Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Update Artikel Lama Agar Bisa Page 1 Dan SEO Friendly

aldanpost - Bukan rahasia, jika menembus page one Google memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Jangankan artikel baru, artikel lama pun memerlukan upaya cukup keras. Setidaknya, Anda harus menguasai cara update artikel lama agar bisa page 1 sebelum eksekusi untuk mengeditnya.

Update artikel lama ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang mungkin sedang buntu ide untuk menerbitkan artikel baru. Meski demikian, bukan berarti proses update boleh dilakukan seadanya, minimal harus lebih baik dan syukur-syukur bisa masuk ke page one. Lantas, bagaimana cara update artikel lama agar bisa page 1?

cara update artikel lama agar bisa page 1

Inilah Cara Update Artikel Lama Agar Bisa Page 1 Google

Setidaknya, ada beberapa alasan yang melatarbelakangi blogger untuk melakukan pengeditan artikel lama. Entah isi artikel yang sudah kedaluwarsa, traffic semakin berkurang, banyaknya artikel serupa, maupun kualitas tulisan yang belum SEO friendly. Nah, berikut adalah cara update artikel lama agar bisa page 1 yang bisa Anda ikuti:

1. Riset Ulang Keyword

Perlu diketahui, tidak semua artikel lama bisa di-update. Sebab, ada beberapa topik yang ketenarannya hanya musiman atau sudah tidak zaman, contoh cara penyimpanan file ke dalam disket. Oleh karena itu, sebelum mengedit artikel lama, sebaiknya Anda melakukan riset keyword lagi. Seandainya minim referensi, buatlah paragraf tambahan untuk menyisipkan keyword baru, agar lebih relevan. 

2. Gunakan Tools Google Analytics

Cara update artikel lama agar bisa page 1 juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan Google Analytics. Dengan tools ini, Anda bisa melihat statistik artikel yang memiliki traffic organik tinggi, sehingga ada gambaran tentang prioritas pengeditan. Adapun cara yang bisa dilakukan , yaitu:

a. Login ke akun Google Analytics yang Anda miliki.

b. Klik Behavior, pilih Site Contents, lalu All Pages.

c. Klik tombol panah kecil di sudut kanan atas yang bertuliskan All Users. Saat muncul notifikasi, ubah menjadi Organic Traffic, klik Apply.

3. Ubah Judul

Berbeda dengan media sosial, pada artikel kekuatan judul memiliki pengaruh yang sangat tinggi. Buatlah judul yang tak hanya menarik, tetapi juga mengundang rasa penasaran dan klik. Misal, judul artikel lama ‘Cara Menjadi Cantik’, ubahlah menjadi ‘7 Cara Menjadi Cantik Sebening Kristal’. Anda merasakan perbedaannya, bukan?

Untuk memperkuat cara update artikel lama agar bisa page 1 Google, Anda bisa mendukungnya dengan penjabaran di paragraf pertama dan kedua. Isilah dengan kalimat yang menarik dan mewakili isi dari artikel tersebut. Ingat, jangan terlalu dilebih-lebihkan sehingga keluar dari topik atau isi artikel.

4. Ubah Isi Artikel

Meski sudah terwakili dengan paragraf pembuka, isi artikel tetap harus diperhatikan. Minimal, harus relevan dengan topik, tidak bertele-tele, dan mengandung informasi yang bermanfaat serta jelas. Oleh karena itu, Anda bisa mengakali cara update artikel lama agar bisa page 1 dengan menambah kosa kata atau paragraf.

Tambahkan kosa kata pada paragraf yang memiliki sedikit kalimat atau tambahkan paragraf jika memang diperlukan penjelasan lanjutan. Keduanya boleh Anda lakukan, asalkan artikel lama bisa menjadi lebih berkualitas, tidak over kerword, serta SEO friendly.

5. Perbaiki Kualitas Gambar

Saat pertama pembuatan blog, mungkin Anda tidak terlalu memerhatikan kualitas gambar, padahal hal ini cukup penting. Menurut sang ahli, satu gambar di dalam artikel bisa mewakili 1000 kata. Jika Anda pernah melakukan kesalahan tersebut, maka cara update artikel lama agar bisa page 1 ini menjadi waktu yang tepat.

Oleh karena itu, cobalah untuk memerhatikan title dan Alt text gambar, pastikan sesuai dengan isi artikel yang ingin disampaikan. Jika gambar dirasa memiliki size besar, maka lakukan kompres agar speed loading halaman artikel tidak menjadi lambat. Sebab, kecepatan loading akan sangat memengaruhi mood pengunjung. 

6. Update Link

Langkah terakhir ini sangat penting untuk diperhatikan, karena pengeditan artikel lama akan menciptakan dua link pada search engine. Hal ini bisa menyebabkan kemunculan peringatan “Error 404 Page Not Found” yang ternyata memiliki efek tidak baik untuk ‘kesehatan’ blog. Oleh karena itu, hapuslah link-link lama atau rusak tersebut dengan mengaksesnya melalui Webmaster tools. 

Satu lagi, saat Anda sedang praktik cara update artikel lama agar bisa page 1, usahakan untuk tidak membuat postingan baru. Sebab, artikel lama Anda sudah masuk ke dalam indeks Google, dan perlu waktu cukup lama untuk melakukannya dari awal lagi. Demikian sedikit penjabarannya, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk " Cara Update Artikel Lama Agar Bisa Page 1 Dan SEO Friendly"

Berlangganan via Email