Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Memasarkan Hotel Yang Sepi Pengunjung

Aldanpost.com - Masuk pada materi cara memasarkan hotel yang sepi pengunjung. Yakni langkah-langkah optimasi hotel agar menjadi ramai kembali setelah sepi tidak ada pengunjung. Yang namanya bisnis hotel pastinya akan mempunyai omset yang tinggi jika selalu ramai dan juga banyak yang menginap atau mengunjungi. Namun pada kenyataannya tidak semua hotel berkembang seperti yang diinginkan. Ada kalanya hotel tersebut mengalami penurunan dan bahkan sepi sama sekali tidak ada pengunjung.

Cara memasarkan hotel yang sepi pengujung tentu harus Anda lakukan. Coba temukan dahulu sebab kenapa hotel tersebut bisa sepi. Dari situ Anda akan lebih mudah untuk melakukan optimasi. Baik dari faktor internal maupun eksternal harus Anda periksa dengan baik kenapa hotel bisa sepi. Faktor internal biasanya meliputi pelayanan, fasilitas dan juga harga. Faktor eksternal meliputi persaingan dengan hotel lain, lokasi dan juga beberapa faktor lain diluar perusahaan. Baiklah, kita akan bahas satu persatu untuk cara pemasarannya sekarang.

Cara Pemasaran Hotel Yang Sepi Pengunjung


cara-pemasaran-hotel

1. Iklankan hotel melalui berbagi media

Yang namanya pemasaran pasti akan ada kaitannya dengan iklan dan promosi. Memasang iklan dan promosi tentang hotel Anda akan menjadi jalan utama dan hal pertama yang harus dilakukan. Buatlah lebih banyak orang tahu mengenai hotel Anda.

Lakukan pemasaran secara menyeluruh mulai offline dan juga online. Pemasaran hotel secara offline bisa dimulai dengan menyebar brosur, memasang baliho dan memasang space iklan yang ada di tempat-tempat ramai. Kemudian pemasaran melalui online meliputi media sosial, website/blog, kemudian gunakan iklan berbayar dari Google dan sosial media ads.

Asalkan terus menerus di promosikan maka hotel Anda akan lebih banyak yang mengenal. Dan jika mereka ada keperluan menginap tentu mereka bisa memilih hotel milik Anda.

Baca : cara mempromosikan produk dan jasa

2. Adakan event yang berlokasi di hotel

ara pemasaran hotel sepi pengunjung yang selanjutnya adalah mengadakan event. Cara ini tentu untuk mendatang banyak orang agar hadir dan sekaligus menyaksikan hotel Anda.

Sebagai contoh Anda adakan saja event musik yang mendatangkan artis ternama di hotel Anda. Dengan begitu akan ada banyak orang datang dan mencoba rasanya hotel Anda bagaimana.

3. Berikan promo dan diskon tiket hotel

Selanjutnya yang bisa turut membantu dalam pemasaran hotel yang sepi adalah dengan memberikan promo dan diskon. Anda bisa mengiklankan promo dan diskon tersebut dalam situs-situs tour ad travel. Karena kita tahu warga kita paling senang jika mendengar kata promo dan diskon dan tentu saja ini akan menarik perhatian mereka.

Promo dan diskon perlu Anda sebarkan berupa vocher menginap hotel potongan 50%, bahkan kalau perlu Anda berikan gratis kepada beberapa orang dari berbagai daerah. Dengan begitu akan ada orang-orang yang mencoba merasakan fasilitas hotel milik Anda.

4. Lakukan renovasi hotel

Barangkali hotel sepi memang karena kurang menarik, kusem dan bangunannya terlihat jelek. Ini tentu akan menjadi penyebab sepinya hotel. Biasanya hotel-hotel lama yang tidak terurus akan seperti ini. Udah kotor bangunannya kemudian warna tembok halaman dan lain-lain semua kusam dan tidak enak dilihat.

Jadi usahakan lah untuk melakukan renovasi gedung hotel dan juga sekaligus memberikan tempat yang nyaman untuk para pengunjung hotel. Kalau sebuah hotel terlihat bersih, rapi dan cerah. Maka akan lebih menarik untuk menginap di hotel tersebut.

Kalau berikanlah tampilan-tampilan baru untuk hotel Anda dengan kesan yang mencolok. Misalkan saja dengan menambah hiasan taman sejenisnya.

5. Tambah fasilitas yang ada di hotel

Menambah fasilitas dan sarana prasarana hotel juga menjadi hal yang cukup penting. Misalkan saja sebelumnya ada bagian yang panas karena tidak ada AC, maka Anda perlu menambah AC pada tempat tersebut. Kemudian misalkan saja sebelumnya hotel tersebut belum ada kolam renang. Anda bisa menambahkannya sebagai daya tarik baru. Atau fasilitas-fasilitas lainnya seperti wifi dan sejenisnya.

Kelengkapan fasilitas terkadang menjadi sebuah hal yang diutamakan sebagian orang yang ingin menginap. Dan jika hotel yang ditemukan tidak memiliki fasilitas tersebut pastinya akan ditinggalkan.

Baca juga : Peluang bisnis di tour and travel

6. Tingkatkan pelayanan dari karyawan hotel

Selanjutnya adalah pelayanan dari karyawan hotel juga harus ditingkatkan. Ini juga membantu dalam kesuksesan pemasaran hotel yang sepi. Kalau hotel Anda terkenal dengan pelayanan yang buruk tentu saja akan sepi. Berbeda jika hotel Anda terkenal dengan karyawannya yang cakep dan cantik, serta memberikan pelayanan ramah dan menyenangkan. Tentu orang-orang akan lebih suka untuk menginap di hotel Anda tersebut.

Coba adakan pelatihan dan penyegaran kepada karyawan hotel Anda. Barangkali bisa membantu dalam meningkatkan pemasaran dari hotel Anda.

7. Permudah akses orang-orang menuju hotel

Salah satu kekurangan hotel susah berkembang biasanya lokasinya kurang menguntungkan. Misalkan saja berada di dalam gang. Ini sebuah kerugian tersendiri karena tidak bisa dilihat secara langsung oleh masyarakat luar yang lewat.

Jadi penting sekali untuk meningkatkan kemudahan akses menuju hotel Anda tersebut. Misalkan saja dengan memperbanyak plang dan baliho di jalan-jalan guna memberi tahu masyarakat yang lewat mengenai hotel Anda dan juga sekaligus membantu mengarahkan mereke menuju ke hotel. Dengan akses ke hotel yang lebih mudah, pastinya juga akan mempengaruhi peningkatan pengujung hotel.

8. Melakukan bandling dan kerjasama dengan perusahaan travel

Lakukan kerjasama dengan perusahaan tour and travel juga merupakan langkah pemasaran hotel yang bagus. Atau bisa juga menjalin kerjasama dengan tempat wisata.

Sebagai contoh Anda pasti pernah mendengar promo beli sebuah produk lalu dapat voucher hotel. Disinilah sebuah bandling kerjasama terjadi. Coba Anda kerjasama dengan perusahaan tour and travel dan lakukan bandling dengan mereka, biasanya akan cukup efektif guna meningkatkan pengunjung hotel Anda.

Atau jika hotel Anda berada di tempat wisata tertentu, bisa juga mengadakan kerjasama dengan pihak pengurus wisata tersebut. Misalkan saja bundling tiket wisata sekaligus tiket menginap di hotel Anda. Dengan begitu para pengunjung tempat wisata juga otomatis akan menginap di hotel Anda bagi yang membeli tiket bandling tersebut.

9. Tingkatkan manajemen hotel yang baik

Yang terakhir adalah tingkatkan semua manajemen yang ada di dalam hotel Anda. Mulai dari manajemen keuangan, manajemen sarana prasarana, manajemen SDM, manajemen gedung, dan manajemen. Kalau sistem pengelolaan hotel bagus dan terus meningkat, pastinya akan lebih mudah dalam melakukan kegiatan apapun. Dan imbasnya juga akan menjadikan hotel lebih ramai pengujung.

Saya rasa cukup panduan kali ini terkait dengan cara pemasaran hotel yang sepi pengunjung. Semoga saja bisa bermanfaat khususnya buat Anda yang sedang melakukan optimasi hotel agar menjadi lebih ramai lagi. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan Terima kasih. 

Posting Komentar untuk "9 Cara Memasarkan Hotel Yang Sepi Pengunjung"

Berlangganan via Email