Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Dan Bugar

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar adalah sebuah langkah dan tindakan yang kita lakukan untuk membuat tubuh kita selalu sehat, fit dan juga bugar setiap hari. Beberapa aktifitas yang kita lakukan setiap hari akan mempengaruhi kesehatan kita. Baik itu soal aktifitas fisik, berfikir maupun pola istirahat. Baiknya semua aktifitas tersebut kita atur dengan baik dan disiplin agar tubuh kita selalu sehat. Sebelum terlambat, jangan sampai kita menyesal jika sudah jatuh sakit karena pola hidup kita yang tidak sehat.

Cara menjaga agar tubuh sehat dan bugar bisa kita mulai dari rutinitas-rutinitas kecil setiap hari. Meskipun dianggap sepele tapi bisa berakibat fatal. Sebagai contoh adalah kebiasaan kurang minum air putih, malah lebih sering minum gula dan soda. Meskipun sepele tapi bisa berakibat fatal pada kesehatan kita, tidak cuma soal kebugaran. Bebebrapa hal yang harus kamu lakukan agar mempunyai tubuh yang sehat dan bugar akan saya ulas secara lengkap pada artikel kali ini.

Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Dan Bugar


cara-menjaga-agar-tubuh-tetap-sehat-dan-bugar
Gambar : pencarian google

1. Olahraga rutin agar tetap sehat dan bugar

Cara yang yang pertama jelas dengan melakukan olahraga secara rutin. Minimal lakukan olahraga 2 hari sekali atau setidaknya 2 kali dalam 1 minggu. Ini penting sekali untuk menciptakan tubuh sehat dan bugar. Karena pada saat olahraga seluruh organ tubuh kita sedang di optimasi dengan baik, mulai dari pembakaran lemak, penguatan otot, melatih daya tahan tubuh dan lain-lain.

Apakah kamu sudah berolahraga secara rutin? Kalau belum segera rubah kebiasaanmu menjadi lebih rajin, sebelum semuanya terlambat. Jangan untuk sehat dan bugar, bahkan orang yang malas berolahraga daya tahan tubuhnya akan terus menurun dan mudah terserang penyakit.

2. Istirahat dan tidur yang cukup

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar yang kedua adalah dengan cara memilih tidur dan istirahat yang cukup. Yakni memiliki waktu tidur yang tepat dan berkualitas. Karena pada saat tidur, seluruh otot dan syaraf kita akan diistirahatkan dengan baik. Dan saat itu juga tubuh akan metabolisme untuk men filter zat-zat yang tidak bagus untuk disingkirkan.

Akibatnya orang tidurnya cukup ketika bangun lebih fresh, segar dan bugar. Bahkan ketika sesorang tidur cukup akan memiliki fokus yang baik serta mampu memiliki daya tahan yang kuat.

Baca juga : Manfaat tidur cukup

3. Memperbanyak minum air putih agar tetap sehat

Cara selanjutnya agar tubuh kita tetap sehat bugar adalah dengan menjaga asupan minum air putih yang cukup setiap hari. Air putih akan membantu menjaga cairan dan ion dalam tubuh kita tetap seimbang. Selain itu juga mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi sehingga tubuh kita menjadi lebih bugar.

Pastikan kecukupan air putih kamu setiap hari, bawa air putih selama bekerja agar kamu tidak telat meminumnya. Atau paling tempatkan galon minum ditempat yang mudah kamu jangkau dan terlihat jelas. Dengan begitu akan membantu kamu untuk meminum air putih yang cukup setiap hati.

Baca juga : Manfaat minum air putih

4. Perbanyak makan buah untuk tubuh bugar

Cara menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan secara rutin dan teratur. Karena buah adalah sumber vitamin dan serat yang tinggi. Otomatis jika vitamin dan serat tubuh kita tercukupi dengan baik maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar.

Caranya setiap hari coba sediakan buah segar di kulkas untuk kamu konsumsi. Tidak perlu buah yang mahal, buah yang murah yang bisa kamu beli di tukang buah saja sudah cukup. Yang penting adalah rutin mengkonsumsi buah itu sendiri.

Baca juga : Manfaat konsumsi buah setiap hari

5. Melakukan yoga dan meditasi agar tubuh sehat bugar

Tahukan kamu bahwa rutin melakukan yoga dan meditasi juga membantu menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Caranya coba sediakan waktu luang minimal 2 kali dalam satu minggu. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan relaksasi dan sekaligus olahraga yoga. Tambahkan alunan musik yang menenangkan agar menjadi lebih maksimal.

Yoga dan meditasi akan membantu tubuh kamu lebih fresh, otak lebih fokus dan juga sekaligus menurunkan kadar stress akhirnya tubuh kita pun menjadi sehat dan bugar ketika melakukannya secara rutin.

6. Membiasakan diri bangun lebih pagi

Membiasakan diri bangun lebih pagi ternyata juga termasuk dalam cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Hal ini dikarenakan mood kita yang jauh lebih bagus. Kemudian ketika kita bangun lebih pagi juga memberikan waktu bagi kita melakukan olahraga dan juga beberapa aktifitas pagi lainnya.

Biasakan untuk bagun pagi karena juga mampu menjadikan pola hidup kamu lebih dipenuhi dengan rasa semangat yang cukup tinggi. Anda lihat fakta di sekitarmu mana orang-orang yang rajin dan malas bangun pagi, pasti pola kehidupan mereka jauh berbeda.

7. Menghindari stress dan depresi yang berlebihan

Stress dan depresi mampu menyebabkan seseorang jatuh sakit. Hal ini dikarenakan ketegangan seluruh syaraf dalam tubuh secara terus menerus, akibatnya tubuh kita mengalami penurunan imunitas dan mudah jatuh sakit.

Maka dari itu untuk menjaga tubuh sehat dan bugar usahakan hindari stress yang berlebihan. Banyak berkonsultasi dengan orang yang kamu percaya dan hindari menanggung beban hidup yang berat sendirian.

8. Memperbanyak konsumsi sayuran serta kurangi minyak dan daging

Mengkonsumsi sayur secara rutin juga bisa membantu tubuh kamu untuk tetap sehat dan bugar. Hal ini karenakan sayuran biasanya memiliki kandungan vitamin dan zat besi yang tinggi. Karena itulah menjadikan peredaran darah dalam tubuh kita semakin lancar. Dengan peredaran tentu akan menyehatkan.

Oleh karena itu jangan malas konsumsi sayur. Serta hindari banyak minyak dan daging, karena minyak dan daging berlebihan justru akan menjadikan banyak bibit penyakit dalam tubuh.

9. Melakukan check up dokter secara berkala

Cara menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar yang selanjutnya adalah melakukan checkup dokter secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi terkini dari tubuh kamu. Dengan begitu kamu bisa melakukan tindakan-tindakan untung mengatasi penyakit lebih dini apabila terdeteksi. Selain itu juga untuk keseimbangan asupan sehat dalam tubuh kita sendiri.

10. Jaga berat badan tetap ideal

Cara yang ke 10 adalah jagalah berat badanmu tetap seimbang dan standart. Jangan obesitas, karena jika obesitas kamu akan cepat lelah dan juga mudah terserang penyakit. Tentu saja caranya dengan menjaga pola makan dan olahraga yang seimbang. Selain itu dengan cara berolahraga secara rutin. Selama berat tubuh kamu ideal, maka kamu akan lebih sehat dan selalu bugar setiap harinya.

11. Disiplin menerapkan semua pola hidup sehat

Yang terakhir terapkan semua pola diatas secara menyeluruh dan disiplin. Jadi gak bisa dilakukan setengah-setengah. Sebagai contoh, kamu rajin olahraga namun pola makan kamu tidak sehat ya sama saja. Kemudian kamu makanan sehat tapi tidak pernah istirahat yang cukup ya sama saja. Jadi semua hal dalam hidup hal diterapkan menyeluruh dan disiplin untuk menciptakan tubuh sehat dan bugar.

Demikianlah panduan dari saya mengenai cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Semoga saja yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat buat kamu, jangan lupa jaga kesehatan dan Terima kasih

Posting Komentar untuk "11 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Dan Bugar"

Berlangganan via Email