Postingan Terbaru

7 Cara Ampuh Menghemat Baterai Handphone, Dijamin Work

Aldanpost.com - Tidak jarang orang yang bertanya bagaimana cara menghemat baterai handphone, Terutama untuk sobat yang memiliki mobilitas tinggi diluar rumah. Meskipun sudah banyak artikel yang membahasnya, kali ini saya akan coba melengkapinya untuk sobat sekalian. Sebuah hal yang menjengkelkan memang jika baterai handphone cepat habis, apalagi pada saat moment-moment penting seperti sedang asik menelpon atau sedang bermain games, mengundang emosi pastinya.

Sebelum masuk pada cara menghemat baterai handphone. Perlu diketahui bahwa memilih HP dengan kualitas baterai yang bagus juga sangat penting. Jadi jangan salahkan baterai cepat habis, kalau kamu membeli HP kualitas rendah dengan kapasitas baterai yang rendah pula. Sudah pasti baterainya akan cepat habis. Namun jika kamu kamu sudah merasa memilih hp dengan baterai yang cukup bagus dan besar kapasitasnya, namun masih juga cepat habis, berarti ada yang salah dalam kamu menggunakan hansphone tersebut. Ada beberapa tips meminimalisir penggunaan baterai sehingga menjadikan baterai lebih awet, antara lain sebagai berikut.

7 Cara Menghemat Baterai Handphone


cara-menghemat-baterai-handphone

1. Atur pencahayaan handphone

Semakin terang cahaya layar handphone kamu, maka semakin besar daya baterai yang diserap. Dan juga menyebabkan baterai cepat habis tentunya. Jika tidak berada diluar ruangan, usahakan untuk meredupkan cahaya layar handphone kamu. Dengan begitu penggunaan baterai jadi lebih hemat.

Selain itu matikan mode otomatis pencahayaan. Karena mod otomatis akan cukup menguras baterai karena selalu menyesuaikan cahaya disekitar kita. Lebih baik pencahayaan diatur manual. Dengan begitu akan jadi lebih hemat baterai dan juga akan menjadikan baterai lebih awet untuk waktu yang cukup lama.

2. Gunakan charger original

Tahukah kamu bahwa charger KW alias bukan aslinya, bisa cepat merusak baterai. Apalagi jika kamu menggunakan charger abal-abal. Karena pabrik handphone sebenarnya sudah menyesuaikan antara charger dan baterai dalam hal mengisi daya. Jika sembarangan menggunakan charger biasanya input daya tidak akan sesuai takarannya dan cepat membuat baterai menjadi lowbat.

Selain itu jangan gunakan charger yang tidak sesuai dengan kapasitas dan kemampuan ic charger. Sebagai contoh kamu menggunakan charger 4 Ampere pada handphone baterai kapasitas kecil. Meskipun mengisi lebih cepat, tapi hati-hati, selain merusak baterai, ini juga bisa merusak ic charger dan bahkan ic handphone karena terlalu besar daya yang masuk.

3. Jangan memainkan HP sambil di cas

Merasa ada hal penting yang tidak bisa ditinggal, akhirnya terpaksa melakukan charging sambil terus memainkan handphone. Sebuah kebiasaan main handphone sambil di cas ini harus kamu hindari. Karena membuat handphone dan baterai bekerja lebih keras. Menyebabkan pengisian tidak maksimal dan lebih cepat merusak baterai itu sendiri.

Solusinya ya diamkan atau matikan saja handphone apabila saat melakukan charging, dengan begitu proses pengisian maksimal dan juga baterai menjadi lebih awet.

4. Gunakan mode baterai saver

Untuk mempermudah penghematan baterai, sebenarnya pihak pabrikan handphone kebanyakan sudah melengkapi mode baterai saver. Biasanya dalam mode ini akan otomatis menyesuaikan beberapa pengaturan yang menambah daya tahan baterai tersebut. Mulai dari menonaktifkan dan membatasi data. Menonaktifkan aplikasi berjalan di latar belakang dan beberapa pengaturan lainnya. Selain itu mode baterai saver ini juga bagus jika kamu aktifkan saat pengecasan handphone, karena proses charging akan lebih maksimal pada mode yang satu ini.

Namun jika kamu ada urusan penting mode saver harus di nonaktifkan kembali. Karena dalam mode baterai saver biasanya beberapa aplikasi tidak akan berfungsi maksimal. 

5. Charging baterai handphone sampai penuh

Diantara kamu pasti ada yang suka mencabut charger handphone sebelum penuh 100%. Tahukah kamu bahwa kebiasaan ini juga bisa menjadikan baterai HP kamu menjadi lebih cepat lowbat karena batere tidak dilakukan charging secara maksimal.

Solusinya lakukan charging pada saat kamu benar-benar tidak menggunakan handphone. Atau menahan diri sementara sampai charging benar-benar penuh 100℅

6. Gunakan baterai yang original

Mungkin baterai kamu cepat habis karena memang sudah waktunya mengganti baterai. Meskipun harganya lebih mahal, tapi penting bagi kamu membeli atau menggantinya dengan baterai original. Karena baterai original sudah di desain dan disesuaikan dengan handphone nya. Dan ketika menggunakan yang KW pasti akan cepat rusak, tidak cuma baterainya yang cepat rusak, tapi juga bisa merusak HP itu sendiri.

7. Nonaktifkan vibrasi dan getar handphone

Jika kamu menggunakan getar untuk panggilan dan layar sentuh. Lebih baik kamu nonaktifkan saja. Karena hal itu akan menjadikan baterai handphone kamu menjadi lebih cepat habis. Lagipula fungsi getar tidak terlalu penting menurut saya, kecuali kamu memang sedang berada di tempat bising untuk berjaga-jaga jika ada panggilan masuk tidak terdengar.

Berikut tadi adalah beberapa tips atau cara menghemat baterai handphone untuk kamu. Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat dan Terima kasih

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama