Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menentukan Topik Website agar Ramai Pengunjung

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost - Menentukan topik website adalah langkah yang penting saat akan mulai menulis sebuah artikel. Topik adalah pokok permasalahan yang menjadi acuan untuk menulis dan akan menjadi ciri khas dari sebuah artikel serta website yang Anda kelola. Topik yang menarik akan membuat website ramai pengunjung dan meningkatkan ranking di laman pencarian Google.

Adakalanya seorang blogger, apalagi pemula yang baru terjun di dunia tulis-menulis, akan merasa bingung saat harus menentukan topik yang menarik. Daripada bingung terus-terusan, coba simak cara menentukan topik blog yang paling diminati berikut ini agar situs Anda ramai pengunjung.  

cara menentukan topik website

Cara Menentukan Topik Website yang Menarik dan Populer

Topik atau niche sangat penting karena akan membuat artikel lebih teratur, terstruktur, dan terarah. Topik yang dipakai tidak hanya relevan dengan website namun juga harus menarik dan populer. Berikut adalah cara menentukan topik website yang menarik dan dapat membuat website Anda ramai pengunjung.

Blogwalking

Blogwalking berarti Anda berkeliling mengunjungi satu blog ke blog yang lain. Ini adalah cara yang paling sering dilakukan oleh para blogger. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi blog milik orang lain untuk melihat contoh topik yang menarik dan relevan dengan milik Anda.

Anda bisa minta bantuan kepada Google untuk memilih blog yang memiliki topik yang mirip. Masukkan kata kunci “blog [topik]” lalu carilah  yang benar-benar populer. Semakin banyak blog yang anda kunjungi biasanya akan banyak inspirasi yang diperoleh untuk dapat menentukan topik website yang menarik.

Setelah menemukan inspirasi, silahkan amati, tiru, dan lakukan modifikasi untuk menghasilkan tema blog yang menarik. Penting diingat bahwa Anda dilarang mencontek atau melakukan plagiat atas konten milik orang lain. Tandai poin-poin kelebihan dari beberapa artikel yang telah Anda baca dan gabungkan menjadi sebuah artikel yang lengkap.

Bergabung dengan Forum Diskusi dan Grup Sosial Media

Menentukan topik website selanjutnya adalah dengan bergabung di grup yang ada di sosial media seperti Facebook, forum diskusi, atau situs komunitas seperti Kaskus. Perhatikan topik apa yang sedang seru dibahas di grup-grup tersebut.

Bila Anda melihat sebuah topik yang sering dibahas oleh banyak orang di suatu komunitas atau forum diskusi, maka bisa dikatakan bahwa topik itu sedang populer. Hal ini bisa ditulis menjadi sebuah artikel yang menarik dan mengundang pengunjung di website Anda.

Sekali lagi, Anda bisa minta bantuan Google untuk mencari forum yang relevan dengan artikel. Gunakan kata kunci “Forum [namatopik]” untuk mencari forum, atau “Grup[namatopik]” untuk mencari grup Facebook yang sesuai dengan topik yang Anda angkat.

Memanfaatkan Situs Tanya Jawab

Manfaatkan situs web tanya jawab untuk mendapatkan topik yang menarik. Di dalam situs tersebut Anda bisa menemukan banyak pertanyaan yang diajukan para pengunjung. Cari saja pertanyaan yang paling banyak diajukan pada sebuah topik bahasan. Sudah pasti itu adalah topik yang paling populer pada saat itu. 

Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan apakah topik yang populer itu sesuai dengan website yang sedang dikelola. Jika topik tersebut sesuai, Anda tinggal mengolahnya menjadi sebuah konten yang menarik. Beberapa situs tanya jawab yang bisa Anda kunjungi yaitu Quora, Brainly, Yahoo Answer, Mind the Book, Stackoverflow, Super User, dan Answer.com.

Menggunakan Pinterest

Pinterest berbeda dengan sosial media lain seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter. Aplikasi tidak hanya sebagai ajang menulis status, posting foto, atau video saja. Pinterest bisa dijadikan sumber mencari topik karena dia juga membagikan beberapa artikel yang menarik. Anda tinggal memanfaatkan fitur “Search” lalu ketikkan topik yang ingin dijadikan konten.

Jalan-jalan ke Toko Buku

Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk menentukan topik website dan menulis konten artikel dengan berkunjung ke toko buku. Berjalanlah ke arah rak yang menjual buku-buku best seller. Bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan puluhan inspirasi saat melihat deretan buku tersebut.

Demikianlah beberapa cara menentukan topik website untuk menghasilkan konten yang menarik yang bisa dilakukan. Asal rajin membaca dan selalu mengikuti berita yang terkini, maka Anda pasti bisa menulis artikel yang populer. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "5 Cara Menentukan Topik Website agar Ramai Pengunjung"

Berlangganan via Email