Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Manfaat Redirect Untuk SEO Yang Harus Diketahui Para Blogger

aldanpost - Para blogger harus mengetahui manfaat redirect untuk SEO ketika webnya mulai berkembang. Seiring waktu pasti pengunjung semakin banyak, performa blog terus meningkat. Semakin banyak pula postingan yang saling berhubungan atau harus dipisahkan dari domain inti.

Para blogger harus mempertimbangkan ke-valid-an link menggunakan redirect url, agar pengunjung tidak kecewa dengan url yang salah. Jika url yang terlanjur disebar mengalami kerusakan, mungkin bisa diperbaiki kemudian digunakan kembali. Namun jika ada perubahan nama domain maka perlu tindakan pengalihan atau redirect agar kembali ke link yang benar.

Manfaat Redirect Untuk SEO

Apa Itu Redirect Dan Jenisnya

Redirect server adalah  pengalihan url dari alamat awal ke alamat lain. Secara otomatis ini mempengaruhi server yang mengalihkan alamat domisili. Pengalihan ini bisa menggunakan domain dan hosting berbayar. Bisa dilakukan sewaktu-waktu dengan menghubungkan satu postingan kepostingan tujuan.

Ada dua jenis redirect yang perlu dibahas karena banyak dikenal oleh para blogger, sebelum membahas manfaat redirect untuk SEO. Yaitu redirect 301 dan 302. Keduanya sama-sama bertindak mengalihkan postingan namun berbeda alasan dan tujuan. 

Redirect 301 lebih banyak dipakai daripada 302. Karena redirect ini berfungsi mengalihkan url secara permanen. Redirect 301 merupakan kode respon http yang muncul setelah adanya pengalihan link secara permanen. Sehingga misalnya suatu postingan atau halaman sudah berpindah ke domain baru, semua postingan di halaman lama bisa dialihkan ke blog baru.

Sedangkan redirect 302 merupakan pengalihan url atau alamat domain yang bersifat sementara. Type 302 ini memiliki manfaat redirect untuk SEO seperti halnya 301. Namun pengaruh ke SEO untuk postingan yang jarang dibuka lebih sulit dindeks Google. Karena sifatnya yang sementara, para blogger lebih suka menggunakan versi 301 sesuai kebutuhan.

Cara Redirect Website

Demi memperoleh manfaat redirect untuk SEO, para blogger rela berkelana di dunia maya sesuai bidang yang sedang ditekuni. Redirect memang bermanfaat kalau yang mereka cari adalah reputasi website dan hanya bisa dilakukan melalui pengaturan htaccess atau melalui plugin Wordpress. 

Untuk melakukan redirect website melalui pengaturan htaccess hanya bisa dilakukan jika web hosting menggunakan software Apache. Sedangkan jika menggunakan Nginx atau lainnya, maka dapat melakukan pengaturan melalui editor teks. Kode yang ditulis melalui teks di Notepad atau Atom tersebut kemudian disimpan dengan nama .htaccess. 

Dalam pengaturan teks tersebut para blogger hanya perlu memasukkan kode dan alamat url yang ingin diubah. Baik untuk mengganti domain atau mengarahkan link lama ke domain atau url baru. Kode pengalihan melalui .htaccess tersebut bisa dicari melalui tutorial khusus pengaturan redirect htaccess.

Manfaat Redirect Untuk SEO

Meskipun terkesan rumit, redirect SEO terbukti mampu mempertahankan rank page dan meminimalisir lin yang rusak. Selain itu, redirect bermanfaat bagi pengunjung untuk memastikan bahwa link yang pernah disebar masih aktif dan dapat diakses. Berikut beberapa manfaat redirect yang dapat diambil oleh para blogger:

Mengarahkan Nama Domain Yang Serupa

Dengan adanya redirect, nama domain yang mirip dapat dialihkan ke nama domain yang tepat. Pengaturan ini dapat dilakukan melalui kode atau plugin. Tergantung pada hosting yang dipakai. Pengaturan juga dapat dilakukan melalui CPanel hosting jika menggunakan Wordpress.

Memindahkan Halaman ke Domain Baru dan Memperpendek URL

Dengan alamat atau domain baru yang harus dituju, tidak banyak orang tahu bahwa link yang sebelumnya damage dan tidak bisa diakses publik. Artinya redirect langsung akan mengalihkan pengunjung dari link yang bermasalah ke link baru. Link dapat diperpendek selama Rusdia du

Menjaga Ranking SEO

Menurut penelitian, redirect 301 mampu membantu mempertahankan ranking website dengan tingkat efektifitas mencapai 90-99%. Hal ini dipicu karena redirect sangat meminimalisir terjadinya halaman error dari link yang terlanjur disebar.

Dengan redirect 301 pengunjung diuntungkan karena tidak perlu menghadapi halaman error. Apalagi ini, melalui redirect pula lama kelamaan Google akan mengindeks postingan dari web yang sudah ditawarkan. Manfaat redirect ternyata mampu menyelesaikan masalah link dan memperbaiki yang terlanjur rusak,

Dengan demikian manfaat redirect untuk SEO tidak hanya dirasakan oleh blogger karena mampu mempertahankan ranking. Selain itu, bahwa link broken mampu memperbaiki diri melalui pengalihan link yang diatur melalui cPanel atau pengaturan hosting merupakan berkah bagi pengunjung.

Posting Komentar untuk "3 Manfaat Redirect Untuk SEO Yang Harus Diketahui Para Blogger"

Berlangganan via Email