Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Lebih Dalam Mengenai Kyai Hamid Pasuruan Karomah

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost Ketahui Lebih Dalam Mengenai Kyai Hamid Pasuruan Karomah! Semua dari Anda yang saat ini tengah membaca artikel ini pastinya memiliki nama beberapa individu yang diingat tapi tidak pernah ditemui. Kami pastikan nama tersebut merupakan individu yang terkenang karena perubahan besar yang ia bawakan memberikan manfaat. Tentunya, tidak ada satu dari Anda yang tidak memiliki nama tokoh yang seperti ini, bukan?

Jelas saja, tidak hanya nama tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan hingga penemu yang dapat ditemukan. Ada banyak tokoh lain yang juga mengambil peran besar untuk perubahan. Salah satunya adalah ulama yang ini. Ulama ini merupakan salah satu tokoh besar yang sangat terkenal di Jawa Timur. Lebih tepatnya pada daerah Pasuruan. Beberapa dari Anda yang semakin penasaran dapat menyimak dan mengetahui hal ini, ya!. simak juga tentang keris dalam perut kyai hamid

kyai hamid pasuruan karomah
kyai hamid pasuruan karomah

Inilah Tokoh Kyai Hamid Pasuruan Karomah

Tokoh yang saat ini dikenal dengan nama kyai hamid pasuruan karomah ini merupakan tokoh yang lahir di daerah Jawa Tengah. Kami pastikan tidak sedikit masyarakat yang akan mengira ia lahir di Jawa Timur. Hal ini dikarenakan semua dari Anda mengetahui namanya setelah ia tinggal di Pasuruan. Akan tetapi, tokoh ini terkenal dari Jawa Timur karena menyebarkan agama pada daerah ini.

Tokoh dengan nama lahir Abdul Mu'thi ini dilahirkan pada tanggal 22 November 1914 di Dukuh Suwerkepel. Dengan latar belakang keluarganya yang merupakan pendakwah, harusnya menjadi hal yang wajar saat menemukan ia tumbuh dengan karakter yang kalem. Akan tetapi, hal ini tidak akan ditemukan pada karakter yang ada dalam Abdul kecil. Hal ini dikarenakan Abdul cenderung nakal dan tidak menurut.

Ia bahkan tidak jarang dicari oleh aparat hindia Belanda karena menganggu masyarakat kulit putih. Oleh karena itu, masyarakat luas mengenalnya dengan nama bedudul. Hal ini diambil dari singkatan namanya hingga kelakuannya yang nakal. Orangtua dari anak yang memiliki hobi bermain sepakbola ini akhirnya menyekolahkan dirinya di pesantren. Hal ini efektif membuat tokoh ini menjadi karakter yang lebih baik.

Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat Abdul yang menjadi seorang haji pada umurnya yang masih sangat belia. Benar sekali, ia menjadi haji pada umurnya yang masih remaja yaitu lima belas tahun bersama kakeknya ia pertama kali menginjakkan kaki di tanah suci. Sepulangnya dari tempat ini, tokoh yang akrab dipanggil Mbah Hamid ini dijodohkan dengan Nafisah. Akan tetapi, pernikahan ini tidak segera terjadi.

Hal ini dikarenakan pernikahan ini terjadi saat Abdul Mu'thi yang telah mengganti nama menjadi Abdul Hamid ini berumur dua puluh tahun. Pernikahan yang terjadi ini bertahan lama meski tidak sedikit masalah yang menerpa. Salah satu masalah yang datang adalah krisis ekonomi. Hal ini mulai terjadi saat paman dari Nafisah pindah ke Jember. Namun, dengan berbagai usaha keluarga kecil ini dapat tetap bertahan.

Namanya sebagai Kyai Hamid mulai terkenal sejak ia memimpin sebuah pesantren. Tentunya, hal ini dikarenakan anggota dari pesantren yang terus bertambah. Bahkan, saat tersebut ia mulai sering menghadiri acara keagamaan. Hingga pelan tapi pasti namanya mulai melambung. Hal ini terus ia lakukan hingga akhirnya menutup mata pada usia tujuh puluh tahun di salah satu rumah sakit. Penyebab wafatnya Ulama ini adalah penyakit organ dalam.

Karomah Kyai Hamid

Anda pastinya tau kalau kyai Hamid pasuruan karomah adalah hal yang nyata. Ada banyak orang yang awalnya juga meragukan hal ini. Namun, Anda tidak boleh menjadi salah satunya yang tidak percaya akan hal ini. Banyak yang penting dari kisah dimana ia merupakan orang  yang memang mempunyai banyak kesaktian. Cobalah untuk membaca beberapa kisah pembuktian sehingga Anda tidak ragu lagi.

Bertemu Rasulullah

Ia merupakan salah satu wali Allah karena pernah bertemu Rasulullah secara nyata. Tidak semua orang dapat mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Rasulullah. Banyak sekali orang yang terus berdoa. Namun, bukan wali Allah sehingga mustahil untuk bertemu dengan Rasulullah. Saat usianya masih belia pula ia sudah bertemu dengan Rasulullah. Rasulullah dipercaya hanya menemui walinya saja.

Punya wujud serupa

Salah satu karomah yang ia miliki adalah mempunyai wujud serupa. Mungkin hal ini terdengar menyeramkan atau tidak mungkin. Nyatanya, ia merupakan orang yang memang dapat membuat wujud sama dalam tempat lainnya. Hal ini terjadi pada saat Habib Baqir datang ke pesantren ya ia punya.

Habib ini sendiri mampu melihat beberapa hal gaib sesuai dengan ajaran yang ia pelajari. Banyak orang yang sudah mengenal Kyai Hamid pada saat ini. Banyak sekali yang datang untuk meminta beragam doa atau keperluan. Saat Habib Baqir ini bertemu dengan Kyai Hamid, ia merasa terkejut. Tentu saja, karena dapat melihat hal yang gaib.

Ia memang bertemu dengan Kyai Hamid. Namun, inilah Kyai Hamid Pasuruan karomah yang mempunyai wujud serupa. Yang ia temui bukanlah Kyai sendiri melainkan sosok gaib yang sama persis. Ia kemudian melakukan pencarian akan keberadaan Kyai dengan ilmu yang ia miliki. Tanpa terkejut lagi ia saat menyadari keberadaan Kyai Hamid sendiri.

Kyai Hamid sendiri berada di Tanah Suci. Selain Habib Baqir, ada orang lain juga yang merasakan hal ini. Seorang Habib Sepuh datang untuk mengunjungi Kyai Hamid. Ia bertanya kepada Kyai Hamid terkait keberadaannya saat itu. Tanpa perlu berkata, suasana rumah berubah menjadi Tanah Suci saat Kyai Hamid mengenggam tangannya. Tentu saja, hal ini sangat mengagetkan untuk Habib sepuh sendiri.

Membantu saudara seiman

Kisah lainnya ada pada saat ia sedang membantu saudara seiman. Ada salah satu santrinya yang datang kepadanya saat tidak tau cara melunaskan utang besar. Ia berhutang sebesar tiga ratus ribu rupiah dan sudah jatuh tempo. Tidak seperti sekarang, jumlah itu sangat besar dulunya, saat tahun 70an.

Asmawi sendiri sudah kehilangan arah untuk mengumpulkan uang tersebut dalam waktu cepat. Kyai Hamid kemudian memberikan bantuan kepadanya dengan pohon kelengkeng yang ada. Ia menyuruh Asmawi untuk mengumpulkan daun gugur dari pohon tersebut. Kemudian, daun tersebut menjadi uang saat dikeluarkan dari sakunya.

Hal ini dilakukan berulang sehingga terkumpul biaya sebesar dua ratus dua puluh lima ribu rupiah. Namun, masih kurang tujuh puluh lima ribu rupiah. Mendadak, ada seorang tamu yang datang dan memberikan tujuh puluh lima ribu rupiah. Kyai Hamid mengambil uang tersebut dan memberikannya kepada Asmawi. Dengan begitu, Asmawi mendapatkan uang untuk membayar utang yang sudah jatuh tempo tersebut. simak juga tentang pesan Kyai Hamid Pasuruan

Ada kisah lainnya terkait dengan Kyai Hamid Pasuruan Karomah seperti mampu membaca pemikiran orang lain. Tentu saja, ia merupakan tokoh besar dengan banyak kelakukan mulia yang tidak semua orang dapat lakukan. Banyak keajaiban yang ada dalam dirinya untuk Anda ketahui.

 

Posting Komentar untuk "Ketahui Lebih Dalam Mengenai Kyai Hamid Pasuruan Karomah"

Berlangganan via Email