Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menjalin Kerjasama Dengan Indomaret Untuk Waralaba / Franchise

Aldanpost.com – Cara menjalin kerjasama dengan indomaret untuk waralaba atau franchise. Yakni sebuah kerjasama dengan membuka cabang baru indomaret milik Anda. Seperti kita ketahui bersama bahwa brand indomaret saya yakin kita semuanya sudah kenal, tentu saja sering bersanding dengan alfamart. Dimana disitu menjual semua atau sebagian besar kebutuhan sehari-hari masyarakat kita. Yang jelas jika Anda berniat melakukan waraba indomaret, disitu ada peluang keuntungan besar dan jangka panjang karena memang setiap hari indomaret selalu dibutuhkan masyarakat.

Sebelum kita masuk pada materi cara kerjasama indomaret tidak ada salahnya membahas sedikit tentang profil indomaret itu sendiri. Yakni sebuah perusahaan ritel yang didirikan atau pertama kali dibuka pada tanggal 20 Juni 1988. Indomaret sendiri dikelola oleh PT Indomarco Prismatama dan dulu pertama kali didirikan di Ancol, Jakarta Utara. Jumlah cabang indomaret pun dari tahun ke tahun terus bertambah, saya kira sekarang ini di setiap kecamatan atau di desa kampung pelosok pun sudah ada yang namanya indomaret dan kebanyakan memang karena sistem waralaba ini. Banyak pengusaha yang bekerjasama dan mendirikan waralaba dengan indomaret.

Cara Kerjasama Dengan Indomaret Waralaba/Franchise

cara-menjalin-kerjasama-dengan-indomart
Foto : Pencarian google

1. Persiapkan dokumen kerjasama dengan indomaret

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan dokumen kerjasama dengan indomaret. Ini adalah tahapan yang penting yang harus dilakukan tentu saja. Beberapa dokumen data diri Anda yang perlu disiapkan untuk bekerjasama dengan indomaret antara lain adalah :

  • Mempersiapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) Asli dan fotocopy
  • Mempersiapkan dokumen pendukung data diri utama

Untuk tahap awal hanya dibutuhkan 2 dokumen itu saja yakni untuk mengetahui data diri siapa yang sedang ingin mengajukan waralaba atau franchise dengan pihak indomaret. Saya rasa Anda juga pasti punya kedua dokumen tersebut yakni KTP dan identitas pendukung, misalkan saja SIM, KK atau NPWP pribadi sebagai tanda keaslian dokumen.

2. Persiapkan lokasi untuk mendirikan indomaret

Hal yang cukup penting untuk menjalankan kerjasama waralaba indomaret adalah soal lokasi. Karena lokasi yang strategis menjadi sangat menentukan rame atau tidaknya indomaret yang Anda buka. Dari pihak indomaret sendiri nanti akan memastikan apakah lokasi Anda layak atau tidak untuk membuka indomaret. Beberapa tips untuk memilih lokasi pendirian indomaret antara lain :

  • Lokasi strategis dan mudah dijangkau banyak orang disekitar
  • Mudah diakses kendaraan, baik itu motor atau mobil
  • Memiliki lahan parkir yang nyaman untuk pengunjung
  • Dekat dengan jalan raya diutamakan
  • Besaran lahan yang dibutuhkan minimal 120 meter persegi hingga 200 meter persegi untuk mendirikan indomaret

Kalau Anda memiliki kriteria lahan atau tanah seperti diatas baru bisa dikatakan cocok untuk mendirikan indomaret.

Baca juga : Pengertian waralaba dan contohnya

3. Persiapkan surat kelengkapan usaha untuk kerjasama dengan indomaret

Kalau point pertama tadi adalah surat pribadi, yang selanjutnya adalah mempersiapkan kelengkapan dokumen untuk usaha. Beberapa surat kelengkapan usaha tersebut antara lain :

  • Mempersiapkan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk tanah Anda tersebut
  • Membuat NPWP usaha
  • Membuat Surat Izin Untuk Perusahaan Atau SIUP

Surat kelengkapan usaha tersebut Anda buat atas nama usaha yang ingin Anda dirikan sekarang ini atau untuk keperluan waralaba dengan indomaret tentu saja.

4. Persiapkan modal untuk deposit awal kerjasama dengan indomaret

Selanjutnya adalah tahapan yang cukup penting yakni soal modal investasi di indomaret atau deposit. Modal yang harus Anda siapkan adalah sekitar 300 juta hingga 400 juta untuk pendirian indomaret baru. Namun untuk mengambil alih indomaret yang sudah ada untuk menjadi milik Anda diperlukan modal sebesar 150 juta hingga 200 juta (Harga bisa berubah). Besaran modal tersebut nanti akan Anda serahkan kepada pihak indomaret setelah semua proses sudah disetujui tentunya. 

Saya kira cukup sepadan dengan jumlah modal tersebut.Karena untuk isi produknya juga mencakup banyak sekali item dan jumlah. Belum lagi ditambah nilai brand indomaret sendiri yang cukup terkenal. Jadi untuk mengembalikan modal atau untuk mendapatkan keuntungan tidak butuh waktu lama, dengan catatan lokasi indomaret potensial atau rame pengunjung.

Baca juga :

5. Mulai Melakukan pendaftaran untuk kerjasama dengan indomaret

Jika semuanya sudah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pendaftaram. Dan pada tahap pendaftaran ini ada beberapa cara. Anda bisa mendatangi langsung kantor indomaret, bisa melalui call center pihak indomaret atau bisa juga melalui website indomaret.

Untuk yang paling mudah, Anda bisa mengisi form pendaftaran terlebih dahulu : Form pendaftaran waralaba indomaret. Jika sudah, nanti dari pihak indomaret akan menghubungi Anda terus akan dilanjutkan dengan mensurvey lokasi yang sudah Anda sediakan.

6. Melakukan persentasi dengan pihak indomaret

Selain melakukan survey, dari pihak indomaret nanti juga akan melakukan interview. Hal ini guna memverifikasi lebih lanjut mengenai Anda dan juga usaha yang akan dijalankan tersebut. Beberapa hal yang biasanya dijelaskan pada tahapan ini antara lain :

  • Penjelasan keuntungan toko setiap bulan
  • Penjelasan mekanisme kerja toko
  • Penjelasan modal investasi
  • Penjelasan operasional toko

Selanjutnya adalah penyerahan dokumen-dokumen pribadi dan usaha kepada pihak indomaret. Jika sudah baru lanjut pada acara tanda tangan kontrak dan perjanjian dengan pihak indomaret.

Pada tahapan inilah Anda harus teliti, dan ini juga kesempatan untuk melakukan negosiasi perjanjian dan membahas segala macam perjanjian dan kerjasama yang nantinya akan dibuat. Jadi sebelum melakukan tanda tangan pastikan bahwa Anda sudah benar-benar paham dan mengerti semua sistem yang nantinya dijalankan.

7. Mulai mendirikan dan membuka toko waralaba indomaret

Sebagian besar proses sampai disini sudah selesai. Dan selanjutnya adalah tahapan pembukaan atau pendirian toko itu sendiri. Dan pada tahapan ini juga Anda akan melakuan tanda tangan dengan pihak indomaret. Pada tahapan ini dari pihak indomaret akan melakukan pembukaan toko, sekaligus dengan melakukan promosi awal indomaret.

Sampai disini Anda sudah berhasil mendirikan usaha waralaba dengan pihak indomaret. Dan selanjutnya tingga memantau saja perkembangan cabang indomaret milik Anda sekaligus menjalankan kerjasama sesuai dengan kesepakatan yang sudah Anda tanda tangani. 

Saya rasa ini menjadi pilihan yang cukup tepat untuk saat ini. Jika Anda memiliki modal dan lahan strategis maka pilihan untuk membuka waralaba indomaret sangat cocok. Karena memang indomaret selalu dikunjungi masyarakat setiap harinya. Meskipun di sekitar indomaret ramai sekalipun toko-toko lain, bahkan indomaret tetap saja dikunjungi. 

Saya rasa sudah cukup penjelasan kali ini tentang cara menjalin kerjasama dengan indomaret dalam waralaba atau franchise. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "7 Cara Menjalin Kerjasama Dengan Indomaret Untuk Waralaba / Franchise"

Berlangganan via Email