Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Krokoh, Keindahan Alami Yang Tersembuyi Di Gunung Kidul

Aldanpost.com - Buat sobat yang ingin mencari destinasi wisata pantai di Gunung Kidul, bisa mendatangi pantai indah satu ini, Yakni Pantai Krokoh. Sebuah pantai yang mempunyai daya tarik tersendiri dibandingkan dengan beberapa pantai lainnya di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Dan juga menjadi sebuah pantai yang tersembunyi dan menenangkan. Karena memang namanya yang belum begitu populer yang menyebabkan pantai satu ini masih kurang populer. Mungkin juga belum dikenal secara nasional seperti beberapa pantai di dekatnya seperti Parangtritis, Indrayanti atau Baron. Tapi jangan salah, meskipun belum terkenal namun memiliki keindahan yang tidak kalah menarik.

Pantai Krokoh merupakan jenis pantai yang sangat cocok untuk relaksasi diri. Hal ini dikarenakan suasana pantai yang jauh lebih sepi dan menenangkan. Ini cocok buat mengisi liburan Anda untuk melepaskan segala macam kepenatan atas kesibukan kerja Anda. Seperti sebuah tempat yang tepat melepas lelah dan mendapatkan kembali banyak energi positif. Karena kalau Anda sudah lelah bekerja namun berlibur di tempat yang bising dan terlalu ramai malah akan menambah capeknya diri Anda. Selain itu juga ada beberapa kelebihan dan daya tarik yang lain, jadi baca ulasan admin kali ini sampai selesai.

Pantai Krokoh Gunung Kidul

pantai-krokoh

Harga Tiket Masuk Pantai Krokoh

Untuk harga tiket masuk ke pantai yang satu ini Anda hanya perlu membayar untuk tiket parkirnya saja. Untuk sepeda motor sebesar Rp. 2000,-, kemudian untuk mobil kendaraan roda 4 sebesar Rp.5000.

Untuk lokasinya sendiri di dalam desa dan belum terlalu ramai pengunjung yang mungkin menyebabkan pantai ini belum ditarik untk retribusi tiket masuk

Rute Menuju Lokasi Pantai Krokoh

Pantai Krokoh sendiri berada di Dusun Joho, Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Propinsi Yogyakarta. Untuk yang ingin ke pantai ini bisa menempuh rute dari Kota Yogyakarta. Ambil jalan imogidi timur kemudian arah ke wonosari lalu ambil jalan ke Kecamatan Girisubo, lalu ambil jalan menuju desa songbayu, lanjutkan ke Dusun Joho. Sampai pintu masuk Dusun Joho masuk saja ke dalam, karena Pantai Krokoh ada dalam desa ini.

Untuk lokasi di google maps bisa dilihat dibawah ini :

Daftar Menarik Dari Pantai Krokoh

Jika Anda berkunjung ke suatu tempat untuk melakukan wisata pastinya bakalan mencari sesuatu di dalamnya. Begitu juga yang dilakukan beberapa pengunjung di Pantai Krokoh ini. Jika Anda datang kesini pastinya akan mendapatkan beberapa hal menarik di dalamnya, antara lain :

1. Pemandangan yang sangat alami dan menenangkan

Yang pertama adalah pemandangan pantai yang masih sangat alami. Buat kamu yang datang pastinya bakalan merasakan sesuatu yang sangat dekat dengan alam. 

Di tambah dengan suara deburan ombak laut selatan yang biru menjadikan suasana makin syahdu saja. Belum lagi pemandangan batu karang di sekitarnya yang eksotis dipandang.

Suasana seperti ini pasti akan sangat cocok buat kamu yang suka dengan petualangan alam sekitar. Sambil menikmati keindahan alam Anda bisa bersantai dan refreshing di pantai ini.

Tidak heran pula jika kadang sering berdatangan para klub pecinta alam di pantai ini untuk singgah dan menikmati keindahan pemandangan pantai yang menakjubkan.

2. Banyak spot foto keren dan menarik

Selain itu di pantai yang satu ini juga banyak terdapat banyak spot foto cantik dan keren di dalamnya. Buat kamu yang hobi potret memotret pasti akan suka jika berkunjung ke pantai yang satu ini. 

Setelah berkunjung ke pantai ini pastinya kamu bakalan mendapatkan banyak koleksi foto yang keren-keren. 

Untuk keperluan fotografi saya yakin di pantai ini juga akan mendapatkan koleksi foto yang bagus dan mahal. Karena biasanya para penjual foto akan memburu foto limited edition dari tempat-tempat yang jarang dikunjungi seperti pantai krokoh ini.

3. Pantai dengan dataran pasir yang cukup luas

Selanjutnya pantai ini merupakan sebuah pantai dengan wilayah atau area pasir putihnya yang cukup lebar dan luas. Tentu hal ini juga menjadi sebuah keindahan tersendiri untuk dipandang mata. Selain itu area pasir putih yang luas ini juga bisa menjadi tempat bermain untuk para pengunjung. 

Dengan tersedianya pasir putih yang cukup luas menjadikan pantai ini pantai yang cocok untuk berwisata keluarga. Terutama untuk mengajak anak-anak yang mesih kecil. Dengan mengajak kesini bisa membiarkan anak-anak bermain di pasir putih tersebut.

4. Cocok dijadikan tempat camping dan memancing

Selanjutnya pantai yang satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat camping. Anda bisa mendirikan sebuah tenda bersama dengan teman-teman Anda. Misalkan saja saat liburan tiba, Anda bisa datang kesini bersama dengan teman-teman sekolah, teman kuliah atau teman kerja untuk mendirikan tenda dan camping bersama. Pastinya suasana liburan akan lebih menyenangkan.

Selain itu di Pantai krokoh ini kadang juga banyak pemancing yang datang. Entah itu dari warga sekitar atau dari para wisatawan yang berkunjung. Anda juga bisa memanfaatkan liburan Anda ke pantai satu ini sekaligus melakukan kegiatan memancing. 

5. Hiking di perbukitan sekitar Pantai Krokoh

Selain camping dan memancing, Anda juga bisa melakukan kegiatan hiking di perbukitan sekitarnya. Dengan naik keatas bukit Anda bakalan mendapatkan pemandangan indah yang lebih banyak lagi.

Dengan naik ke perbukitan diatas pantai ini akan melihat luasnya laut selatan serta banyak pemandangan indah terlihat di sekitarnya dari atas bukit. 

Tentu saja itu hal yang menyanangkan, akan tetapi anda harus hati-hati jika melakukan hiking karena banyak jurang yang cukup curam jika dari atas bukit. 

6. Fasilitas yang tersedia di Pantai Krokoh

Untuk fasilitas dari pantai ini sebenarnya tidak selengkap beberapa pantai besar lain di Gunung Kidul. Tapi sudah cukup untuk pelayanan kepada para pengunjung dengana adanya beberapa toilet dan kamar mandi umum.

Kemudian saat hari libur juga ada beberapa warung makanan yang buka di area pantai ini. Namun jika bukan hari libur Anda harus membawa bekal dari luar karena tidak akan banyak warung yang buka.

Selain itu juga jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan pantai. Karena pantai yang sepi begini juga akan jarang petugas nya. Jadi kalau bukan kita dan pengunjung yang menjaga kebersihan maka siapa lagi. Terutama untuk tidak meninggalkan sampah sembarangan dan membuang sampah pada tempatnya. Selain itu jika sebuah pantai bersih pasti akan terlihat lebih indah.

Oke sobat, saya kira cukup untuk review dan ulasan kali ini mengenai Pantai Krokoh. Sekaligus informasi mengenai tiket masuk, rute lokasi dan beberapa hal menarik di dalamnya. Semoga saja informasi ini bisa bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga ulasan menarik lainnya antara lain :

Posting Komentar untuk "Pantai Krokoh, Keindahan Alami Yang Tersembuyi Di Gunung Kidul"

Berlangganan via Email