Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

19 Manfaat Makan Pare Mentah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

aldanpost - Manfaat makan pare mentah ternyata sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Pare adalah salah satu jenis sayuran yang paling dihindari karena memiliki rasa yang pahit. Pare merupakan tumbuhan yang merambat dan mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. 

Pare memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu, pare mempunyai kandungan mineral seperti magnesium, mangan, potassium, dan seng. Berikut ini adalah manfaat makan pare mentah yang baik untuk kesehatan dan kecantikan!

Manfaat Makan Pare Mentah

Inilah Manfaat Makan Pare Mentah

Adapun khasiat konsumsi pare mentah untuk kesehatan dan kecantikan adalah: 

1.    Dapat menangkal radikal bebas

Manfaat makan pare mentah yang pertama adalah dapat menangkal radikal bebas. Dengan mengonsumsi seporsi pare sudah memenuhi 54% kebutuhan tubuh terhadap vitamin C. Kandungan vitamin C didalamnya dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Sehingga dapat mengurangi kerusakan sel dan resiko kanker kulit. 

2.    Mencegah rambut beruban

Manfaat pare untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mencegah rambut beruban. Caranya adalah cukup dengan mengoleskan jus pare pada rambut. Jika digunakan secara rutin selama 10 hari dapat mencegah rambut menjadi beruban. 

3.    Meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh

Manfaat makan pare mentah ternyata dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi didalamnya dapat membantu kesehatan pembuluh dan peredaran darah. Kesehatan pembuluh darah menjadi kunci utama untuk prosuksi kolagen. Kolagen merupakan protein penting untuk menjaga keremajaan sel kulit.

4.    Dapat mengobati kulit kepala kering dan gatal

Manfaat pare rebus ternyata dapat mengobati kulit kepala kering dan gatal. Cara menggunakannya hanya dengan menggosokkan pare segar pada kulit kepada dan pijat dengan gerakan memutar perlahan. Anda juga dapat membilaskan air rebusan pare tanpa menggunakan menggunakan tambahan shampoo. 

Selain itu, jika ingin mengurangi rasa gatal pada kepala dapat dengan mencampurkan jus pare dengan alpukat atau pisang. Lalu oleskan pada kepala Anda dan lakukan cara tersebut sebanyak satu kali seminggu. 

5.    Membuat kulit lebih terlihat cantik dan sehat

Manfaat makan pare mentah dapat memurnikan darah dan menjadikan kulit bebas toksin. Hal ini dapat membuat kulit Anda terbebas dari jerawat dan terlihat lebih sehat bercahaya. Kandungan vitaminnya mampu membantu kulit dalam pemulihan penyakit seperti eczema dan psoriasis. 

6.    Menjaga kesehatan jantung

Manfaat pare rebus ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan nutrisi didalamnya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang menyumbat dinding arteri. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung. 

7.    Untuk mengobati ruam kemerahan akibat sengatan matahari

Manfaat jus pare mentah ternyata dapat mengobati kulit kemerahan akibat terbakar sinar matahari. Air rebusan dan jus pare dapat digunakan sebagai pendingin kulit yang baik. Keduanya sangat efektif untuk menenangkan kulit yang terkena iritasi akibat sengatan sinar ultra violet. 

8.    Mengontrol gula darah

Manfaat makan pare mentah berfungsi sebagai insulin yang dapat membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk energi. Pare ternyata dapat membantu menurunkan gula darah. Dengan mengonsumsi pare dapat membantu sel mendapatkan glukosa sebagai makanan. Selain itu, pare dapat mencegah penumpukan glukosa dalam darah dan memindahkannya ke hati organ yang lain. 

9.    Kekebalan tubuh meningkat

Manfaat jus pare mentah memiliki kandungan antioksidan yang sangat banyak seperti vitamin C. Antioksidan tersebut yang membentuk pertahanan terhadap benda asing yang dapat merusak tubuh. Antioksidan menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan senyawa bahaya lainnya yang membawa berbagai penyakit.

10.     Baik untuk kesehatan mata

Manfaat makan pare mentah ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan flavonoid seperti alpa-karoten, beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, pare dapat meningkatkan penglihatan di malam hari dan memperlambat degenerasi macula. Senyawa ini berfungsi untuk melawan proses penuaan dan menghilangkan radikal bebas. 

11.    Membantu meredakan asma

Manfaat makan pare mentah yang satu ini sangat baik untuk penderita asma. Pare ternyata dapat mengurangi gejala yang diakibatkan oleh kondisi pernafasan. Contohnya seperti asma, bronkitis, dan demam. Pare mempunyai sifat antihistamin, antiinflamasi, dan antivirus yang dapat menjaga kesehatan pernafasan. 

12.     Dapat meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat pare rebus ternyata dapat melancarkan sistem pencernaan. Walaupun pare memiliki kalori yang rendah tetapi pare kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Serat makanan tersebut yang membantu sistem pencernaan dan gerakan peristaltik makanan. 

Selain itu, manfaat makan pare mentah juga dapat menghilangkan gangguan pencernaan dan sembelit. Kandungan charantin di dalamnya mampu meningkatkan serapan glukosa dan sintesis glikogen. Dimana hal ini dapat membantu menurunkan berat badan berlebih dengan mengurangi penyimpanan sel lemak. 

13.    Mengatasi berbagai masalah kulit

Manfaat pare untuk kecantikan adalah dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Kandungan senyawa antifungi dan anti bakterinya dapat melawan berbagai penyakit infeksi pada kulit. Contohnya seperti kurap, kudis, dan psoriasis. Pare dapat menghentikan aktivitas guanylate cyclase yang memperparah keadaan psoriasis. 

14.     Dapat meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat makan pare mentah ternyata dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan vitamin K di dalam sayur pare dapat mengatur pembekuan darah normal dan menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh. Sehingga jika mengonsumsi pare secara rutin dapat membuat tulang menjadi sehat dan kuat. Selain itu, pare dapat mengurangi resiko patah tulang. 

15.     Untuk pengobatan sel leukemia

Ternyata manfaat jus pare mentah dapat menghambat pertumbuhan sel leukemia. Pare memiliki kandungan cucurbitacin yang mempunyai dua fungsi untuk mengobati leukemia dan menurunkan kadar gula darah. 

16.     Dapat melindungi kehamilan

Manfaat makan pare mentah ternyata dapat melindungi kehamilan. Karena pare mempunyai kadar folat yang sangat baik untuk tubuh yaitu 72/100 gram atau sekitar 18% dari Recommended Dietary Allowances (RDA). Kandungan folat dalam pare sangat baik untuk awal masa kehamilan. Folat juga dapat membantu mengurangi timbulnya cacat saraf pada bayi. 

17.    Dapat mengobati HIV dan Herpes

Ternyata manfaat pare rebus dapat mengobati penyakit berbahaya seperti HIV dan Herpes. Komposisi fitokimia di dalam pare dapat menghambat aktivitas virus human immunodeficiency. Pare akan memberikan efek tambahan dalam kombinasi dengan proses pengobatan AIDS. Selain itu, pare memiliki sifat antivirus yang dapat membantu mengobati penderita herpes simpleks virus (HVS-1). Pare juga dapat mencegah penyebaran plak herpetic kepada orang lain. 

18.     Mengobati kolesterol

Manfaat pare untuk kolesterol dapat diambil dengan mengonsumsi air rebusan pare. Air tersebut dapat dijadikan obat alternatif yang alami bagi penderita kolesterol tinggi. Dengan rutin mengonsumsi air rebusan pare maka dapat menurunkan lemak yang tertimbun dalam pembuluh darah. 

19.     Melawan sel kanker

Manfaat makan pare mentah yang terakhir adalah dapat melawan sel kanker. Pare memiliki sidat antikanker dan berpotensi untuk membasmi beberapa jenis kanker. Contohnya seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker darah, dan kanker hati. 

Berikut adalah beberapa manfaat makan pare mentah yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Walaupun pare mempunyai beragam manfaat yang baik untuk tubuh tetapi tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya. Sebaiknya konsultasikan ke dokter terpercaya supaya tahu berapa takaran yang tepat untuk Anda.

Posting Komentar untuk " 19 Manfaat Makan Pare Mentah Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Berlangganan via Email