Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kelebihan Dan Kekurangan Fintech Yang Wajib Kamu Tahu

Aldanpost.com - Kita akan membahas kelebihan dan kekurangan fintech (financial technology) agar kamu mengetahui lebih jelas jika ingin meminjam atau menjadi investor. Perusahaan fintech memang terus berkembang dan bertambah banyak setiap harinya. Saat ini saja di OJK sudah tercatat lebih dari 100 jenis fintech yang tergabung, mulai dari perusahaan perbankan sampai dengan star up peer to peer landing (P2P). Dan dengan banyaknya fintech tersebut akan memberikan manfaat tersendiri baik untuk investor maupun peminjam, dengan catatan tahu cara memilih fintech dan juga mengetahui cara menggunakannya dengan tepat.

Kelebihan dan kekurangan fintech ternyata ada banyak sekali. Kali dilihat dari sistemnya fintech jelas memberikan kelebihan berupa kemudahan akses karena didukung dengan kecaggihan teknologi digital. Kalau segi kekurangan tentu saja dalam hal safety atau keamanannya. Karena yang namanya dunia online kalau dimanfaatkan untuk sebuah transaksi keuangan akan selalu ada oknum yang memanfaatkannya untuk keuntungan mereka sendiri.

Kelebihan Dan Kekurangan Fintech


kelebihan-dan-kekurangan-fintech


1. Kelebihan fintech mudah dalam melakukan pinjaman

Kelebihan fintech yang pertama adalah dalam hal melakukan pinjaman. Hal ini dibuktikan bahwa peminjam hanya perlu pengajuan menggunakan handphone masing-masing saja dengan membuka aplikasi atau web pinjaman. Kemudian survey hanya di lakukan melalui telephone kepada pihak-pihak yang bersangkutan. 

Tentu saja ini bisa menolong masyakarakat dalam hal melakukan pinjaman jika menemui kedaan darurat. Bahkan tanpa harus mendatangi kantornya pun bisa. Misalkan saja sedang sibuk bekerja atau sedang diluar kota bisa mengajukan pinjaman dari ponsel masing-masing.

Baca juga : Cara mendapatkan modal usaha

2. Kelebihan dalam efisiensi waktu dengan proses yang cepat

Kelebihan fintech yang kedua adalah dalam hal efisiensi waktu. Hal ini terbukti dari cepatnya proses pengajuan pinjaman fintech. Beberapa pengalaman dari teman dekat saya yang mengajukan pinjaman di fintech bahkan ada yang disetujui dalam hitungan 2 hingga 3 jam saja, dan kebetulan waktu itu di cek ke rekening sudah masuk uangnya.

Ini tentu bisa menolong orang-orang yang membutuhkan dana hari itu juga, tanpa proses yang berbelit belit. Namun dalam hal ini penolakan pun biasanya juga sangat cepat, bahkan kalau ditolak, notifnya lebih cepat daripada diterima, artinya bisa segera mendapatkan kepastian pengajuan pinjaman yang dilakukan.

3. Kelebihan fintech memberikan kemudahan berinvestasi untuk investor

Kelebihan fintech yang selanjutnya adalah untuk investor. Yakni memberikan kemudahan untuk melakukan investasi. Hanya dengan melakukan setor dana dan melakukan pematauan saja sudah bisa jalan. Terlebih lagi investasi di fintech biasanya bisa dilakukan dengan nominal kecil. Artinya juga membuka peluang bagi banyak orang untuk bisa melakukan investasi kapanpun dimanapun dan dengan nominal kecil sekalipun.

4. Kelebihan terdapat banyak pilihan

Kelebihan fintech selanjutnya adalah memberikan banyak pilihan dan jenis pinjaman. Apalagi sudah saja jelaskan bahwa terdapat ratusan fintech yang tersedia, artinya bisa memberikan banyak refrensi pilihan untuk mengumpulkan dana.

Selain banyaknya pilihan perusahaan fintech. Kelebihan lain adalah banyaknya jenis pinjaman yang kita pilih dari beberapa fintech. Mulai dari jangka pendek dan nominal kecil hingga dengan jangka panjang dan nominal yang cukup besar. Artinya kita bisa mencari yang paling sesuai dengan kebutuhan yang kita miliki.

5. Kelebihan dalam memimalisir operasional dan modal

Kelebihan fintech yang kelima baik itu untuk penyedia fintech maupun peminjam dan investor adalah meminimalisir operasional dan modal. Tentu saja, karena dengan fintech seseorang bisa meminjam dari rumah, seseorang bisa melakukan investasi dari rumah dan juga untuk penyedia fintech juga lebih hemat karena hanya melayani via online saja. Ini juga berkat perkembangan teknologi digital yang canggih saat ini.

Baca juga : Cara mengelola keuangan usaha

6. Kekurangan fintech rawan akan penipuan pencurian data

Kekurangan fintech adalah dalam hal rawan akan penipuan dan pencurian data. Apalagi semakin hari semakin banyak bermunculan aplikasi pinjaman di google playstore. Jangan asal-asalan mengirimkan data diri ke semua aplikasi tersebut karena tidak semua aplikasi fintech bisa dipercaya.

Saya sendiri habis melakukan cek pada aplikasi fintech di google playstore. Saya nilai ada beberapa aplikasi baru yang gak jelas nama perusahaannya dan kemungkinan cuma bertujuan menampilkan iklan atau pencurian data saja. Jadi hati-hati untuk mengirimkan data diri ke fintech, pastikan fintech tersebut bisa dipercaya.

7. Kekurangan dalam hal bunga yang tinggi

Kekurangan fintech yang selanjutnya saya rasa dari segi bunganya yang cukup tinggi. Memang benar, kalau saya lihat banyak sekali aplikasi fintech yang memberikan besaran bunga 10% dalam jangka  waktu yang cukup pendek.

Sebagai contoh saya menemukan aplikasi fintech (gak perlu saya sebut nama), yang memberikan syarat bunga 10% dalam pinjaman senilai 500.000.- hingga 1.000.000,- dalam jangka 14 hari. Wow besar sekali bunganya, coba saja kalikan 1 milyar rupiah modal jika berhasil dipinjamkan saat itu, dalam 14 hari bisa untung sebesar Rp. 100.000.000,- itu perusahaan fintech.

8. Kekurangan dari segi pengetahuan teknologi

Kekurangan fintech yang selanjutnya adalah dalam hal pengetahuan teknologi. Jadi gak semua masyarakat yang bisa melakukan pinjaman di fintech. Apalagi buat yang awam teknologi dan masih menggunakan cara-cara meminjam uang secara manual. Biasanya ini terjadi pada orang-orang di usia tua yang membutuhkan pinjaman, mereka tahunya hanya meminjam ke bank secara langsung atau koperasi, tidak tahu menahu mengenai aplikasi fintech.

9. Kekurangan fintech memiliki jangkauan terbatas

Kekurangan fintech yang selanjutnya adalah dalam hal jangkauannya yang masih terbatas. Selain seperti saya sebutkan sebelumnya bahwa tidak semua orang bisa teknologi. Juga kekurangan jangkauan dari segi wilayah yang bisa mengajukan pinjaman. Daerah-daerah terpencil atau pinggiran biasanya banyak yang tidak bisa mengajukan pinjaman.

Biasanya fintech banyak menyediakan pinjaman hanya di kota besar saja seperti jabodetabek. Dan jarang sekali fintech yang menjangkau daerah pedesaan. Kalau adapun juga fintech perusahaan besar yang memberikan syarat lebih rumit meskipun dijamin lebih aman. Mungkin di masa depan kondisi yang satu ini bisa berubah, seiring makin majunya semua daerah sehingga banyak layanan fintech dibuka di tempat yang sebelumnya belum ada sama sekali.

Baca juga : cara memilih fintech yang benar

10. Kekurangan fintech rawan investasi bodong

Kekurangan fintech selanjutnya adalah bagi para pelaku investor yang melakukan investasi. Hal ini menjadikan rawan penipuan investasi mengatasnamakan fintech resmi. Apalagi investor hanya melakukan setor dana via online pada sebuah website atau apliakasi, sangat rawan. Makanya buat Anda yang ingin melakukan investasi melalui jalur fintech, usahakan memastikan kredibilitas fintech yang Anda pilih tersebut terdahulu.

Kelebihan dan kekurangan fintech bisa Anda lihat secara lengkap dari 10 point diatas. Selama Anda memahami seluk beluk fintech dengan baik, pastinya akan menjadi sebuah manfaat yang menguntungkan buat Anda. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga saja bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Kelebihan Dan Kekurangan Fintech Yang Wajib Kamu Tahu"

Berlangganan via Email