Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blogger Wajib Tahu! 5 Cara Monetize Blog Dengan Iklan Sendiri

Daftar Isi [Tampil]
aldanpost - Dewasa ini, ada banyak jalan untuk mendatangkan pundi-pundi uang, termasuk melalui blog pribadi. Aktivitas yang tadinya hanya sekadar ‘nulis’, kini dapat menjadi sumber penghasilan tambahan. Tertarik untuk mengikuti jejak ini? Maka wajib hukumnya untuk mempelajari cara monetize blog dengan iklan sendiri. 

Cara ini lebih dianjurkan, terutama pada orang-orang yang baru terjun ke dunia blogger alias pemula. Siapa sangka, meski dengan modal minim ternyata blog juga dapat dimanfaatkan. Daripada terus penasaran, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Monetize Blog Dengan Iklan Sendiri

Cara Monetize Blog Dengan Iklan Sendiri Tanpa Ribet

Sebelum mempelajari cara monetize blog dengan iklan sendiri lebih jauh, mari mengenal istilah tersebut terlebih dahulu. Monetize merupakan salah satu strategi penulis untuk membuat blognya dapat menghasilkan rupiah atau bahkan dolar. Ini bukan isapan jempol semata, berikut langkah-langkah yang dapat diikuti:

1. Melalui Endorsement

Apakah Anda pernah melihat sebuah blog yang mengulas tentang sebuah produk, baik berupa deskripsi produk, unboxing, atau bahkan review? Jika pernah, maka itulah yang dinamakan endorsement, yaitu mengiklankan produk orang melalui blog sendiri. Kunci cara monetize blog dengan iklan sendiri yang satu ini adalah blog berkualitas. 

Jika soal kualitas sudah terjamin dengan baik, biasanya perusahaan yang akan menghubungi Anda terlebih dahulu untuk menjalin kerjasama. Sementara benefit dari aktivitas ini juga cukup beragam, dapat berupa produk gratis ataupun uang tunai sesuai kesepakatan kedua belah pihak.  

2. Melalui Penjualan Jasa atau Produk

Jika Anda memiliki ketrampilan khusus seperti pembuatan website, desain grafis, atau content writer, maka tawarkan itu pada blog pribadi. Kuncinya ada pada konten di dalam blog Anda yang harus sesuai dengan keahlian tersebut. Misal, ingin menawarkan jasa pembuatan website, maka kontennya tentang seputar tips membangun website, dan lain-lain.

Bagaimana jika tidak memiliki keahlian khusus? Anda dapat mengakali cara monetize blog dengan iklan sendiri ini dengan berjualan produk yang sesuai dengan niche blog. Misal, blog berisi seputar kucing atau anjing, maka Anda dapat menjual pakan, mainan, kandang, hingga aksesoris.

3. Melalui Referal atau Afiliasi

Program afiliasi atau referral merupakan cara monetize blog dengan iklan sendiri yang paling banyak dipilih blogger. Sebab, cara ini terbilang cukup mudah dan minim risiko. Anda akan terus mendapatkan komisi, selama masih ada yang menggunakan kode referal tersebut. 

Caranya cukup mudah, Anda tinggal mendaftar program afiliasi pada perusahaan tertentu. Buatlah kode referral dengan kode unik, lalu promosikan melalui media sosial agar dapat menarik perhatian umum secara luas. Namun, alangkah lebih baik jika affiliasi yang dipilih tetap sejalan dengan niche blog yang Anda miliki.  

4. Melalui Penyewaan Ruang Iklan

Cara lain monetize blog dengan iklan sendiri yaitu dengan menyewakan blog pribadi untuk memasang iklan. Jadi, Anda dapat menawarkan blog kepada orang lain yang memerlukan fasilitas untuk memperkenalkan produk mereka. Dengan cara ini, Anda tidak perlu direpotkan dengan aturan-aturan sistem periklanan yang harus dipatuhi. 

Keuntungan lainnya, yaitu Anda akan mendapatkan komisi setiap bulan serta tetap menjaga blog tetap stabil. Hal ini dikarenakan iklan yang tayang di blog boleh diseleksi, sehingga niche Anda tetap dapat dipertahankan. Sayang, mencari advertiser yang ingin menyewa blog tak semudah saat Anda bermimpi. Anda harus memenuhi beberapa kriteria tertentu untuk dianggap pantas oleh advertiser. 

5. Content Placement

Cara monetize blog dengan iklan sendiri yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Namun, justru sedang booming dan paling diincar oleh para klien, terutama perusahaan besar. Adapun makna dari content placement, yaitu menyisipkan link menuju ke website lain (produk klien).

Hal yang paling menarik adalah keuntungan yang lumayan, tetapi minim risiko. Sebab, beberapa klien tidak memaksakan Anda untuk menyebut brand atau merek yang mereka miliki. Oleh karena itu, Anda tetap dapat menjaga kualitas tulisan, konten, maupun niche blog. 

Sekali lagi, kualitas blog merupakan kunci utama dari semua cara monetize blog dengan iklan sendiri yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, sebagai seorang blogger, Anda harus rajin-rajin untuk merawat blog. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan traffic organik, metrik dari domain authority, serta kualitas tulisan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan memotivasi Anda untuk terus meng-upgrade diri.

Posting Komentar untuk " Blogger Wajib Tahu! 5 Cara Monetize Blog Dengan Iklan Sendiri "

Berlangganan via Email