Postingan Terbaru

Cara Paling Ampuh Mengatasi Hp Baterai Tanam Kena Air

Aldanpost.com - Masuk pada materi cara mengatasi hp kena air baterai tanam. Entah itu karena tercebur ke dalam air, terendam air atau dikarenakan terkena air hujan. Pasti banyak di antara sobat yang pernah mengalami masalah yang satu ini. Biasanya banyak yang mengalami karena hobi menggunakan ponsel saat berada di kamar mandi atau mengantongi handphone saat musim hujan dan berkendara motor. 

Sebenarnya kalau mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Hp kena air baterai tanam sangat mungkin untuk normal kembali. Namun tidak jarang juga yang tidak tahu caranya atau karena panik melakukan hal-hal yang salah. Sehingga handphone yang terkena air tersebut malah menjadi semakin parah. Terinspirasi dari banyaknya kasus yang serupa, maka saya membuat artikel kali ini mengenai cara mengatasi hp kena air batre tanam.

Cara Mengatasi Handphone Terkena Air Batre Tanam


cara-mengatasi-hp-batre-tanam-kena-air

Model handphone sekarang pasti sudah banyak yang menggunakan baterai tanam. Dan tidak sedikit pula yang kebingungan untuk mengamankan handphone tersebut karena tidak tahu atau tidak mengerti cara membuka casingnya. Padahal dengan teknologi batre tanam, justru makin melindungi handphone dari air, karena kebanyakan handphone batre tanam casingnya sangat rapat dibandingkan dengan handphone dahulu batre copotan dan casingnya banyak lubang.

Baiklah pada kesempatan ini saya akan coba sharing beberapa tips dan cara mengatasi permasalahan yang satu ini. Cara mengatasi hp kena air baterai tanam antara lain :

1. Matikan hanphone terlebih dahulu

Ketika mendapati hp kamu tercebur ke air atau tersiram ke air. Kamu harus cepat mematikan ponsel tersebut. Karena dengan mematikan ponsel, kita akan menghentikan aliran arus di dalam hp tersebut. Dengan begitu kita bisa mencegah konsleting dan mencegah mesin terbakar.

Sebuah kesalahan besar ketika hp terkena air langsung memaksakannya untuk dipakai kembali. Mungkin awalnya bisa hidup. Namun karena di dalamnya ada air, konsleting akan menyebar dan membakar seluruh mesin. Dan akhirnya handphone bisa dibenahi sama sekali, karena keseluruhan mesin dalam hp menjadi rusak.

2. Buka casing handphone

Kemudian langkah selanjutnya adalah membuka casing handphone. Ini juga merupakan hal penting yang harus Anda lakukan. 

Jika menggunakan batre tanam, maka keluarkan terlebih dahulu sim card handphone. Lalu gunakan pinset tips untuk melepas casing handphone tersebut.

Ketika handphone berhasil dibuka, biarkan saja terkena angin untuk membantu mempercepat pengeringan.

3. Rendam handphone dalam benda yang bisa menyerap air

Anda juga bisa mempercepat pengeringan air di dalam handphone dengan merendamnya pada bahan-bahan yang bisa menyerap air. 

Banyak menggunakan media beras dan tepung kemudian dimasukkan kedalamnya.

Ada juga yang menggunakan jenis silica gel untuk menyerap air tersebut. Yang Anda cari saja bahan-bahan kering yang aman untuk kamu campur dengan handphone, dan pastikan bahan tersebut adalah bahan yang menyerap air.

Namun jangan memaksa handphone menggunakan kompresor dan sejenisnya. Karena tekanan angin yang terlalu besar justru bisa merusak komponen dalam mesin hanphone bisa terputus.

Daripada kompresor yang terlalu besar anginnya, lebih baik menggantungnya di depan kipas angin untuk segera mengeringkan handphone tersebut.

4. Diamkan handphone sampai benar-benar kering

Meskipun Anda sudah merasa bahwa handphone kering. Alangkah lebih baik untuk mendiamkan nya dalam beberapa waktu.

Sebagai contoh kamu bisa diamkan handphone tersebut selama 2 x 24 jam. Dengan begitu akan lebih dipastikan sudah kering sampai kedalam. Kalau bisa lebih lama mendiamkannya juga semakin bagus, karena air yang menempel, semakin lama pasti akan hilang dengan sendirinya.

5. Lalu nyalakan handphone kembali

Jika Anda sudah diamkan selama 2 hingga 3 hari, maka langkah selanjutnya adalah mencoba menyalakan hp tersebut. Kebanyakan kasus bisa menyala normal kembali, asalkan pada saat pertama terkena air, hp tersebut segera ditangani dengan baik. Dan biasanya yang gagal menangani masalah ini adalah telat pada saat penanganan pertama dan mesin handphone sudah terlanjut terbakar.

Hp terkena air memang sering terjadi karena tidak disengaja. Namun tanpa sadar sebelumnya juga disebabkan kesalahan diri sendiri. Seperti contoh sering membawa handphone ke kamar mandi. Kebiasaan sepele seperti ini padahal membahayakan buat handphone yang dibawa.

Kemudian untuk mencegah terjadinya hp kena air, usahakan untuk memakai pelindung plastik atau kantong plastik untuk membungkus handphone ketika bepergian menggunakan motor kala musim hujan atau hampir turun hujan. Dengan begitu kita akan terhindar dari masalah hp kena air seperti ini.

Begitulah sobatm langkah-langkah dalam cara mengatasi hp kena air baterai tanam. Semoga saja artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mengalami masalah yang sama. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama