Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bootloop Pada HP Baterai Tanam

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com – Masuk pada materi cara mengatasi bootloop pada HP baterai tanam. Yakni sebuah kondisi hp mentok tampil pada logo merk atau logo awal saja tidak bisa masuk pada sistem. Kejadian ini seringkali terjadi pada handphone android yang biasa digunakan terus menerus dan akhirnya sistem operasi mengalami restart, namun tidak bisa masuk pada sistem operasi dari hanphone itu sendiri.

Kebanyakan orang tidak tahu langsung membawa handphone tersebut ke konter atau tempat service. Padahal kamu bisa memperbaikinya sendiri dengan catatan software di dalamnya belum terformat, jadi masih bisa dikembalikan ke kondisi semula. 

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bootloop Pada HP Baterai Tanam

cara-mengatasi-bootloop-baterai-tanam

Sebelum masuk pada cara mengatasinya, Sobat perlu mengetahui hal-hal yang sering kali menjadi penyebab bootloop yang sering terjadi antara lain : 

  • Hp panas atau overclock karena over dalam pemakaian, baik itu waktu penggunaan atau terlalu banyak aplikasi. Biasanya hp menjadi hang, namun jika di restart menjadi bootloop
  • Hp bootloop karena gagal root, ini biasanya terjadi pada sobat yang ingin mengoprek androidnya namun menggunakan jenis software yang tidak cocok, atau hp tersebut sudah tidak support untuk di root.
  • Gagal flashing juga bisa menyebabkan bootloop. Hal ini dikarenakan beberapa cusrom crash atau belum terinstall secara lengkap.
  • Kesalahan pada pegaturan handphone juga bisa menyebabkan bootloop. Teutama pada saat mengaktifkan atau menonaktifkan sebuah aplikasi, biasanya salah menonaktifkan aplikasi penting menjadikan fungsi android gagal dan bootloop.
  • Melepas baterai secara tiba-tiba juga bisa menyebabkan hanphone bootlop. Hal ini biasanya dilakukan karena hp nge lag atau hang namun baterai dilepas tiba-tiba tanpa mematikan power handphone terlebih dahulu.
  • Salah otak atik script dalam sistem juga bisa menyebabkan bootlop. Ini biasanya terjadi pada sobat yang ingin melakukan optimasi aplikasi atau game tertentu malah menghapus script penting dalam sistem.

Jika sobat secara tidak segaja dan tiba-tiba hp mengalami bootloop jangan panik. Karena kamu bisa melakukan beberapa percobaan tersendiri sebelum pergi untuk melakukan service hp. Lalu bagaimana jika bootloop terjadi pada hp baterai tanam? Sebenarnya sama saja, mau itu batre tanam atau baterai copotan. Beberapa langkah cara mengatasi bootlop pada hp baterai tanam antara lain :

1. Matikan Hanphone terlebih dahulu

Jika hp dalam keadaan hidup lalu tiba-tiba bootloop, maka langkah awal adalah dengan mematikan handphone tersebut. Namun terkadang tombol powerpun tidak berfungi pada saat hp mengalami hang tersebut, maka dari itu ada 2 solusi, antara lain 

  • Biarkan baterai hp habis sendiri sampai hp mati sendiri
  • Lalukan pelepasan baterai untuk mematikan handphone tersebut

Cara yang kedua bisa kamu pilih agar tidak terlalu lama. Gunakan pinset tipis yang bisa membantu Anda melepas casing handphone setelah mengeluarkan kartu sim card tentunya. 

2. Gunakan tombol kombinasi

Selanjutnya gunakanlah tombol kombinasi untuk masuk ke dalam factory reset. Ini adalah langkah paling mudah untuk mengatasi hp bootloop. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa baterai hp mencukupi untuk melakukan reset agar tidak putus di tengah jalan. Tombol kombinasi untuk factory reset yang paling banyak adalah :

  • Tekan tombol power + volume up secara bersamaan
  • Tekan tombol power + volume down secara bersamaan
  • Tekan tombol power + volume up dan volume down secara bersamaan
Perbedaaan tombol kombinasi untuk masuk pada factory reset sesuaikan dengan jenis dan merk hanphone kalian masing-masing.

3. Lakukan hard reset

Selanjutnya jika sudah masuk ke dalam factory reset, biasanya akan ada beberapa pilihan. Pilihlah menu "wipe data all" atau "reset all". Intinya pilihlah untuk memulihkan handphone menjadi default sistem seperti awal lagi.

Kemudian akan berlangsung proses booting dan melakukan pemformatan sistem handphone secara keseluruhan. Jika sistem masih lengkap maka tungu saja, nanti akan sampai loading pada halaman awal. Kalau bisa masuk ke OS lagim berarti hard reset sukses dan handphone bisa digunakan kembali.

4. Solusi jika tidak mau masuk factory reset

Namun dalam beberapa kasus, menggunakan hard reset tidak berhasil, alias masih kembali bootloop atau bahkan tidak mau masuk factory reset. Biasanya kalau tidak berhasil masuk pada factory reset akan ada tanda "logo android tersilang". Itu menandakan bahwa file sistem atau os sudah ada yang hilang atau error. Solusinya adalah melakukan flashing. Kamu bisa melakukan flasing sendiri jika memiliki PC atau laptop dan memiliki OS yang cocok dengan hp kamu. Tapi kalau tidak ya solusi terakhir membawanya ke konter atau tempat service handphone.

Cara mengatasi bootlop hp baterai tanam diatas bisa berhasil selama OS dan mesin masih normal. Karena selain faktor software, bootloop juga bisa disebabkan oleh IC mesin yang tidak akan mungkin bisa diatasi dengan cara reset saja, alias harus ganti IC atau ganti dengan HP baru. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Bootloop Pada HP Baterai Tanam"

Berlangganan via Email