Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Hal Sederhana Terkait Gus Miek Gus Dur

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost - Ketahui Hal Sederhana Terkait Gus Miek Gus Dur!  Anda harus tau banyak kisah penting yang ada dalam kehidupan. Tidak hanya hal sederhana saja seperti permainan yang ingin Anda mainkan. Ada baiknya untuk tau hal yang mempunyai kualitas seperti perjalanan beberapa tokoh besar. Jika sudah bicara mengenai tokoh seperti ini. Sudah pasti hal yang ada di otak Anda hanyalah cerita mengenai pahlawan besar.

Padahal, tidak hanya pahlawan pejuang kemerdekaan saja yang perlu Anda ketahui. Ada banyak sekali orang lain yang mempunyai peran dalam kebebasan yang Anda miliki sekarang ini. Salah satu tokoh yang memegang peran penting ada pada segi agama juga. Banyak orang yang lupa untuk memerhatikan hal ini dengan baik. Bahkan, tidak jarang ada yang mengabaikannya begitu saja. 

Gus Miek Gus Dur
Gus Miek Gus Dur

Mengenal Gus Miek

Tokoh pertama yang harus Anda ketahui dari hubungan Gus Miek Gus Dur adalah salah satu ulama besar ini lebih dulu. Gus Miek yang akrab disapa dengan panggilan Amiek ini merupakan pria kelahiran 17 Agustus 1940. Hamim Tohari Djazuli adalah nama asli yang dimiliki oleh pria dengan nama Gus Miek ini.

Ia adalah anak ketiga dari enam bersaudara. Ayahnya merupakan seorang Kyai yang juga membuka pesantren di Ploso. Tentu saja, nama Djazuli ini juga merupakan turunan dari ayahnya. Nama lengkap ayahnya adalah Ahmad Djazuli Usman. Lalu, ibunya juga merupakan orang yang taat akan agama. Banyak orang yang mengenal Nyai Haji Rodliyah sebagai orang yang baik juga.

Sama seperti ibu dan juga ayahnya ini. Bahkan, hingga semua kerabat dari orangtuanya. Amiek juga merupakan orang yang taat akan agama. Dapat dikatakan bahwa ia tidak merasa tertarik dengan hal lainnya selain agama. Suami dari Lilik Suyati ini memang punya keunikan sejak umurnya masih belia.

Ia merupakan orang yang tidak banyak bicara dan suka menyendiri. Walaupun begitu, tetap saja mempunyai interaksi dengan orang lain. Pria asal Kediri ini juga sudah rajin belajar agama sejak kecil. Apalagi ayat yang memang ibunya ajarkan dan untuk pelajaran kitab sendiri langsung dari ayahnya. Ia juga mempunyai suara yang merdu dan mempelajari alquran lebih dalam lagi.

Tidak seperti yang orang katakan, ia bukan malas belajar. Namun, jauh lebih tertarik dalam dunia agama dan mendalaminya hingga akhir hayat. Ia juga menikah dua kali dan menjadikan Lilik sebagai pilihan terakhir. Banyak organisasi yang telah ia dirikan seperti Jantiko Mantab dan juga Dzikrul Ghafilin dan dikenal selalu sabar dan tangguh.

Kenali Gus Dur

Setelah mengenal Gus Miek secara singkat. Maka, kisah gus miek gus dur tidak akan lengkap tanpa tau sedikit mengenai pria penyandang nama abdurrahman wahid, nama aslinya. Pria asal Jombang, Jawa Timur ini lahir di tahun yang sama dengan Gus Miek. Gus Dur merupakan putra dari pasangan Wahid Hasyim dan juga Siti Sholehah. Ia lahir pada tanggal 7 September tahun 1940.

Mempunyai empat buah hati dengan Sinta Nuriyah sebagai pasangannya. Presiden Indonesia yang keempat ini mempunyai peran aktif dalam organisasi NU. Setelah ditawari untuk menjadi dewan agama sebanyak dua kali dan menolak. Akhirnya, ia mengambil tawaran tersebut pada penawaran ketiga. Penawaran ini membuat ia menjadi salah satu orang yang punya andil besar dalam organisasi agama ini. Ia juga perlahan-lahan dekat dengan Gus Miek.

Inilah Hubungan Gus Miek Gus Dur Semasa Hidup Gus Miek

Seperti yang Anda ketahui, Gus Miek Gus Dur merupakan kedua individu yang berada dalam satu naungan. Benar sekali, keduanya berada dalam organisasi Nahdlatul Ulama yang populer di Indonesia ini. Menjadi hal yang sangat wajar berdasarkan hal tersebut bila keduanya pernah bertatap muka beberapa kali. Tepat sekali, pertemuan yang terjadinya antara keduanya memang tidak intens.

Hal ini dikarenakan ulama yang terkenal dengan nama Gus Miek ini kerap pergi keluar daerah untuk menyebarkan ajaran agama. Akan tetapi, beberapa kali pertemuan tersebut berhasil membuat Gus Dur menyadari beberapa hal mengenai Gus Miek. Salah satunya adalah kekuatan supranatural yang katanya memang dimiliki oleh beberapa masyarakat yang sangat taat agama.

Pernyataan ini dikeluarkan oleh Gus Dur karena pada saat itu, ia mengikuti mobil Gus Miek yang tiba di sebuah tanah datar. Pada kejadian tersebut, tokoh dengan nama kecil Amiek ini mengatakan bahwa pada tanah tersebut KH. Ahmad Sidiq, dirinya hingga Gus Dur akan terbaring kaku. Dengan kata lain, tempat ini akan menjadi makam ketiganya. Hal ini tidak akan dipercayai Gus Dur begitu saja, bila tidak melihat kejadian satu tahun kemudian.

Tepat sekali, satu tahun kemudian, Gus Miek Gus Dur kembali ke tempat tersebut untuk menghadiri pemakaman Kiyai Ahmad Sidiq bersama. Pada saat itu, muncul banyak pertanyaan dari benaknya. Akan tetapi, jawaban yang berhasil ia temukan hanya sebatas Gus Miek diberikan kekuatan tersebut karena menjadi Wali dari Tuhan. Kekuatan ini akhirnya membuat reputasi nama Amiek ini terkenal di kalangan masyarakat menurut Gus Dur.

Masyarakat mengatakan bahwa untuk mendapatkan banyak rejeki mereka harus mendapatkan berkah dari Gus Miek. Bahkan, tidak sedikit yang merasa untuk mudah menemukan jodoh, harus meminta pasangan pada tokoh ini. Maka karena itu, hal ini menjadi alasan banyak masyarakat yang mengunjungi setiap acara agama yang dihadiri oleh beliau.

Gus Dur sendiri pernah mendapatkan pesan dua tahun sebelum Gus Miek berpulang. Pesan tersebut adalah saran pengunduran diri Gus Dur dari organisasi Nahdlatul Ulama ini. Akan tetapi, pada saat itu, Gus Dur menganggap bahwa hal ini merupakan imbauan yang ia berikan agar ia dapat maju ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, tokoh dengan nama KH Abdurrahman Wahid ini tetap menjadi ketua dari NU saat itu.

Akan tetapi, pada tahun 1993 yang juga menjadi tahun berpulangnya tokoh dengan nama asli Hamim ini, Gus Dur mengerti maksud pernyataan ini. Benar sekali, pernyataan yang diberikan tersebut menjelaskan kepada Gus Dur bahwa menjadi ketua dari organisasi besar untuk memajukan demokrasi bukanlah hal yang sudah dilakukan. Maka karena iti, Gus Dur mulai belajar banyak hal dari tokoh ini.

Ia menyadari bahwa tokoh ini juga hanyalah manusia biasa yang memiliki kelemahan dan kelebihan yang berbeda. Akan tetapi, ia pandai menyikapi setiap permasalahan yang ada sesuai dengan jalur agama. Selain itu, Gus Miek selalu mampu merealisasikan kebaikan hatinya kepada manusia hingga dianggap memiliki kekuatan supranatural. Gus Dur sendiri menyatakan bahwa ia akan merindukan Gus Miek yang sederhana nantinya.

Hal yang ada sebelumnya tentunya menjawab rasa penasaran Anda mengenai hubungan Gus Miek Gus Durhingga pandangan yang diberikan oleh KH Abdurahman Wahid ini. Maka karena itu, tidak ada lagi pertanyaan Anda mengenai hal ini, bukan?

 

Posting Komentar untuk "Ketahui Hal Sederhana Terkait Gus Miek Gus Dur"

Berlangganan via Email