Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Merekrut Karyawan Yang Berkualitas Untuk Usaha Anda

Aldanpost.com - Bagaimana cara merekrut karyawan yang berkualitas untuk usaha Anda akan sangat menentukan bagaimana usaha Anda akan berjalan dan terus berkembang hingga masa depan. Ini adalah hal penting ketika Anda memasukkan peran baru kedalam usaha Anda. Pastikan bahwa karyawan yang baru masuk benar-benar bisa membantu usaha Anda menjadi lebih baik. Bisa dibilang harus tepat sasaran dalam memilih karyawan.

Cara merekrut karyawan yang berkualitas untuk usaha Anda bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mulai dari awal seleksi hingga pada saat training dan sudah menjadi karyawan pun harus Anda manajemen dengan baik. Karena peran dari setiap karyawan tersebut lah yang akan menjadikan usaha menjadi cepat berkembang. Baiklah, langsung saya akan bahas mengenai beberapa langkah untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas untuk Usaha Anda.

Cara Merekrut Karyawan Yang Berkualitas


cara-merekrut-karyawan-yang-berkualitas

1. Membuka lowongan penerimaan karyawan dengan kriteria yang jelas

Cara merekrut karyawan yang berkualitas harus dilakukan dari awal. Yakni pada saat Anda mencari karyawan itu sendiri. Terutama pada saat membuka sebuah lowongan. Usahakan untuk menjelaskan deskripsi dan syarat yang jelas untuk karyawan.

Selain itu juga Anda bisa mencari karyawan secara langsung dengan memperbanyak informasi dan jaringan bisnis. Termasuk juga dalam memperbanyak relasi bisnis. Biasanya sering kali tidak sengaja menemukan karyawan yang sesuai dengan yang Anda butuhkan dalam pergaulan tersebut.

Hal ini tentu saja untuk mem filter orang-orang yang hendak masuk kedalam usaha atau perusahaan Anda. Dan sekaligus memudahkan kepada calon pelamar yang tepat agar mereka bisa melamar kepada perusahaan atau usaha milik Anda.

Dalam tahap ini Anda lakukan cek duplikasi untuk data pelamar. Kemudian pilih yang paling sesuai untuk Anda panggil mengikuti tes masuk ke usaha Anda.

2. Mengadakan tes tertulis untuk calon karyawan baru

Selanjutnya adalah mengadakan tes tertulis untuk calon karyawan. Baik itu usaha besar maupun kecil. Yang namanya tes tertulis perlu dilakukan. Hanya saja metodenya saya rasa harus dibedakan.

Tes tertulis perusahaan biasanya diampu HRD dengan staff. Tes tertulis usaha kecil, jika Anda langsung yg memilih. Anda perlu mengetesnya langsung dengan memberikan beberapa hitungan terkait posisi calon karyawan.

Baca juga : Penyebab kegagalan wirausaha

3. Mengadakan tes wawancara untuk calon karyawan baru

Cara merekrut karyawan berkualitas selanjutnya adalah mengadakan interview kepada calon karyawan. Ada beberapa informasi penting yang harus Anda dapatkan dari calon karyawan saat interview antara lain:
  • Data diri secara lengkap
  • Pendidikan calon karyawan
  • Pengalaman kerja calon karyawan
  • Keahlian yang dimiliki calon karyawan
  • Wawasan yang dimiliki calon karyawan
  • Keinginan calon karyawan

Dan pastikan beberapa informasi tersebut Anda dapatkan secara benar alias calon karyawan tersebut tidak berbohong. Ini penting guna mendapatkan karyawan yang benar-benar sesuai. Dan untuk mengetahui apakah karyawan tersebut jujur atau tidak juga bisa Anda kenali pada saat cara dia menjawab setiap pertanyaan pada saat interview tersebut. 

4. Mengadakan tes kesehatan untuk karyawan

Tes kesehatan juga perlu Anda lakukan. Minimal mereka membawa atau mendapatkan surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit. Atau jika ingin lebih maksimal Anda bisa bekerja sama dengan puskesmas atau rumah sakit untuk melakukan tes kesehatan kepada calon karyawan Anda. Tentu ini bertujuan untuk mendapatkan karyawan yang sehat agar bisa bekerja secara maksimal di tempat usaha Anda.

Baca juga : cara melihat peluang usaha

5. Mengadakan uji praktek karyawan baru

Selanjutnya uji praktek juga perlu dilakukan. Guna untuk memastikan apakah karyawan tersebut benar bisa bidang yang dia lamar. Jangan sampai nanti sudah diterima dan sudah tanda tangan kontrak, ternyata tidak bisa bekerja malah repot jadinya. 

Lakukan tes praktek terlebih dahulu para jabatan atau bidang yang akan dipegang nantinya sebelum Anda menerima karyawan tersebut. Coba minta mereka mengerjakan hal-hal yang simpel dahulu terkait jabatan atau posisi yang nantinya akan dipegang.

6. Memberikan training kepada karyawan

Langkah selanjutnya adalah memberikan training dan pelatihan kepada karyawan yang baru masuk kedalam usaha atau perusahaan Anda. Hal ini bertujuan untuk memberi tahu karyawan baru mengenai semua hal yang dengan tugas selama bekerja. Selain itu training karyawan juga menargetkan peningkatan kesiapan mereka untuk masuk kerja dalam usaha atau perusahaan Anda.

Atau Anda juga bisa memberikan masa uji coba kepada calon karyawan Anda. Hal ini untuk memastikan sekali lagi bahwa mereka benar-benar layak untuk Anda rekrut. Adakan masa uji coba tersebut misalkan dalam waktu 2 - 3 minggu. Kalau perusahaan besar biasanya akan melakukan hal ini juga, untuk mengetahui sejauh mana para calon karyawan yang hendak masuk kedalam perusahaan.

7. Memberikan pelatihan secara berkala untuk karyawan

Setelah training ada harusnya sebuah usaha atau perusahaan melakukan juga pelatihan secara berkala. Misalkan saja 3 bulan atau 4 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk memantau dan meningkatkan skill mereka dalam bekerja.

Kalau perlu setiap pelatihan berkala ini Anda datangkan mentor ahli guna melakukan upgrade kemampuan karyawan dalam usaha atau perusahaan Anda.

Baca juga : contoh resiko usaha dan cara mengatasinya

8. Mengadakan sharing terbuka dengan karyawan

Cara mendaparkan karyawan berkualitas yang lain adalah dengan mengadakan sharing. Buat karyawan Anda peduli dan merasa ikut memiliki usaha atau perusahaan Anda. Adakan acara sharing terbuka dan tampung aspirasi mereka. Hal ini biasanya akan berpengaruh juga kepada kinerja karyawan.

Karena biasanya karyawan yang merasa didengar pendapatnya oleh atasan bahkan pemilik usaha, mereka akan merasa senang dan lebih semangat untuk turut mengembangkan usaha tempat dia bekerja.

9. Memberikan tantangan dan reward karyawan berprestasi

Untuk meningkatkan kualitas dan semangat kerja para karyawan Anda, tidak ada salahnya Anda coba berikan reward. Reward khusus semisal dalam jangka waktu tertentu karyawan Anda memiliki pencapaian yang bagus. Misalkan saja untuk karyawan yang terus masuk tanpa izin selama 6 bulan Anda berikan hadiah. Contoh lain misal karyawan bisa mencapai target berturut-turut selama kurun waktu tertentu Anda berikan hadiah. Dengan begitu karyawan akan terpacu untuk bekerja lebih baik dan lebih giat lagi.

10. Mengadakan evaluasi berkala untuk karyawan

Yang terakhir adalah melakukan evaluasi. Anda sebagai pemilik usaha harus mengontrol seluruh kinerja karyawan dalam jangka waktu tertentu. Temukan kekurangan-kekurangan yang sekiranya bisa dibenahi. Evaluasi kan secara berkala agar terus terpantau. Apabila ada yang kurang maksimal Anda bisa lakukan tindakan, entah itu pelatihan, teguran atau pertukaran posisi dalam struktur kerja karyawan.

Ketika 10 langkah diatas sudah Anda maksimalkan dengan baik. InsyaAllah tujuan Anda untuk mendapatkan karyawan dengan kualitas yang unggul bisa tercapai di kemudian hari nanti. Tentu saja ini demi kemajuan usaha yang Anda jalankan.

Saya kira cukup penjelasan dari saya kali ini mengenai cara merekrut karyawan yang berkualitas untuk usaha Anda. Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat, sukses selalu dan terima kasih

Posting Komentar untuk "10 Cara Merekrut Karyawan Yang Berkualitas Untuk Usaha Anda"

Berlangganan via Email