Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menggunakan Ahrefs Webmaster Tools Lengkap

Daftar Isi [Tampil]
aldanpost - Ahrefs Webmaster Tools merupakan sebuah tools SEO yang mirip dengan Google Search Console. Layanan dari Ahrefs ini awalnya adalah tools berbayar, namun mulai tanggal 21 September 2020 ada tiga layanan yang bisa diakses secara gratis. Site Audit dan Site Explorer merupakan dua layanan yang kini bisa dimanfaatkan secara gratis. Cara menggunakan Ahrefs Webmaster Tools ini juga terbilang mudah. 

Data yang dimiliki oleh Ahrefs Webmaster Tools lebih teratur dan user friendly dibandingkan dengan data yang dimiliki oleh Google Search Console. Selain itu, data backlink yang dimiliki oleh Ahrefs Webmaster Tools juga lebih banyak. Secara berkala fitur Alert yang ada pada Ahrefs Webmaster Tools akan memberikan informasi mengenai keyword dan backlink baru yang masuk ke website. 

Cara Menggunakan Ahrefs Webmaster Tools

Inilah Cara Menggunakan Ahrefs Webmaster Tools

Ahrefs Webmaster Tools memang dapat digunakan secara gratis. Meski demikian, tetap saja terlebih dahulu harus mendaftarkan website atau blog yang akan diverifikasi. Perlu beberapa tahap yang harus dilakukan sebelum bisa memanfaatkan layanan gratis dari Ahrefs ini. Berikut adalah panduan cara menggunakan Ahrefs Webmaster Tools.  

Lakukan Pendaftaran

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk bisa menggunakan Ahrefs Webmaster Tools tentu saja adalah mendaftarkan diri. Cara membuat akun Ahrefs adalah dengan masuk ke ahrefs.com/webwaster-tools. Masukkan beberapa data yang diperlukan dan tunggu hingga ada email konfirmasi. Klik link verifikasi yang dikirimkan melalui email.

Tambahkan Proyek / Add Project

Apabila sudah melakukan verifikasi melalui email, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan website yang akan diverifikasi. Klik menu Add Project untuk menambahkan website pertama yang akan diverifikasi di Ahrefs Webmaster Tools. 

Create Project

Cara menggunakan Ahrefs Webmaster Tools selanjutnya adalah Create Project. Setelah klik menu Add Project, maka akan muncul halaman Create Project. Pada tahap ini, masukkan alamat website yang akan diverifikasi di Ahrefs Webmaster Tools. Sebelum klik tombol Continue, pastikan AhrefsBots telah selesai melakukan pengecekan website. 

Verifikasi Kepemilikan / Verify Ownership

Alamat website yang telah dimasukkan pada tahap sebelumnya haruslah diverifikasi terlebih dahulu oleh pemilik. Verifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa alamat website yang dimasukkan adalah benar-benar milik sendiri, bukan website milik orang lain.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memverifikasi kepemilikan website ini. Untuk melakukan verifikasi ke Ahrefs backlink tools ini bisa dengan mengubah DNS records, atau menyambungkan Google Search Console dengan Ahrefs. Selain itu bisa juga dengan memasukkan HTML tag ke <head> website atau dengan cara mengunggah HTML file ke root domain website. 

Cara untuk memverifikasi kepemilikan website ini sebaiknya disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing. Jika ingin melakukan verifikasi dengan mengunggah file HTML, maka unduh dulu file yang diberikan oleh Ahrefs. Setalah diunduh, tinggal mengunggahnya ke root domain lewat file manager yang ada di cPanel. 

Beberapa jenis plugin dapat digunakan untuk melakukan verifikasi apabila memilih cara HTML tag. Memasukkan HTML tag dapat dilakukan secara manual dengan cara copy paste pada bagian header, kode yang telah diberikan oleh Ahrefs.  

Apabila kode verifikasi telah berhasil dimasukkan, maka langkah selanjutnya adalah pilih menu Recheck Status. Tunggu proses verifikasi hingga muncul menu Continue yang menandakan bahwa proses verifikasi berhasil. Klik menu Continue yang akan membawa masuk ke halaman Site Audit. Cara menggunakan Ahrefs Webmaster Tools bisa dimulai ketika verifikasi sudah berhasi. 

Fitur yang bisa diakses oleh Ahrefs Webmaster Tools tentunya tidak sebanyak fitur pada Ahrefs premium. Versi gratis dari Ahrefs SEO Tools ini memberikan tiga fitur yang bisa diakses oleh penggunanya. Fitur-fitur yang bisa diakses secara gratis adalah Site Audit, Site Explorer, dan Alert. 

Fitur dari Site Explorer Ahrefs versi gratis adalah menu Backlink Profile, Organic Search, Pages, Outgoing Links, dan Paid Search. Audit blog dapat dilakukan secara cepat dengan memanfaatkan fitur Site Audit. Selain itu, dalam fitur ini pengguna juga bisa menambahkan website yang akan diverifikasi. Cukup ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. 

Meskipun Ahrefs Webmaster Tools merupakan tools gratis yang fiturnya tidak selengkap versi premium, namun cukup membantu untuk melakukan analisa terhadap website yang dimiliki. Pelajari secara detail fitur-fitur yang diberikan agar dapat melakukan analisa dan mengelola blog dengan lebih baik. Demikian panduan cara menggunakan Ahrefs Webmaster Tools. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Cara Menggunakan Ahrefs Webmaster Tools Lengkap"

Berlangganan via Email