Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Ampuh Mengatasi HP Lemot Dan Cepat Panas

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Mengetahui cara mengatasi hp lemot dan panas menjadi hal cukup penting. Dengan begitu handphone pun akan menjadi lebih awet dalam jangka waktu lama. Selain itu kalau hp lemot dan cepat panas pastinya tidak nyaman kan, komunikasi menjadi terganggu dan bahkan bisa saja mengganggu bisnis Anda. Karena sekarang ini kan semuanya pengen serba cepat dan tanpa kendala apapun. 

Penyebab hp lemot dan panas ada banyak sekali macamnya. Mulai dari cara menggunakan hp itu sendiri, aplikasi yang digunakan, sampai dengan cara menyimpan hp pun bisa menjadi sebab kenapa hp cepat panas dan lemot. Beberapa penyebab hp lemot, panas dan cara mengatasinya akan saya bahas tuntas pada artikel kali ini.

Cara Mengatasi HP Lemot Dan Cepat Panas


cara-megatasi-hp-lemot-dan-panas

1. Gunakan waktu pemakaian HP secara wajar

Pemakaian hp secara terus-terusan tanpa istirahat tentu akan menjadikan hp menjadi lebih cepat panas. Selain itu juga performa hp akan menjadi lebih lemot. Ibarat kata mesin juga perlu istirahat, kalau dia terus dipaksa bekerja pasti akan mudah sekali kelelahan. Selain itu hp yang terus menerus dipakai tanpa sadar akan menupuk chacem cookies dan juga sampah lainnya yang menjadikan hp semakin lemot.

Kalau memang tidak untuk keperluan yang penting sekali. Alangkah baiknya jika Anda mengistirahatkan HP tersebut. Dengan begitu hp akan berhenti bekerja dan menjadikannya lebih awet. Apalagi pada saat tidur atau ditinggal aktifitas lainnya, usahakan untuk mematikan hp atau minimal datanya yang Anda matikan, dengan begitu HP akan memiliki waktu istirahat yang cukup.

2. Hapus aplikasi yang tidak perlu agar hp tidak lemot

Hp lemot dan cepat panas juga bisa disebabkan aplikasi dalam handphone terlalu banyak. Sehingga memakan hampir semua kapasitas ram yang tersedia. Akhirnya handphone akan berat sekali untuk loading dan bekerja lainnya. 

Solusinya adalah filter aplikasi yang tidak digunakan dan uninstall aplikasi tersebut. Pastikan ada sisa ruang penyimpanan dan juga RAM yang cukup. Dengan begitu hp akan bekerja lebih maksimal. Selain mempercepat kinerja HP. Dengan menginstall sedikit aplikasi juga menjadikan hp lebih awet untuk dipakai jangka panjang.

3. Istirahatkan HP saat di charging agar tidak mudah panas

Tidak jarang orang yang memainkan hp saat sedang di cas. Padahal itu membuat performa hp menurun dan bahkan menjadikan baterai hp cepat rusak. Selain itu bermain hp sambil di cas juga bisa menyebabkan hp cepat panas. 

Solusinya matikan hp atau minimal diamkan hp saat proses charging berlangsung. Pastikan terlebih dahulu baterai hingga penuh baru digunakan kembali. Dengan begitu performa hp menjadi lebih bagus.

Dalam hal pengecasan, utamakan juga untuk menggunakan charger original. Karena dengan charger original, hp akan menjadi lebih sehat. Dalam proses charging lebih cepat dan tidak menjadikan hp cepat panas tentunya.

4. Matikan HP atau restart pengaturan pabrik minimal 1 minggu sekali

Cara mengatasi hp lemot dan cepat panas selanjutnya adalah dengan mematikan hp secara berkala. Mungkin bisa setiap hari libur atau satu minggu sekali. Atau bisa kamu lakukan restart pengaturan pabrik. 

Hal ini bertujuan untuk menjadikan hp refresh kembali semua sistem dan mesinnya seperti halnya menjadikan hp baru lagi. Dengan begitu kinerja hp akan menjadi lebih maksimal.

5. Install aplikasi pembersih sampah dan pendingin

Salah satu aplikasi yang cukup penting adalah aplikasi pembersih sampah dan aplikasi pendingin. Karena dengan dua aplikasi tersebut bisa membantu hp untuk tidak lemot dan tidak cepat panas. 

Pemakaian hp secara terus menerus tanpa sadar akan menumpuk sampah atau file temporary yang memakan kapasitas RAM dan juga memory penyimpanan. Dengan aplikasi pembersih sampah ini, kamu bisa membersihkannya dengan menjadi lebih mudah. Dengan begitu hp tidak akan lemot dan tidak akan cepat panas.

6. Jangan biarkan HP terus online saat tidak diperlukan

Ketika hp sedang online, semua aplikasi akan berjalan. Dalam hal ini baik aplikasi yang langsung tampil atau bahkan yang berjalan di latar belakang. Ketika semua aplikasi dan juga gps berjalan, maka hp akan menjadi lebih cepat panas. 

Jadi pada saat tidak diperlukan, kamu bisa mematikan jaringan data internet di hp kamu. Dengan begitu semua aplikasi online akan nonaktif dan juga hp akan memiliki waktu untuk istirahat.

7. Hindari meletakkan hp ditempat yang bersuhu panas

Tanpa sadar seringkali orang-orang meletakkan hp mereka di tempat yang bersuhu panas. Mulai di atas kulkas, di dekat tv, di dekat alat elektronik, kemudian diatas PC dan ditempat2 lainnya yang memberikan suhu panas. Ini juga berdampak menjadikan hp lebih cepat panas dan bahkan sering mengalami hang.

Jadi pastikan untuk meletakkan hp di tempat yang bersuhu standar dan hindari peletakan di suhu panas. Selain itu jangan terbiasa menyimpan hp di kantong tertutup, karena tidak ada udara yang mengenai hp dan menjadikan hp menjadi lebih cepat panas.

Demikian sobat beberapa tips dan cara mengatasi hp lemot dan cepat panas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang mengalami permasalahan yang sama dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "7 Cara Ampuh Mengatasi HP Lemot Dan Cepat Panas"

Berlangganan via Email