Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Terkait Kisah Keris dalam perut kyai hamid

aldanpost Hal Terkait Kisah Keris dalam perut kyai hamid!  Tentunya, ada banyak sekali kisah yang Anda dengar dari kecil hingga dewasa. Bahkan, beberapa cerita melekat hingga sudah tua untuk diceritakan lagi. Banyak tokoh juga yang membuat cerita tersebut terasa mengesankan. Tentunya, tokoh yang mempunyai peran penting tidak hanya dalam dunia peperangan saja. Ada juga yang punya peran besar dari segi agama.

Salah satu tokoh besar yang juga banyak orang ketahui karena akhlaknya yang mulia adalah Kyai Hamid. Ia punya peran yang juga cukup besar dalam dunia agama. Selain itu, disukai oleh banyak orang karena perawakannya yang baik. Ia juga mempunyai banyak kehebatan yang dapat orang jadikan sebagai teladan. Selain itu, punya kisah hidup panjang yang sebaiknya diketahui oleh semua orang. simak juga tentang pesan Kyai Hamid Pasuruan

keris dalam perut kyai hamid
keris dalam perut kyai hamid

Biografi Kyai Haji Abdul Hamid

Anda harus kenal sedikit mengenai biografinya sebelum tau kisah keris dalam perut kyai hamid. Kyai Haji Abdul Hamid atau yang jauh lebih dikenal dengan nama Kyai Hamid Pasuruan ini bukan kelahiran Pasuruan. Ia memang dikenal dengan nama ini karena semua kegiatan agamanya jauh lebih banyak orang kenal dalam Pasuruan. Ia dilahirkan pada tanggal 22 November tahun 1914.

Tentu saja, nama Pasuruan yang orang sebut bukan menandakan kalau ia lahir di Pasuruan. Kyai Haji ini lahir di daerah Dukuh Sumurkapel. Lebih tepatnya lahir di Desa Sumber Gerang. Ia juga lahir tepat para tanggal 4 Muraham. Pria dengan nama lahir Abdul Mu'thi ini merupakan putra dari pasangan yang disegani banyak orang.

Baik ayah maupun ibunya merupakan bagian dari keluarga ulama. Ayahnya sendiri mempunyai nama Kyai Haji Abdullah. Kemudian, ibunya sendiri Nyai Raihanah binti KH. Shiddiq. Bayangkan saja, Anda pastinya tidak pernah menyangka kalau ia merupakan seorang anak yang nakal saat usia belia.

Karena kenakalannya ini, ia mempunyai nama panggilan beduldul dari orang-orang. Kisah kecilnya ini tidak kalah menarik dan mengejutkan dari kisah keris dalam perut kyai hamid. Anda harus tau kalau ia bahkan sering sekali menyamar menjadi wanita saat dicari oleh aparat Hindia Belanda karena menganggu banyak orang.

Selain nakal, ia juga anak yang malas diam saja di rumah. Kyai Haji ini sangat aktif melakukan beragam kegiatan seperti main layang-layang dan juga sepak bola. Sebenarnya, bukan masalah yang besar jika melihat usianya. Masalahnya adalah permainan ini bejalan setiap hari. Walaupun begitu, ia memang tidak meninggalkan kewajiban untuk mengaji.

Saat umurnya dua belas tahun, ia dimasukkan ke dalam pesantren untuk mengubah sikap. Kenakalannya pasti berkurang jika belajar dalam tempat ini. Pondok pesantren Kasingan kemudian menjadi tempatnya belajar untuk kurun waktu satu setengah tahun. Abdul Mu'thi sendiri pindah ke pondok pesantren Termas untuk mendapatkan pembelajaran yang lebih berkualitas.

Pada saat usianya sudah lima belas tahun, ia diajak untuk pergi haji. Kemudian, ia menceritakan bahwa ia sempat bertemu dengan Rasulullah. Mendengar hal istimewa seperti ini, kakeknya memutuskan untuk menikahkannya dengan Nifasah. Namun, memang tidak langsung menikah. Ia memutuskan untuk kembali sekolah di pesantren jauh lebih dulu.

Ia juga mengganti nama menjadi Abdul Hamid seperti yang dikenal sekarang ini. Akhirnya, pernikahan dijalankan pada usia 22 tahun. Tentunya, ada banyak kejadian yang juga menimpanya. Ia bahkan harus menjalani kehidupannya dengan mandiri dan bekerja menjual kelapa dan kedelai sembari fokus dalam pembelajaran agama.

Peristiwa Keris Dalam Perut Kyai Hamid

Seperti yang sebelumnya telah Anda ketahui, tokoh Kyai Hamid ini merupakan salah satu Ulama yang sangat populer. Akan tetapi, meski telah memiliki karakter yang sangat baik dan sesuai jalan agama. Masih ada beberapa golongan masyarakat yang tidak menyukai sikap tokoh ini. Hal ini dapat dilihat dari adanya kejadian keris dalam perut Kyai Hamid. Hal ini tentunya bukanlah hal yang akan dilakukan oleh kaum yang menyukai tokoh ini.

Tidak sedikit masyarakat yang akan mengatakan bahwa kejadian ini bukanlah kejadian nyata atau hanyalah imajinasi semata. Akan tetapi, melalui rangkaian kalimat selanjutnya, semua dari Anda akan menyadari bahwa hal ini nyata. Maka karena itu, hal yang harus Anda lakukan saat ini merupakan langkah yang sangat sederhana. Benar sekali, semua dari Anda hanya perlu menyimak dengan baik dan mengetahui hal ini, ya!

Kejadian ini dibuktikan langsung melalui peristiwa dimana KH Abdul Hamid memanggil adik iparnya kerumahnya. Sesuai dugaan Anda, adik ipar dari tokoh ini adalah Kyai Abdurahman. Pada saat itu, ia memanggil dan berkata akan menunggu di ruang pribadi. Setelah adik iparnya menyusul dirinya, tokoh yang terkenal di Pasuruan ini menunjukkan hal yang membuat adiknya geram sekaligus merasa sangat terkejut.

Tepat sekali, ia membuka pakaian atasnya dan memperlihatkan hal yang sangat ajaib dan tidak bisa diterima oleh nalar. Hal tersebut adalah pemandangan adanya sebuah keris yang melekat di dadanya. Hal ini tentunya bukan hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat biasa. Kami pastikan semua dari Anda menyadari hal ini secara jelas. Akan tetapi, hal ini juga bukanlah kejadian yang ada karena kekuatan supranatural yang dimiliki oleh Wali ini.

Sebaliknya, hal ini terjadi karena adanya serangan dari orang yang tidak menyukai Ulama dengan nama lahir Abdul Mu'thi ini. Tokoh yang memang taat agama ini mengatakan pada adik iparnya bahwa ia mengetahui siapa yang meletakkan keris dalam perut Kyai Hamid. Hal ini tentunya membuat Abdurahman menjadi sangat penasaran dengan tokoh tersebut. Akan tetapi, Abdul Hamid memutuskan untuk merahasiakan hal tersebut.

Bahkan, sebelum adik iparnya ia mengatakan hal yang membuat adiknya terpesona dengan wataknya. Hal ini dikarenakan tokoh terkenal ini meminta ia untuk merahasiakan hal ini. Dengan kata lain, tidak ada orang lain yang boleh mengetahui hal ini selain dirinya dan Abdurahaman. Benar sekali, hal ini bahkan tetap harus dirahasiakan sekalipun dari istrinya sendiri.

Hal ini tentunya membuat Kyai Abdurahman menjadi sedih sekaligus kagum. Ia merasa sedih karena melihat ketegaran yang dimiliki oleh kakak iparnya dan ingin menanggung semuanya sendiri. Selain itu, ia juga kagum dengan tindakan yang dipilih. Oleh karena itu, Kyai Abdurrahman merasa sangat marah pada seseorang yang beraninya bermain dengan cara yang tidak adil terhadap orang baik seperti kakak iparnya.

Selepasnya dari ruangan Kyai Hamid, Abdurrahman yang masih sedih tentunya memasang mimik yang sedih. Namun, kondisi yang tidak menguntungkan membuat ia bertemu dengan kakaknya sekaligus istri dari Kyai Hamid. Saat diberikan pertanyaan mengenai mimik wajahnya yang sedih, Kyai Abdurrahman yang tidak tahan akhirnya menjelaskan semuanya dan membuat mereka berada dalam kesedihan. simak juga tentang makam Kyai Hamid Pasuruan

Mengetahui hal tersebut harusnya membuat Anda mempercayai bahwa peristiwa adanya keris dalam perut Kyai Hamid Pasuruan memang merupakan kejadian yang nyata. Kami pastikan saat ini tidak sedikit yang mempercayai hal ini, bukan?

 

Posting Komentar untuk "Hal Terkait Kisah Keris dalam perut kyai hamid"

Berlangganan via Email