Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Cara Mudah Mengatasi Negatif SEO Pada Website Anda

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost - Cara mengatasi negatif SEO harus dilakukan supaya website Anda memiliki reputasi yang baik di mata Google. Dalam Search Engine Optimization (SEO) terdapat istilah negatif SEO yang bertujuan untuk menjatuhkan peringkat atau posisi kompetitor di Google. Hal ini tentu saja merugikan website bisnis karena dapat merusak reputasi nama website di mata Google. 

Pada umumnya, negatif SEO menggunakan teknik SEO yang dilarang oleh aturan Google Webmaster atau yang biasa dikenal dengan teknik black hat. Serangan negatif SEO sangat beragam seperti hacking, menyebar link spam, dan lain-lain. Tetapi Anda dapat mencegah terjadinya negatif SEO dengan cara yang tepat. Berikut ini akan membahas mengenai cara mengatasi negatif SEO pada website Anda.

Cara mengatasi negatif SEO

Inilah Cara Mengatasi Negatif SEO pada Website

Adapun cara menanggulangi negatif seo yang tepat adalah :

Menggunakan Disavow Links Tool

Cara mengatasi negatif SEO yang pertama adalah dengan memanfaatkan Disavow Links Tool. Jika website Anda terkena negatif SEO yang berupa spam link, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini : 

  • Periksa backlink website Anda melalui Google Webmaster. Lalu, Anda pilih “Search Traffic” dan cari “Link to your site”. Kemudian, Anda cari “Your most linked content” dan klik “More” dan “Download”. Periksa satu per satu dan pisahkan domain yang memberikan backlink spam.
  • Gunakan Ahrefs dengan memasukkan website Anda ke project Ahrefs. Periksa backlink melalui Ahrefs dengan cara memilih “Menu Backlink” kemudian “New Backlink” dan set ke 30-60 hari terakhir. Periksa satu per satu dan pisahkan domain yang memberikan backlink spam. 
  • Menyatukan list dari Webmaster dan Ahrefs dalam notepad dengan format Domain:nama domain sumber spam. 
  • Jika sudah Anda bisa dapat masuk ke Google Disavow Tools. 
  • Kemudian, jika ingin menambahkan list spam website Anda dapat langsung download file dari Google Disavow Tools. Kemudian tambahkan domain spam baru dan upload ulang. Anda harus memastikan domain yang dimasukkan ke Google Disavow Tools merupakan domain spam. Jangan sampai tempat backlink Anda juga masuk karena dapat menjatuhkan ranking Anda. 
  • Mengaktifkan Notifikasi Email di Search Console
  • Cara mengatasi negatif SEO selanjutnya adalah dengan mengaktifkan notifikasi email pada Search Console. Berikut adalah langkah-langkahnya :
  • Buka Search Console dan masuk ke website Anda. Kemudian klik tanda roda gigi di kanan atas dan pilih “Search Console Preference”.
  • Pilih “Notifikasi Search Console” dan pastikan enable email notifikasi di ceklis terlebih dahulu. 

Periksa Anchor Text Backlink

Cara mengatasi negatif SEO selanjutnya adalah dengan memeriksa Anchor Text Backlink pada website. Anda juga dapat menggunakan bantuan Ahrefs sebagai berikut :

  • Masukkan website Anda ke Ahrefs.
  • Lihat pada bagian bawah dari halaman overview.
  • Kemudian, lihat Anchor Text  yang masuk, jika terdapat yang mencurigakan baru Anda cari link spam. 
  • Menggunakan Email Alert di Webmaster Tools
  • Cara mengatasi negatif SEO selanjutnya adalah dengan menggunakan email alert pada Webmaster Tools. Ini fungsinya supaya Google dapat mengirimnkan alert ke email Anda jika terjadi beberapa kasus seperti :
  • Website Anda secara mendadak deindex,
  • Malware atau script jahat menyerang website Anda,
  • Koneksi server website Anda down atau bermasalah,
  • Ketika website mendapatkan manual penalty atau hukuman dari pihak Google.
  • Untuk dapat mengatur email alert tersebut, Anda dapat login ke akun Google Webmaster. Kemudian Anda pilih “Webmaster Tools Preferences”.

Menggunakan Plugin Login Lockdown 

Cara mengatasi negatif SEO yang terakhir adalah dengan menggunakan Plugin Login Lockdown atau Plugin Google Authenticator. Ini biasanya banyak digunakan oleh website yang berbasis CMS WordPress dari serangan malware dan hacker. Plugin Login Lockdown akan membantu Anda untuk mengamankan website dari hacker. Biasanya hacker akan mencoba untuk membobol password Anda.

Caranya adalah dengan membuat pembatasan maksimum kesalahan password. Sedangkan, melalui Google Authenticator, Anda dapat melakukan verifikasi password sebanyak dua langkah. Dimana setiap kali Anda login maka akan diminta untuk menambahkan kode yang dikirimkan oleh plugin ke smartphone Anda. 

Berikut adalah beberapa informasi mengenai cara mengatasi negatif SEO yang bisa Anda coba. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menjaga nama baik website Anda di mata Google.

Posting Komentar untuk " 3 Cara Mudah Mengatasi Negatif SEO Pada Website Anda"

Berlangganan via Email