Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Krakal Jogja, Keindahan Batu Karangnya Luar Biasa

Aldanpost.com - Pantai Krakal adalah salah satu pantai yang cukup  populer di Gunung Kidul, Jogja yang bisa menjadi salah satu destiniasi wisata Anda dan keluarga. Sudah cukup populer di tengah wisatawan 2 pasangan pantai lainnya yang sering disebut dengan BKK alias, Pantai Baron, Pantai Krakal dan Pantai Kukup. Bagi kamu yang sudah berkunjung kesini pasti sudah tidak asing lagi, namun bagi yang belum, kamu wajib banget nih baca ulasan dari admin kali ini sampai selesai. Karena ada banyak kelebihan serta keunggulan yang diberikan oleh Pantai Krakal ini kepada para pengunjung atau wisatawan yang datang.

Pantai Krakal ini dulunya juga memiliki cerita sejarah sendiri. Yakni berupa terangkatnya dasaran lautan keatas. Yang dalam bahasa jawa bebatuan tersebut disebut dengan "krikil" atau "krakal". Yang akhirnya terbentuklah nama Pantai Krakal sampai sekarang untuk pantai yang satu ini. Pamandangan di pantai yang satu ini pun tidak kalah dengan pantai yang lainnya di Gunung Kidul. Sajian warna pantai yang biru kehijauan serta beberapa keindahan batu karang membuat pantai yang satu ini menghadirkan pemandangan yang eksotis.

Pantai Krakal Gunung Kidul


pantai-krakal

Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Harga tiket masuk ke Pantai Kerakal ini sendiri terbilang sangat murah. Untuk bisa masuk ke pantai yang satu ini kamu hanya perlu membayar sebesar Rp.10.000,- saja. Ini juga termasuk untuk membayar beberapa pantai lain yang ada di sekitaran atau yang masih masuk kawasan dalam Pantai Krakal. Sangat murah menurut saya dengan biaya segitu kita bisa menikmati keindahan alam yang ada di dalamnya.

Selain biaya tiket masuk, kamu hanya perlu membayar untuk biaya parkir. Biaya parkir sendiri di sesuaikan dengan jenis kendaraan yang kamu bawa. Misalkan kamu membawa sepeda motor, maka kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp.3000,-, sedangkan untuk mobil pribadi akan dikenakan biaya sebesar Rp.5000,- sedangkan untuk rombongan bus akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp.20.000,-. 

Baca juga daftar 60 wisata pantai di gunung kidul, disitu banyak review mengenai pantai menarik yang lainnya.

Rute Menuju Pantai Krakal

rute-menuju-pantai-krakal

Foto by instagram.com/herupermadi044

Rute menuju Pantai Krakal ini sebenarnya cukup gampang buat kamu temukan. Pantai ini berada di Desa Ngastiharjo, Tanjung Sari, Gunung Kidul. Kalau kamu berasal dari Yogyakarta kamu bisa ambil arah ke Piyungan, kemudian kamu bisa ambil arah jalan Baron, ketika sudah sampai di jalan baron kamu tinggal lurus saja nanti juga akan ketemu dengan plang masuk untuk Pantai Krakal. Kalau buat kamu yang sudah pernah ke Pantai Baron pasti akan lebih mudah juga untuk menemukan pantai ini.

Untuk lokasi Pantai Krakal di Google maps kamu bisa lihat dibawah ini :

Daftar Spot Menarik Pantai Krakal

Jika kamu sudah berada atau sedang berkunjung ke Pantai Krakal. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat mempesona serta beberapa daya tarik lain dari pantai yang satu ini. Beberapa daya tarik dari Pantai Krakal ini antara lain :

1. Pemandangan indah batu karang Pantai Krakal

batu-karang-pantai-krakal

Foto by instagram.com/ulfamaruapey82

Buat kamu yang datang ke Pantai Krakal ini yang pertama yang akan kamu dapat sebagai daya tarik dari pantai ini adalah keindahan alamnya. Keindahan alam dari pantai kerakal ini cukup menawan. Terutama untuk susunan batu karang yang berada di tepian pantai. Akan terlihat sangat indah namun kamu tetap harus berhati-hati jika ingin menginjakkan kaki keatas batu karang ini karena cukup tajam dan biasanya akan ada lintah yang bersamayam disitu. Jadi utamakan memakai alas kaki jika ingin menginjakkan kaki di tempat seperti itu.

Baca juga ulasan tentang : Pantai Wedi Ombo

2. Bisa melakukan snorkling di Pantai Krakal

snorkling-pantai-krakal

Foto by instagram/sutiko_

Daya tarik yang kedua dari pantai ini adalah bisa menikmati keindahan alam bawah laut dari Pantai Krakal. Kamu bisa menyewa beberapa alat snorkling kepada pengelola pantai atau yang menyewakan alat-alat tersebut. Luar biasa pasti jika kamu bisa sekaligus snorkling dengan menimakati pamandangan ikan dan batu karang di dasaran pantai ini.

3. Banyak spot foto keren di Pantai Krakal

spot-foto-pantai-krakal

Foto by instagram/rahmakurnia8

Buat kamu yang hobinya berfoto ria, kamu juga akan menemukan banyak spot atau tempat foto keren di Pantai Krakal ini. Kamu bisa berfoto dan mengekspresikan diri sebaik mungkin di spot-spot tersebut. Kamu bisa berfoto di dekat batu karang, dekat ombak atau naik sedikit di tempat hikingnya bukit di pantai krakal ini. Pastinya kamu bakalan dapat banyak koleksi foto keren untuk media sosial, untuk keperluan bisnis atau sekedar sebagai kenang-kenangan kamu setelah berkunjung ke pantai ini.

Baca juga ulasan tentang : Pantai Sadranan

4. Pantai Krakal cocok untuk wisata keluarga dan anak kecil

wisata-keluarga-pantai-krakal

Foto by kartanesia.com

Salah satu tempat wisata yang juga cocok untuk berlibur besama dengan keluarga atau untuk membawa anak kecil. Ada sebagian spot dari Pantai Krakal ini bebentuk padang pasir putih yang memang cocok untuk bermain anak-anak. Selain itu kondisi pinggiran pantai tidak terlalu curam sehingga cocok jika kamu ingin mengajak adik atau anak yang masih kecil untuk berlibur kesini. Selain itu jika bersama keluarga juga banyak tersedia gazebo untuk bersantai bersama dengan keluarga.

Baca juga ulasan lainnya tentang Pantai Indrayanti

5. Surfing di Pantai Krakal

surfing-pantai-krakal

Foto by instagram.com/arisfals

Buat kamu yang bisa dan hobi dalam hal surfing dengan ombak. Kamu juga bisa melakukannya di pantai yang satu ini. Yakni dengan menyewa alat surfing dan melakukan surfing pantai sebagaimana mestinya. Namun kamu harus hati-hati ya, kalau belum berpengalaman mendingan mencobanya di pantai lain yang lebih tenang, karena di Pantai Krakal ini nampak pantai selatan dengan ombak yang cukup besar.

6. Banyak fasilitas tersedia di Pantai Krakal

Di Pantai Krakal ini fasilitasnya juga lumayan lengkap buat kamu yang mengunjunginya. Beberapa pintu toilet dan kamar mandi umum sudah disediakan untuk para pengunjung yang datang.

Selain itu juga banyak pedagang yang membuka warung di sekitaran area pantai. Ini cocok buat kamu yang ingin besantai sambil makan atau cuma untuk sekedar minum es kelapa muda sambil menikmati indahnya pantai.

Dengan berbagai macam hal menarik dan juga fasilitas yang cukup lengkap diatas. Saya kira pantai yang satu ini memang cocok buat direkomendasikan buat kamu dan keluarga untuk mengisi waktu liburan yang akan datang.

Sekian dulu sobat review dari saya kali ini mengenai Pantai Krakal, harga tiket masuk, rute menuju lokasi serta hal-hal menarik yang ada dalam pantai yang satu ini. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pantai Krakal Jogja, Keindahan Batu Karangnya Luar Biasa "

Berlangganan via Email