Postingan Terbaru

Pantai Banyunibo, Pantai Dengan Air Terjun Indah Di Gunung Kidul

Aldanpost.com - Pantai Banyunibo adalah salah satu pantai eksotis yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, yang pastinya bisa kamu jadikan destinasi menarik buat libur. Memang tidak ada habisnya jika mengulas pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Karena memang kabupaten yang satu ini kaya akan destinasi wisata pantainya. Dalam satu kabupaten satu ada lebih dari 50 pantai yang keren abis. Sama halnya dengan mengunjungi beberapa pantai lain di Gunung Kidul sebenarnya, pantai yang satu ini juga memiliki daya pikatnya tersendiri. Disebut sebagai sebuah keindahan tersembunyi di Gunung Kidul karena memang belum begitu banyak yang menjamah pantai yang satu ini.

Pantai Banyunibo sesuai dengan namanya. Kalau dalam bahasa jawa "banyunibo" artinya adalah air jatuh atau air terjun. Memang dalam pantai yang satu ini memiliki satu air terjun yang jatuh dari perbukitan di dekatnya. Tentu saja kamu bakalan nemuin air terjun ini kalau tidak dalam kemarau panjang, kalau kemarau panjang airnya yang mengalir cuma sedikit. Selain itu jika kamu berkunjung ke pantai yang satu ini juga akan mendapatkan sebuah pemandangan asri yang alami. Di sekitarnya di penuhi dengan perbukitan hijau yang indah dan segar di pandang mata.

Pantai Banyunibo Gunung Kidul

pantai-banyunibo

Harga Tiket Masuk Pantai Banyunibo

Harga tiket masuk Pantai Banyunibo sendiri terbilang sangat murah, kamu bahkan tidak perlu membayar retribusi masuk jika melalui air tejun banyunibo. Beda jika kamu masuknya melalui Pantai Siung, maka kamu akan membayar tiket yang di Pantai Siung sekaligus mengunjungi pantai ini secara gratis. Meskipun gratis namun pemandangan yang disajikan dari pantai ini sangat mengesankan.

Kemudian untuk biaya lain pastinya kamu harus membayar parkir. Dan seperti biasa menyesuaikan kendaraan yang kamu bawa. Jika menggunakan kendaraan bermotor, maka kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp.2000,- dan jika menggunakan mobil akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp.5000.- sampai dengan Rp. 20.000,- sesuai dengan besaran kendaraan yang kamu bawa.

Kunjugi juga daftar pantai di gunung kidul lainnyam karena masih banyak hal menarik yang kami ulas.

Rute Menuju Pantai Banyunibo

Rute menuju Pantai Banyunibo sendiri cukup mudah untuk kamu tempuh. Karena pantai ini berada dalam kawasan yang sama dengan beberapa pantai terkenal lainnya. Yakni beralamatkan di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Kalau kamu dari arah Yogyakarta kota berarti kamu harus melewati jalan yang menuju Kabupaten Gunung Kidul, kemudian ambil kearah Kecamatan Tepus dan kemudian masuk ke Desa Purwodadi. Dan untuk masuk ke Pantai Banyunibo kamu bisa melalui pintu tiket dari Pantai Siung jika ingin lebih mudah.

Dan berikut adalah lokasi Pantai Banyunibo, yang sekaligus pintu masuknya Pantai Siung dalam google maps :

Hal Menarik Di Pantai Banyunibo

Beberapa hal yang akan membuatmu makin happy ketika liburan ke Pantai Banyunibo tentu saja sudah disediakan oleh pantai yang satu ini. Dan beberapa hal menarik di Pantai Banyunibo antara lain :

1. Jalur sulit tempuh yang menantang

jalur-pantai-banyunibo

Foto jalur ke pantai banyunibo via wordpress

Pantai Banyunibo ini memang letaknya tersembunyi. Makanya tidak heran jika yang berkunjung kesini tidak seramai pantai di Gunung Kidul yang lainnya. Ketika kamu hendak kesini baik itu dari Pantai Siung maupun dari atas air terjunnya sama-sama sulit. Harus menempuh medan miring untuk sampai di Pantai Banyunibo.

Namun semua rasa lelah kamu menempuh medan tersebut pasti akan terbayar tuntas jika sudah berada di Pantai Banyunibo. Karena disuguhkan dengan pemandangan indah yang luar biasa. Buat kamu yang berjiwa petualang pasti bakalan senang jika menemukan spot wisata seperti ini, pasti rasa penasaran kamu bakalan segera bangkit dan mencobanya.

2. Iconik Air Terjun Di Pantai Banyunibo

air-tejun-pantai-banyunibo

Foto by spadepicnic.wordpress.com

Pantai Banyunibo memiliki iconik tersendiri yakni berupa air terjun yang jatuh dari bukit. Tentu saja hal inilah yang menjadi pemikat para wisatawan untuk berkunjung ke pantai yang satu ini. Lagi-lagi kamu bakalan merasakan pemandangan yang berbeda dengan pantai biasanya jika memenukan pantai ber iconik seperti ini.

Namun tetap harus menjaga keselamatan ya, karena jika kamu naik keatas, pastinya tebing-tebing tesebut rumayan curam kebawah. 

3. Spot Foto Keren Abis Di Pantai Banyunibo

spot-foto-pantai-banyunibo

foto: https://www.instagram.com/tentangjogjaid/

Kalau kamu liburan ke Pantai Di Gunung Kidul, pastinya kamu akan menemukan banyak pantai dengan spot foto yang cukup keren, termasuk di Pantai Banyunibo. Kamu bisa mengambil foto dari atas dengan menampakkan vier pantai sekaligus view dari air terjun. Selain itu kamu juga bisa turun dan berfoto dibawah dengan menampakkan view dari bawah.

Buat kamu yang hobi koleksi foto keren, berkunjung ke Pantai Banyunibo saya kira adalah pilihan yang tepat. Karena disini kamu bisa mengumpulkan berpuluh-puluh foto yang luar biasa pastinya. Buat selebgram saya yakin juga cocok buat datang ke pantai yang seperti ini karena banyak view yang sangat instagramable.

4. Jalur tracking dengan pemandangan indah diatas Pantai Banyunibo

tracking-pantai-banyunibo

Foto by instagram/astripezet

Selain beberapa hal diatas, kamu juga bisa melakukan tracking di sekitaran Pantai Banyunibo. Disinilah kamu juga akan disuguhkan dengan berbagai macam pemandangan yang menawan hati. Salah satunya adalah dengan melihat pantai dari dataran tinggi, dan juga bisa menikmati pemandangan pebukitan yang hijau berseri-seri. 

Tentu saja hal ini menyenangkan tapi tetap harus berhati-hati. Karena yang namanya perbukitan biasanya akan diisi dengan medan yang cukup sulit bahkan sebagian akan berbahaya. Jadi usahakan kamu bisa bersama dengan rekan yang lainnya untuk saling menjaga.

5. Camping Di Dekat Pantai Banyunibo

camping-pantai-banyunibo

Foto by travelingyuk.com

Jiwa petualangan kamu pasti bakalan meronta-ronta ketika melihat tempat-tempat indah yang menenangkan. Terutama untuk melakukan camping. Diatas pantai ini ada daerah pesawahan dan beberapa lahan kosong yang bisa didirikan tenda. Artinya kamu juga bisa melakukan camping di dekat Pantai Banyunibo ini. Pastinya akan menyenangkan, apalagi jika kamu datang bersama dengan teman-teman kamu untuk berkumpul bersama. 

Satu catatan yang harus Anda ketahui jika berkunjung ke Pantai Banyunibo atau pantai yang sejenis. Yakni soal perbekalan minuman dan juga makanan. Alangkah lebih baik jika kamu membawanya dari luar karena di dalam pantai ini masih sangat jarang yang berjualan. Gak lucu kan kalau niatnya liburan tapi malah kelaparan gara-gara susah makan.

Nah, itulah sobat review dari saya mengenai Pantai Banyunibo, harga tiket masuk, rute lokasi dan beberapa hal menarik lainnya yang ada di Pantai Banyunibo. Mudah-mudahan informasi ini bisa memberikan manfaat buat kamu, cukup sekian dan terima kasih.

Jangan lupa untuk mengunjungi beberapa ulasan Pantai Di Gunung Kidul lainnya, antara lain :

Pantai KukupPantai NgedenPantai Jagang KulonPantai Kayu ArumPantai JoganPantai BanyuniboPantai DriniPantai Sepanjang Jogja.

5 Komentar

  1. Keren nih. Jadi pengen camping hehe. Terima kasih mas mba atas informasinya.

    Hormat kami, admin dari Griya Sinau Kebumen.

    BalasHapus
  2. sama-sama kak, camping dulu biar bahagia, hehe...
    terima kasih sudah berkunjung,

    BalasHapus
  3. Fix ! Next year pengen jalan-jalan

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama