Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Jogan, Pantai Spesial Air Jatuh Di Gunung Kidul

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Pantai Jogan adalah salah satu daftar pantai di Kabupaten Gunung Kidul yang patut buat kamu kunjungi karena beberapa kelebihan dan keindahannya. Bagi sebagian sobat pasti sudah pernah merasakan sensasi keindahan dari pantai yang satu ini. Namun bagi yang belum, berarti kamu harus simak nih cerita menarik dari saya tentang Pantai Jogan ini. Yah, seperti yang orang bilang bahwa pantai ini merupakan salah satu keindahan dari Kabupaten Gunung Kidul, eits,.. berarti salah satu keindahan di Indonesia juga donk. 

Pantai Jogan bisa disebut sebagai salah satu keindahan karena memang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan beberapa pantai yang lainnya. Yang paling menyolok adalah dengan adanya air terjun yang jatuh langsung ke pantai dari perbukitan di sampingnya. Sedikit cerita bahwa nama Pantai Jogan ini juga dikarenakan air yang jatuh ke bawah. Kalau dalam bahasa jawa "jogan" artinya adalah lantai. Yang artinya air tersebut diibaratkan jatuh ke lantai langsung, makanya dari situ dinamakan Pantai Jogan.

Pantai Jogan Gunung Kidul

pantai-jogan

Harga Tiket Masuk Pantai Jogan

Harga tiket masuk ke Pantai Jogan sebenarnya sangat murah. Karena dengan membayar 1 buah tiket kamu bisa mengunjungi 3 pantai sekaligus, yakni Pantai Jogan, Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Kalau dulu harganya cuma RP.12.000,- saja untuk ketiga pantai tersebut, yang pasti sih dari tahun ke tahun bakalan naik karena pantai tersebut juga semakin lama semakin populer. 

Selain membayar tiket masuk pantai tadi kamu hanya perlu membayar biaya parkir. Untuk parkir motor sebesar Rp. 2000,- , untuk parkir mobil sebesar Rp. 5000,- dan untuk parkir bus biasanya berkisar di Rp.20.000. Sangat murah pastinya dengan harga segitu kamu bahkan bisa menikmati beberapa pantai luar biasa sekaligus. 

Rute Menuju Pantai Jogan

Rute menuju Pantai Jogan bisa kamu tempuh melalui 2 arah. Mau ngambil dari arah Yogya atau mau ngambil dari arah Wonogiri/Sukoharjo. Kebanyakan pasti mengambil arah dari Kota Yogyakarta. Yang jelas pantai ini beralamatkan di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Kalau dari Yogyakarta kamu tinggal ambil arah selatan dan timur arah ke Gunung Kidul, kemudian menuju Kecamatan Tepus, Lalu Kamu ambil arah ke Desa Purwodadi, nani kamu akan menemukan pos tiket untuk Pantai Siung, nah pantai Jogan berada sama di dalamnya.

Lokasi Pantai Jogan Di Google Map sebagai berikut :

Hal Menarik Dari Pantai Jogan

Pantai Jogan juga seperti beberapa pantai yang lainnya di Gunung Kidul, yakni memiliki pesona dan keindahan tersendiri. Beberapa hal menarik dari Pantai Jogan antara lain :

1. Air Terjun Pantai Jogan

air-terjun-pantai-jogan

Foto by travelingyuk.com

Sesuai dengan judulnya bahwa di pantai yang satu ini terdapat ciri khusus yang membedakan dengan pantai yang lainnya. Yakni Pantai Jogan memiliki air tejun yang indah di pandang mata. Jika musim kemarau tiba atau air sedang surut, pengunjung bisa turun dibawah air tejun tersebut dan melakukan foto atau bermain air. Namun jika air naik tentu jangan coba-coba karena ombak laut selatan ini memang sangat besar. 

Sebagai sumber iconik dari Pantai Jogan, air terjun inilah yang memancing para wisatawan untuk berkunjung ke pantai yang satu ini.

2. Spot Foto Keren Di Pantai Jogan

spot-foto-pantai-jogan

Foto by instagram @ anika_sptrn

Beberapa sudut Pantai Jogan ini juga bisa kamu jadikan sebagai spot keren untuk melakukan foto-foto. Baik itu foto selfi sendiri maupun melakukan foto-foto bersama dengan rombongan. Saya rasa ini bakalan menghasilkan banyak gambar bagus jika kondisi pantainya seperti ini. Lagi-lagi ini juga akan memanjakan kamu para selebgram yang mengkoleksi foto-foto yang istagramable, wah makin keren aja pasti koleksi kamu setelah berkunjung ke Pantai Jogan.

foto-pantai-jogan

Foto by instagram @ agnov_97

Jadi ketika kamu berkunjung ke Pantai Jogan jangan lupa membawa kamera terbaikmu. Dengan begitu spot-spot menarik dari pantai yang satu ini bisa kamu abadikan dengan baik. Apalagi jika moment liburan kamu bersama orang spesial seperti pasangan atau keluarga, mengabadikan moment sudah pasti menjadi hal yang wajib kamu lakukan. Tapi dalam mengambil foto di Pantai Jogan ini harus berhati-hati ya, karena meskipun keren tapi tebing-tebingnya lumayan curam menghadap kelautan, jadi jaga diri baik-baik.

Baca juga 60 Daftar Wisata Pantai Di Gunung Kidul, ada banyak info menarik di dalamnya yang pasti bakal kamu sukai.

3. Spot Memancing Di Pantai Jogan

spot-mancing-pantai-jogan

Foto by @berandajogja

Pantai Jogan ini memang cukup lengkap dalam memberikan fasilitas dan kesempatan untuk para pengunjung, disini kamu juga bisa memancing. Beberapa pemancing juga sering terlihat jika kamu berkunjung ke Pantai Jogan. Kamu yang hobi mancing juga bisa memanfaatkan moment keren liburan kamu di Pantai Jogan sambil memancing pastinya, wah luar biasa sekali ya. 

Tapi tetap kamu harus berhati-hati, apalagi jika kamu mengambil spot di tebing pantai untuk memancing. Karena memang tebing-tebing ini cukup curam langsung menghadap ke pantai, jadi utamakan keselematan jika kamu memancing di Pantai Jogan

4. Fasilitas yang ada di Pantai Jogan

fasilitas-pantai-jogan

Foto by instagram @ jetrani.rd

Mungkin pantai yang satu ini memang tidak seramai Pantai Parangtritis atau Pantai Baron. Tapi yang perlu kamu tahu bahwa Pantai Jogan ini juga memiliki fasilitas yang cukup memadai. Sepeti halnya untuk melakukan MCK dan sejenisnya juga sudah disediakan berupa toilet umum di sekitaran pantai.

Kemudian jika kamu membutuhkan penginapan, tidak jauh dari pantai ini juga terdapat beberapa jenis penginapan atau hotel yang tersedia, tapi diluar ya bukan di dalam area pantai.

5. Kulineran Di Pantai Jogan

Kalau kamu membutuhkan keperluan makan dan sejenisnya, meskipun tidak terlalu banyak namun tetap ada beberapa penjual yang membuka warung di dalam area pantai ini, termasuk pantai di sebelahnya yakni pantai siung dan pantai ngobaran. Jadi kamu juga bisa memanfaatkan waktu kamu untuk menyantap hidangan seafood atau sekedar untuk menikmati es kelapa muda sambil menikmati keindahan yang ada di Pantai Jogan.

Rasa-rasanya cukup sempurna jika liburan kamu diisi dengan berkunjung ke tempat pantai indah seperti Pantai Jogan ini. Apalagi dengan status pantai yang masih alami dan tidak begitu padat pengunjung. Kamu bisa puas menghabiskan waktu seharian kamu liburan di Pantai Jogan.

Demikianlah review dari saya mengenai Pantai Jogan, Harga Tiket Masuk dan juga beberapa hal menarik lain dari pantai yang satu ini. Semoga saja informasi ini bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Jangan lupa baca juga beberapa pantai di Gunung Kidul yang lainnya, antara lain : 

Pantai KukupPantai NgedenPantai Jagang KulonPantai Kayu ArumPantai JoganPantai BanyuniboPantai DriniPantai Sepanjang Jogja.

Posting Komentar untuk "Pantai Jogan, Pantai Spesial Air Jatuh Di Gunung Kidul"

Berlangganan via Email