Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Komunikasi Dalam Kehidupan

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Masuk pada materi artikel kelebihan dan kekurangan teknologi komunikasi serta pengertian teknologi komunikasi yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Yang mana dalam hidup kita tidak akan pernah lepas dari komunikasi. Entah itu dalam lingkup keluarga, pertemanan, pekerjaan maupun di bidang kehidupan lainnya. Apalagi sebagai makhluk sosial kita diciptakan untuk selalu melakukan interaksi dengan orang lain, yang di dalamnya pasti yang ada namanya komunikasi. 

Teknologi komunikasi adalah sebuah alat dan metode yang memudahkan kita sebagai manusia untuk melakukan komunikasi. Namun ternyata kemunculan serta perkembangan dari teknologi komunikasi ini juga memberikan dampak kelebihan dan juga kekurangan tersendiri. Kalau kita bijak dalam menggunakannya sudah pasti akan mendapatkan banyak manfaat, begitu sebaliknya kalau menggungkan teknologi komunikasi untuk hal negatif bisa menjadi hal yang merugikan.

Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Komunikasi


kelebihan-dan-kekurangan-teknologi-komunikasi


1. Kelebihan dan dampak positif teknologi komunikasi

Teknologi adalah sebuah alat canggih yang memberikan berbagai macam manfaat. Dalam hal ini teknologi komunikasi adalah alat canggih yang memudahkan seseorang dalam melakukan komunikasi. Tentu saja jika teknologi ini mampu digunakan dengan bijak. Akan memberikan banyak sekali manfaat dan kegunaan bagi kehitupan. Kelebihan dari teknologi komunikasi tersebut antara lain :

  • Membantu menjalin hubungan jarak jauh, baik itu antar daerah bahkan bisa berkomunikasi antar negara sekalipun.
  • Membantu menjaga keutuhan silaturahmi meskipun tidak bisa bertemu secara langsung
  • Mempercepat tersampaikannya info penting yang harus segera di sampaikan kepada orang lain
  • Membantu kelancaran dalam berbisnis, yakni melakukan koordinasi bisnis dengan teknologi komunikasi, pemesanan, kroscek dan beberapa aktifitas lainnya dalam berbisnis
  • Teknologi komunikasi juga bermanfaat untuk dunia pendidikan, yakni memperlancar hubungan dinas pendidikan, guru, murid hingga berkomunikasi dengan mudah dengan wali murid
  • Teknologi komunikasi juga bermanfaat untuk dunia kesehatan, yakni untuk menghubungi dokter dalam keadaan darurat untuk segera mendapatkan pertolongan dan hubungan di bidang kesehatan lainnya.

  • Dan berbagai macam kelebihan lainnya

Semua kelebihan teknologi komunikasi diatas tentu saja bisa kita dapatkan asalakan pandai dalam memanfaatkan alat-alat teknologi komunikasi itu sendiri. Seperti yang kita tahu sekarang mulai dari anak-anak saja sudah memegang handphone. Selama diajari dengan benar pastinya akan bermanfaat bagi anak untuk segera ahli menggunakan hanphone tersebut untuk sesuatu yang bermanfaat. 

Kelebihan lain dari teknologi komunikasi adalah terus berkembang semakin canggih. Tentu saja ini semakin memudahkan kita memakainya. Dari yang hanya bisa digunakan menggunakan tulisan, kemudian menggunakan suara, lalu kini sekarang sudah populer dengan menggunakan video call. Yang artinya kita benar-benar bisa berkomunikasi seperti halnya bertatap muka secara langsung.

2. Kekurangan dan dampak negatif teknologi komunikasi

Seperti yang sudah saya singgung sedikit diatas, bahwa teknologi komunikasi juga memiliki kekurangan yakni bisa memberikan sebuah dampak buruk apabila tidak digunakan secara bijak. Dampak buruk tersebut sadar atau tidak sadar sudah terjadi di sekitar kita. Mulai dari jarangnya orang berkumpul dan mereka lebih sering berkomunikasi menggunakan handphone. Akhirnya kehidupan sosial kebersamaan pun sudah banyak berkurang.

Kekurangan teknologi komunikasi yang lain adalah bisa memberikan dampak buruk untuk berbuat sesuatu yang negatif. Misalkan saja untuk berbuat sebuah perselingkuhan. Sekarang juga sudah marak terjadi. Dengan semakin canggih gagdet malah justru peselingkuhan semakin banyak. Apalagi jika tidak mampu memanfaatkan media sosial dengan baik.

Kekurangan atau dampak buruk yang laina adalah di manfaatkan untuk melakukan penipuan dan juga tidak kejahatan. Tentu saja ini sudah seringkali terjadi karena orang-orang yang ingin mendapatkan keuntungan secara instan dengan merugikan orang lain. Biasanya merka menggunakan teknologi komunikasi untuk menyamar dan mengelabui calon korban untuk mendapatkan keuntungan tertentu. Makanya kita juga harus cerdas agar tidak menjadi korban dari dampak buruk atau kekurangan teknologi komunikasi tersebut.

Kesimpulan

Sampai disini kita bisa simpulkan bahwa teknologi komunikasi bisa memberikan banyak sekali dampak positif sebagai kelebihan. Selain itu juga bisa mempunyai kekurangan yakni bisa berupa menimbulkan banyak dampak buruk. Maka dari itu sebagai wujud syukur kita atas berkembangnya kecanggihan teknologi. Sudah sepantasnya kita menggunakan teknologi dengan cerdas dan bijak. Selama kita menggunakannya dengan baik pasti yang akan kita dapatkan adalah sebuah kebaikan.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan dari teknologi komunikasi. Semoga saja bisa memberikan manfaat untuk Anda dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Komunikasi Dalam Kehidupan"

Berlangganan via Email