Postingan Terbaru

4 Cara Optimasi Pinterest untuk Trafik Website, Mudah Bagi Pemula!

aldanpost - Sosial media adalah salah satu platform yang bisa digunakan untuk sebagai alternatif untuk menyebarluaskan konten blog Anda. Selain sosial media populer seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, kenalkah dengan platform sosial media yang bernama Pinterest? Tahukah bahwa Anda bisa melakukan cara optimasi pinterest untuk trafik website?

Pinterest adalah media sosial yang berfokus pada gambar dan didefinisikan sebagai pinboard online. Anda bisa melakukan pin pada gambar atau hal menarik lalu membaginya tanpa batas. Pengguna lain dapat melakukan repins terhadap pin Anda dan juga menyebarkannya. Bila Anda ingin mengetahui cara mendapatkan traffic dari pinterest silahan simak ulasan berikut ini!

cara optimasi pinterest untuk trafik website

Cara Optimasi Pinterest untuk Trafik Website

Pinterest dapat meningkatkan trafik karena pin yang Anda buat pada platform ini bisa tersebar jauh dibandingkan sebuah status maupun cuitan. Pin dapat meningkatkan page view dan page visit karena Pinterest selalu menginformasikan karya terbaru Anda kepada para pengunjung melalui email. Berikut cara optimasi pinterest untuk trafik blog yang bisa Anda lakukan. 

Membuat Akun Bisnis

Sebagai langkah awal Anda harus membuat akun Pinterest. Berhubung akun ini akan digunakan sebagai suatu strategi marketing, sebaiknya daftarkan diri sebagai akun bisnis di Pinterest for Business. Bila telah memiliki akun personal sebelumnya, maka dengan mudah Anda bisa menggantinya menjadi akun bisnis.

Jangan lupa untuk menghubungkan akun Pinterest dengan blog Anda. Hal ini untuk memudahkan melihat repins, jumlah klik yang didapat, dan saves yang diperoleh dari blog. Cara menghubungkan blog dengan pinterest sangatlah mudah, Anda hanya perlu melakukan verifikasi blog di setting Pinterest.

Aturlah bio Pinterest setelah kedua akun terhubung. Sebaiknya sesuaikan profil image dengan sosial media lainnya. Jangan ketinggalan untuk menambahkan bio pendek dan link yang mengarah ke blog sebagai cara optimasi pinterest untuk trafik blog. Siapa tahu pengunjung yang menemukan akun Pinterest Anda akan tertarik untuk sekalian membaca blog Anda. Hal ini tentu sangat baik untuk optimasi blog.

Optimalkan Tools pada Pinterest

Menggunakan Pinterest for Business akan memberikan akses ke Pinterest Analytics. Tool ini dapat membantu melihat perkembangan akun Pinterest Anda. Akseslah Rich Pins, yaitu tool yang membuat pin memiliki informasi detail seperti judul artikel hingga peringkat sebuah film. Anda bisa memanfaatkan fitur Rich Pins seperti movie, article, product, app, recipe, and places.

Penggunaan Article Pins dalam cara optimasi pinterest untuk trafik website dapat meningkatkan nilai trust Pinterest terhadap konten yang Anda buat. Article Pins sangat membantu untuk mempromosikan postingan blog dengan menambahkan logo, headline yang lebih besar, serta link yang mengarah ke postingan Anda.

Apabila ingin mendapatkan repin, pastikan bahwa Anda sudah menampilkan tombol “Pin-it” atau “Promoted Pins”. Letakkan di tempat yang mudah terlihat untuk memdahkan pengunjung menemukan, mengunjungi dan melakukan repin atas artikel Anda. Selamat menghitung jumlah pin/repins Anda!

Gunakan Gambar yang Berkualitas dan Manfaatkan Deskripsi Gambar

Anda harus menggunakan gambar dengan kualitas tinggi sebagai cara optimasi pinterest untuk trafik blog. Kualitas gambar yang baik akan menarik minat pengunjung dan dapat meningkatkan trafik. Survey membuktikan penggunaan warna-warna cerah dan terang selalu mendapatkan repins yang terbanyak. Gunakan font yang menarik secara visual untuk memikat pembaca saat berkunjung ke akun Anda.

Buatlah sebuah pin yang menarik dengan menambahkan deskripsi yang dapat membantu orang mengerti tentang isi blog yang baru saja mereka pin. Berikan informasi yang menarik perhatian agar mereka mengklik link yang sudah dibagikan. Anda bisa menggunakan kalimat pancingan (Call to Action) seperti “cek di sini” atau “klik link berikut” untuk menambah interaksi para pengunjung.

Ikuti Akun yang Memiliki Followers Besar

Saat memilih akun yang diikuti karena pinnya yang menarik, pertimbangkan juga alasan karena akun tersebut memiliki jumlah follower yang besar. Jika Anda mengikuti akun tersebut dan mereka memutuskan untuk mengikuti balik, maka hal ini merupakan keuntungan yang sangat besar. Terutama jika mereka repins sesuatu yang Anda tulis. Repins ini dapat membawa banyak follower untuk akun Anda!

Demikianlah 4 cara optimasi pinterest untuk trafik website yang sangat mudah dilakukan untuk para pemula. Banyak cara lain yang bisa Anda pelajari dan lakukan untuk mendapatkan interaksi dari pengunjung. Aktiflah menggunakan akun Pinterest Anda dan lakukan pin secara rutin untuk meningkatkan trafik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama