Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Grigak, Pantai Yang Masih Sepi Dengan Pemandangan Menawan di Gunung Kidul

Aldanpost.com - Pantai Grigak adalah salah satu pantai di Gunung Kidul Yogyakarta dengan sajian pemandangan yang menawan dan menarik di dalamnya. Saya kira dari sebagian sobat belum banyak yang tahu mengenai pantai yang satu ini. Karena memang popularitasnya belum terkenal secara nasional di Indonesia. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba jadwalkan liburan ke pantai yang satu ini. Karena Anda bakalan mendapatkan beberapa hal menarik tersendiri di dalamnya.

Pantai Grigak merupakan pantai yang cukup sunyi dan sepi pengunjung. Jadi kalau kamu menginginkan pantai yang ramai dengan orang-orang saya yakin 100% Anda gak cocok datang ke pantai yang satu ini. Namun buat kamu yang menginginkan pantai indah yang menenangkan diri kamu, baru kamu cocok untuk berkunjung ke pantai satu ini.

Pantai Grigak Gunung Kidul

pantai-grigak
Foto Pantai Grigak by ig @pantai_grigak

Rute Lokasi Menuju Pantai Grigak

Pantai Grigrak berada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Kamu bisa menempuh perjalanan ke pantai ini dari Kota Yogyakarta maupun dari arah timur misalkan sukoharjo atau wonogiri. Jika dari Kota Yogyakarta kamu bisa arahkan kendaraan menuju Wonosari Gunung Kidul. Kemudian arahkan menuju kecamatan panggang, disini kamu bakalan menemukan arah jalan ke pantai gesing, kamu tinggal lanjut saja sampai di dalam desa Girikarto, nah pantai ini berada dalam desa tersebut.

Untuk lokasi Pantai Grigak di google maps, bisa kamu simak dibawah ini :

Harga Tiket Masuk Pantai Grigak

Selanjutnya untuk masuk kedalam pantai yang satu ini kamu tidak perlu membayarkan tiket masuk. Karena memang pantai ini belum ditarik tiket untuk pengunjung yang datang. Kamu hanya perlu membayarkan parkir kepada petugas parkir yang ada.

Untuk harga parkir kendaraan sendiri roda dua atau kendaraan bermotor dikenakan Rp.5000,- kemudian untuk yang mengendarai mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp, 10.000,-.

Sebenarnya pantai ini cukup indah namun belum ada tiket dan retribusi masuk. Mungkin di masa yang akan datang info ini akan berbuah seiring semakin ramai pengunjung yang datang.

Kunjungi juga beberapa pantai lain di Gunung Kidul seperti :

Daftar Hal Menarik Dari Pantai Grigak

Meskipun bukan sebuah wisata pantai terkenal secara nasional seperti Pantai Parang Tritis dan Pantai Baron, namun pantai satu ini memiliki kelebihannya tersendiri. Beberapa hal yang menjadi daya tarik dari Pantai Grigak antara lain :

1. Pemandangan yang eksotis dan masih sangat alami

pemandangan-pantai-grigak

Kelebihan serta daya tarik yang utama dari pantai yang satu ini adalah pemandangannya yang sangat menawan. Dari pantai ini kamu bakalan menyaksikan pemandangan alam yang luar biasa indah. Mulai dari indahnya biru laut selatan hingga ombak putih yang menepi ke pantai.

Pemandangan seperti inilah pasti yang diharapkan banyak orang saat pergi ke pantai. Anda juga bisa menyaksikan keindahan alam disekitarnya yang hijau menyejukkan mata. 

Karena memang pantai ini cukup sepi, jadi pemandangan-pemandangan tersebut tidak akan terhalang oleh lalu lalang orang seperti di pantai yang ramai pengunjung.

Apalagi buat kamu yang ingin menepi dari sibuknya kehidupan sejenak. Pantai ini cocok untuk kamu kunjungi dan merelaksasi diri. Mungkin saja dengan pantai yang cukup sepi dan menenangkan kamu bisa mendapatkan banyak energi positif dari alam.

2. Banyak terdapat spot foto keren dan menarik

spot-foto-pantai-grigak

Foto by instagram / yuni.novitaa_

Yang pasti di Pantai Grigak ini kamu juga bakalan mendapatkan banyak spot foto yang cantik dan keren. Misalkan saja kamu ingin mengoleksi foto-foto keindahan alam yang alami, pantai ini pasti akan memberikan banyak potret yang bagus.

Kamu juga bisa mengabadikan moment jalan jalan serta wisata kamu dengan pasangan atau keluarga disini. Pastinya dengan backgroud pantai yang cukup keren.

Beberapa spot foto menarik di pantai grigak tersebut antara lain bisa berfoto di dekat tepian pantai, di pasir putih, di bebatuan karang dan juga bisa naik ke perbukitan sekitarnya untuk mendapatkan lebih banyak lagi foto-foto lainnya.

Buat kamu para traveller, blogger, youtuber, fotografer, selebgram pastinya bakal banyak koleksi foto bagus untuk keperluan kalian bila berkunjung ke pantai yang satu ini.

3. Bisa melakukan susur perbukitan di sekitar pantai

Pantai satu ini memiliki perbukitan di sekitarnya, jadi kamu juga memaksimalkan kunjunganmu dengan melakukan susur perbukitan tersebut. Ini juga banyak dilakukan oleh para pecinta alam yang datang kesini. 

Dengan naik ke perbukitan kamu bakalan bisa menikmati pemandangan yang luas. Tentu melihat lautan luas biru laut selatan. Selain itu juga bisa menyaksikan indah hijaunya wilayah di sekitaran pantai grigak ini.

Namun kamu harus tetap hati-hati jika melakukan susur pantai disini. Karena tebing-tebing disini cukup curam dan berbahaya. Beberapa waktu yang lalu saja ada nelayan yang di duga terpeleset dan hilang di pantai ini. Jadi pastikan untuk tetap fokus, pandai menjaga diri dan berhati-hati selalu.

4. Tersedia banyak spot bagus untuk memancing

Selain itu juga kamu bisa melakukan kegiatan memancing. Banyak kok warga masyarakat sekitar yang datang kesini untuk memancing. Selain warga sekitar kadang para wisatawan juga mencoba spot-spot memancing yang ada di pantai ini.

Kamu juga bisa membawa pancing dari rumah atau membelinya diluar pantai untuk mencoba spot mancing tersebut. Pastinya kegiatan seperti ini akan menjadi kegiatan yang cukup unik untuk dilakukan saat pergi ke sebuah wisata pantai.

Hasil memancing bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh, karena disini banyak ikan dan lobster yang menepi. Atau bisa juga agar semakin seru, lakukan bakar-bakar ikan dari hasil pancingan tersebut.

5. Wisata sambil melakukan camping dekat pantai

Selain beberapa kegiatan diatas bisa juga melakukan camping di daratan dekat pantai. Yakni mendirikan sebuah tenda bersama keluarga, teman-teman atau rombongan wisata kamu.

Mendirikan tenda dekat pantai seperti asik hloh. Seru abis, apalagi jika dilakukan bersama pasangan atau bersama teman-teman dekat kamu.

Sambil melakukan camping, sambil memancing, foto-foto dan juga sambil bakar-bakar ikan dekat api unggun. Lengkap sudah kan kegiatan kamu saat berkunjung ke pantai satu ini.

6. Penjelasan fasilitas yang ada di Pantai Grigak

Pantai ini memang masih sepi. Makanya jarang ada warung yang buka. Jadi usahakan untuk membawa perbekalan dan sarana wisata dari rumah atau membelinya dari luar pantai.

Gak seru kan kalau di pantai kehabisan bekal lalu kehausan bahkan kelaparan. Jadi pastikan untuk membawa bekal yang cukup jika berkunjung ke pantai satu ini.

Yang terakhir adalah jangan lupa untuk saling mengingatkan apabila berkunjung ke pantai, yakni soal kebersihan. Karena pantai yang indah salah satunya karena pantai tersebut bersih dan enak dipandang. 

Demikian sobat, review dan ulasan kali ini mengenai Pantai Grigak. Informasi harga tiket, rute lokasi dan juga beberapa hal yang menjadi daya tarik dari pantai ini. Sekian informasi kali ini, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pantai Grigak, Pantai Yang Masih Sepi Dengan Pemandangan Menawan di Gunung Kidul"

Berlangganan via Email