Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Penyebab Kenapa Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Apa saja penyebab kenapa baterai hp cepat habis padahal tidak di pakai sama sekali. Mungkin sobat ada yang sedang mengalami masalah yang satu ini. Padahal hp sudah disimpan dengan baik dan ditinggal beraktifitas, namun ketika melihat hp kembali baterai ternyata sudah banyak berkurang dan tahu-tahu sudah habis begitu saja. 

Kenapa baterai HP cepat habis padahal tidak dipakai bisa terjadi hp baru maupun hp yang sudah lama. Hal ini bisa disebabkan dari kualitas handphone itu sendiri yang kadang produk gagal atau bisa jadi dari hp baru nya sudah menggunakan baterai yang rusak. Selain itu masih ada beberapa penyebab lainnya dan akan saya bahas satu per satu pada artikel kali ini,

7 Penyebab Kenapa Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

kenapa-bateri-hp-cepat-habis


1. Baterai HP cepat habis karena lowbat

Yang pertama yang menjadikan baterai HP habis tentu karena belum di cas atau waktunya untuk di cas.

Kalau memang penyebab utamanya baterai habis karena belum di cas, maka solusinya ya tinggal di cas saja untuk mengisi baterai hp tersebut.

Pastikan juga untuk menggunakan charger yang original atau charger yang berkualitas. Karena charger dengan kualitas rendah selain proses charging lebih lama juga akan mempengaruhi kondisi baterai dan IC charger itu sendiri.

2. Cara mengecas HP yang salah menyebabkan baterai cepat habis

Cara charging hp yang salah juga bisa menyebabkan baterai cepat habis. Biasanya terjadi dalam beberapa hal.

Cara charging hp baru misalkan, harusnya ditungu sampai benar-benar penuh baru dilepas, namun sudah dilepas sebelum penuh. Hal itu juga bisa merusak baterai HP.

Kemudian ketika melakukan charging, handphone sambil dimainkan terus menerus. Hal ini juga akan merusak batrei dan menyebabkan baterai cepat habis serta lowbat. 

Jadi usahakan untuk melakukan charging Hp dalam keadaan tidak terpakai dan juga sampai benar-benar terisi 100%.

3. Terlalu banyak aplikasi yang terinstal

Banyaknya aplikasi yang terinstal juga akan menyebabkan handphone menjadi cepat lowbet. Hal ini dikarenakan handphone menjadi lebih cepat panas karena multitasking dari hp tersebut.

Solusinya gunakan saja aplikasi seperlunya saja, agar handphone kamu tidak mudah lowbet. Tidak hanya itu saja, jika kamu menggunakan aplikasi seperlunya saja. Kinerja handphone kamu juga bisa menjadi lebih cepat dan nyaman untuk dipakai.

4. Menyalakan paket data online untuk banyak aplikasi

Membiarkan HP kamu online terus menerus padahal tidak kamu pakai, juga akan menyebabkan baterai HP cepat habis.

Tentu saja ini sangat dibenarkan. Karena handphone sekarang meskipun tidak Anda pegang, kalau sedang online semua aplikasi akan berjalan dengan sendirinya.

Ditambah lagi jika fitur seperti GPS dan sejenisnya terus hidup, meskipun tidak kamu pakai juga akan mengurangi kapasitas daya baterai yang ada.

5. Baterai sudah rusak dan minta diganti

Faktor selanjutnya bisa disebabkan karena memang baterai handphone sudah rusak. Hal ini bisa kamu teliti dari bentuknya yang mulai kembung. 

Baterai HP juga bisa dibilang rusak apabila di charging susah mengisi, padahal mesin dan charger normal. 

Solusi dari point kelima ini, cobalah pakai baterai lain. Kalau memang HP jadi lebih awet ketika memakai baterai lain, bisa dipastikan bahwa baterai HP tersebut memang sudah rusak.

6.  Baterai HP cepat habis karena mesin sudah rusak

Selain faktor baterai, bisa juga karena faktor handphone nya. Bisa jadi mesin HP nya sudah rusak dan memang memakan daya baterai tidak sewajarnya.

Cara mengeceknya bisa dengan menggunakan baterai HP lain yang masih bagus. Jika ternyata masih saja lowbet. Berarti HP nya yang bermasalah, bukan baterainya.

7. Baterai HP berkualitas rendah

Selain beberapa faktor diatas, ada faktor lain bawaan dari beli. Misalkan saja kamu membeli HP dengan ukuran MAh yang sangat kecil. Dengan begitu, tentu saja HP akan menjadi lebih cepat habis baterainya. Kemudian bisa juga karena bawaan hp murahan yang seringkali menyajikan baterai dengan ketahanan sangat lemah, masih dipakai baru sebentar saja, biasanya cepat habis.

Solusinya jika kamu memiliki mobilitas tinggi, belilah handphone dengan daya yang besar. Jadi bisa kamu pakai dalam waktu yang cukup lama. Mending lebih mahal sedikit, namun awet. Daripada beli handphone yang murah namun mudah rusak dan mengganggu aktifitas yang kamu jalankan.

Beberapa point diatas merupakan penjelasan dari saya mengenai kenapa baterai cepat habis padahal tidak dipakai. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga saja bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "7 Penyebab Kenapa Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai"

Berlangganan via Email