Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendidik Anak Secara Islami Sesuai Al-Quran Dan Ajaran Nabi

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost - Cara Mendidik Anak Secara Islami Sesuai Al-Quran Dan Ajaran Nabi- Mendidik anak merupakan PR bagi semua orang tua. Ketika orang tua menginginkan anak yang shalih, tentunya pendidikan yang diberikan pun harus dapat menunjang agar tercipta generasi yang shalih.

Macam cara mendidik anak bergantung kepada berapa usia mereka. Karena mendidik anak pastinya akan menyesuaikan pada tingkat perkembangan di usianya. Seperi ajaran Nabi dan semua tokoh muslim terdahulu, mereka mengajarkan dan menyayangi anak sesuai pada usia mereka. simak juga tentang agama Islam dan budaya

cara mendidik anak secara islami
cara mendidik anak secara islami

Berikut Adalah Beberapa Cara Mendidik Anak Secara Islami Sesuai Al-Quran Dan Nabi

Banyak sekali cara mendidik anak secara islami yang sesuai dengan ajaran Al-Quran dan Nabi. Tentunya dengan berpedoman kepada Al-Quran dan kisah tauladan para Nabi. Semua dapat dimulai dari para orang tua yang telah lebih dahulu menauladani kisah para Nabi dan Rasul saat mendidik anak. Dan berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendidik anak secara islami:

Biasakan Anak Untuk Mendengarkan Lantunan Ayat-Ayat Al-Quran

Cara ini merupakan langkah utama untuk dapat menciptakan generasi yang islami. Mulailah sedari bayi dalam kandungan karena selain akan menciptakan sebuah kenangan, ada hikmah dan pelajaran penting serta akan ada keberkahan didalamnya. Ini semua dilakukan semata-mata sebagai bentuk kasihsayang orang tua terhadap anaknya dan juga merupakan sebuah bentuk rasa syukur kepada Sang Maha Pencipta.

Metode cara mendidik anak secara islami ini dapat dilanjutkan hingga anak terlahir dan beranjak dewasa. Karena metode ini akan menciptakan generasi yang terbiasa mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran. Selain akan menciptakan kebiasan, metode ini pun dipercaya mampu membuat anak menjadi seorang hafidz.

Memperdengarkan Al-Quran sedari bayi akan menciptakan generasi hafidz yang baik. Apabila Anda ingin melakukan metode ini dengan tujuan agar anak menjadi seorang hafidz, maka mulai perdengarkan Al-Quran secara bertahap. Awali perdengarkan lantunan ayat suci Al-Quran mulai dari juz 1 hingga 30. Aturkan jadwal yang teratur secara 30 hari berturut-turut.

Jika Anda ingin melakukan cara mendidik anak secara alami dengan metode diatas, Anda dapat lakukan jadwal berikut. Mulailah perdengarkan lantunan ayat Al-Quran dari juz 1 ketika anak baru saja dilahirkan hingga usia 30 hari. Dan 30 hari selanjutnya hingga usia anak 2 bulan perdengarkanlah lantunan ayat Al-Quran hingga selesai juz 1. Ulangi per-juz selama 30 hari selanjutnya hingga juz 30.

Dengan demikian anak dapat dengan mudah menyerap dan mulai mempelajari cara bicara untuk melantunkan ayat Al-Quran. Selain mempdengarkan ayat Al-Quran, selalu ceritakanlah kisah-kisah Islam yang terkandung dalam Al-Quran. Dan juga selalu ceritakan kisah tauladan Nabi dan Rosul kepada anak.

Cara Mendidik Anak Secara Islami Dengan Mengajarkan Dasar-Dasar Islam

Cara mendidik anak secara islami tentunya dimulai dengan mengajarkan dasar Islam kepada anak. Langkah pertama adalah dengan mengajarkan kalimat tauhid kepada mereka. Mulailah dengan mengajarkan anak melafalkan kalimat “Lailaa Ha Illallahu” pada usia anak 3 tahun. Lalu lanjutkan dengan mengajarkan kalimat “Muhammadar Rosulallohu" ketika mereka menginjak usia 3 tahun 7 bulan.

Berikan Contoh Dan Ajarkanlah Sholat

Metode pembelajaran ini merupakan motode pembelajaran secara Islami yang harus diajarkan kepada anak sedari kecil. Ajaklah anak untuk melakukan gerakan ketika berwudhu dan sholat sedari mereka balita dengan cara menirukan gerakan orang tua. Dengan begitu, anak akan terbiasa melakukannya dengan senang hati karena selalu didampingi orang tuanya.

Metode cara mendidik anak secara islami ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang akan dilakukan anak. Meskipun pada usia mereka yang masih balita masih belum hafal dan benar, tetapi akan tertanam dalam ingatannya. Bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang selalu dan wajib dilakukan oleh seorang muslim.

Ajarkan Tauhid Kepada Anak

Mengajarkan anak tauhid merupakan ajaran yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Ajaran ini Nabi lakukan sesuai ajaran ayah dan kakeknya dahulu. Nabi Muhammad mengumandangkan adzan pada telinga Al-Hasan bin Ali ketika ia baru saja dilahirkan oleh Fatimah.

Ajarkan Puasa Sedari Kecil

Mengajarkan puasa kepada anak sedari kecil, merupakan cara mendidik anak secara islami. Pengajaran ini dapat dimulai ketika usia anak 6 tahun. Mulailah dengan membiasakan anak terbangun untuk melakukan ibahah sahur. Dan juga jelaskanlah tentang keutamaan menjalakan ibadah puasa kepada mereka. Agar ketika mereka sudah terbiasa, tidak ada lagi pertanyaan keraguan.

Panggillah Mereka Dengan Nama Yang Baik

Cara ini merupakan salah satu tauladan untuk dilakukan. Seperti dalam hadist disebutkan bahwa menghormati anak memperhatikan pendidikan mereka, semata karena bentuk rasa syukur kepada Allah yang telah memberikan karuniaNya. Seperti yang Anda ketahui bahwa nama adalah sebuah doa yang diberikan orang tua untuk masa depan sang anak.

Memberikan Kisah Para Nabi Dan Para Suri Tuladan

Cara mendidik anak secara islami dengan menceritakan kisah Nabi dan suri tauladan lainnya. Oleh karena itu, luangkahlan waktu untuk memberikan cerita tersebut kepada anak. Kegiatan ini bertujuan agar anak terbiasa mendengarkan dan berusaha menjadi pribadi yang baik seperti apa yang mereka dengar dari kisah para Nabi.

Biasakan Anak Mengucapkan Salam

Membiasakan anak mengucapkan salam merupakan salah satu cara mendidik yang sesuai dengan ajaran Islam.Dengan mengucapkan “Assalammualaikum” artinya Anda menghormati orang lain dan ini merupakan tatakrama dan sopan santun kepada orang lain. Biasakanlah anak untuk mengucapkan salam ketika berkunjung dan bertemu orang lain.

Tanamkan Sikap Sederhana

Cara mendidik anak secara Islami dengan menanamkan sikap sederhana, merupakan sebuah tauladan Rasulallahu SAW. Meskipun Rasulallahu mempunyai kekuasaan, beliau tidak memakai kekuasaannya untuk memerintah demi keuntungan pribadi. Seperti terlihat dari cara Rasulallahu berpakaian, tidak pernah memakai pakaian yang berjuntai.

Memerhatikan Pergaulan Anak

Dengan memperhatikan pergaulan anak, maka Anda telah melakukan cara mendidik secara Islami. Seperti apa dan dimana tempat bergaul anak, akan memengaruhi karakter anak. Semakin baik lingkungan pergaulan anak,  maka akan tercipta karakter baik pada anak Anda. Begitupun sebaliknya apabila lingkungan pergaulannya tidak baik, tidak menutup kemungkinan anak pun akan terbawa tidak baik.

Ajarkan Anak Untuk Selalu Berkata Jujur Dan Menepati Janji

Mengajarkan anak untuk selalu berkata jujur dan menetapi janji merupakn salah satu cara mendidik anak secara Islami. Mengajarkan anak untuk berkata jujur dan menepati janji sejak kecil, akan membuat anak menjadi pribadi yang baik. Dan cara ini akan tertanam menjadi karakternya ketika sudah dewasa nanti.

Ajarkan Anak Untuk Berbagi Sedekah

Dengan megajarkan anak berbagi sedekah akan menciptakan anak yang pandai bersyukur. Seperti dalam Al-Quran dan hadist disebutkan bahwa, semakin banyakkita berbagi, maka akan semakin banyak pula Allah SWT membagi rezeki kepada kita. Berbagi sedekah dapat dilakukan kepada orang yang mampu maupun tidak mampu.

Ajarkan Anak Kebersihan Dan Berikan Kasih Sayang Dan Berlaku Adil

cara mendidik anak secara Islami adalah dengan menanamkan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Menamamkan kebersihan juga merupakan sebuah Kasih sayang. Kasih sayang tidak hanya berupa perhatian, melainkan pada pujian dan tanggung jawab. Kasih sayang kepada setiap anak harus adil. Meskipun memang setiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangan. simak juga tentang kebutuhan manusia terhadap agama

Sejatinya cara mendidik anak secara islami sangatlah mudah. Asalkan Anda berpegang teguh pada Al-Quran dan Hadist serta suri tauladan Nabi dan Rasullahu.

 

Posting Komentar untuk "Cara Mendidik Anak Secara Islami Sesuai Al-Quran Dan Ajaran Nabi"

Berlangganan via Email