengunjunginya.

d. Berikan 2 sampai 3 kalimat penjelasan mengenai apa yang baru saja audience pin, agar mereka memahami.

e. Gunakan kata-kata seperti “cek di sini” atau “klik untuk selengkapnya” agar menarik minat audience. 

5. Gunakan Grafik, Infografis, dan Video

Meski identik dengan gambar, Anda juga dapat membagikannya dalam bentuk video. Buatlah video menarik tentang blog atau website Anda dengan kualitas bagus (HD) dan konten menarik. Ingin mencoba hal lain? Tidak ada salahnya mencoba bentuk grafik serta infografis.  

6. Bergabung dengan Komunitas dan Aktif

Sama seperti media sosial lainnya, keaktifan Anda juga akan memengaruhi popularitas. Oleh karena itu, bangun interaksi dengan orang lain, baik di akun sendiri maupun melalui komunitas (group board). Di group board tersebut, Anda dapat membangun followers serta audience dengan lebih cepat. 

Dengan audience yang banyak, Anda pun akan lebih mudah menerapkan cara mendatangkan traffic dari pinterest. Ingat, jangan hanya memanfaatkan mereka, tetapi bangunlah hubungan timbal-balik yang positif dengan para audience. 

Meski terbilang baru, Pinterest termasuk salah satu media sosial yang mengalami pertumbuhan sangat cepat. Bagi seorang blogger, hal ini dapat menjadi peluang bagus untuk mengembangkan diri dan menguji kemampuan yang dimiliki. Kini, giliran Anda untuk mempraktikkan cara mendatangkan traffic dari pinterest di atas. Semoga sukses.

Posting Komentar untuk " 6 Panduan dan Cara Mendatangkan Traffic Dari Pinterest Bagi Pemula"

Berlangganan via Email