Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Kukup Jogja, Harga Tiket Masuk Dan Daftar Keindahan Di Dalamnya

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Pantai Kukup Jojga, adalah salah satu pantai keren yang berada di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, tempat wisata pantai yang hits dari Gunung Kidul. Kalau mau bicara soal pantai, Gunung Kidul memang seperti gudangnya pantai keindahan. Dari Ujun barat bahkan dari ujung barat Bantul, sampai Gunung Kidul dan sampai perbatasan dengan wonogiri, disitu berjajar lebih dari 50 pantai yang luar biasa keindahannya. Jadi buat kamu yang hobi wisata pantai, saya yakin kamu bakal terpuaskan jika bekunjung ke daerah Gunung Kidul ini.

Pantai Kukup Jogja memiliki keindahan dan juga keunggulan tersendiri. Terutama dari segi airnya yang cukup jernih, serta batu karangnya yang terlihat eksotis. Makanya banyak parawisatawan yang kesini, mereka memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk selfi dan berfoto. Buat kamu yang suka mandi pantai sih pantai kukup ini kurang cocok. Karena dataran pinggiran pantai yang memang penuh dengan batu karang dan tanpa adanya hamparan pasir luas seperti beberapa pantai lain di dekatnya.

Pantai Kukup Jogja

pantai-kukup

Foto Pantai Kukup Via Pencarian Google

Harga tiket masuk ke Pantai Kukup

Pantai Kukup Jogja yang indah ini ternyata tidak mahal hloh tiket masuknya. Tahun 2019 kemarin saja waktu saya kesana cuma dimintai tiket sebesar Rp.10.000,- saja dan itu juga sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Baron dan Pantai Krakal waktu itu. Selain itu ada beberapa biaya lain paling untuk yang membawa kendaraan sepeda motor. Baiklah akan saya rincikan biar jelas mengenai tiket masuk ke Pantai Kukup, antara lain :

  • Tiket masuk Rp. 10.000
  • Parkir sepeda motor Rp. 2000
  • Parkir Mobil Rp. 5000
  • Parkir Bus Rp. 20.000
  • Jika ingin menyewa tenda: Rp50.000 - Rp80.000 
  • Biaya payung: Rp20.000 
  • Biaya tikar: Rp20.000 
  • Ember dan jaring bagi yg ingin cari ikan : Rp10.000 
  • Spot selfie khusus dikenakan : Rp3.000 
  • Bayar tukang foto : Rp10.000

Diatas adalah beberapa rincian mengenai biaya-biaya yang ada di Pantai Kukup. Namun tentu saja harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pihak pengelola. 

Jangan lupa kunjungi juga 60 wisata pantai gunung kidul , disana banyak daftar menarik untuk Anda.

Rute Menuju Pantai Kukup

rute-pantai-kukup

Foto by yogyes.com

Rute menuju Pantai Kukup sebenarnya cukup mudah untuk ditemukan. Apalagi saat ini informasi sudah menyebar luas ditengah masyarakat kita. Belum lagi jika Anda ingin bepergian, sekarang sudah ada GPS yang semakin memudahkan.

Untuk bisa sampai ke Pantai Kukup, kamu bisa menempuh rute dari Yogyakarta atau dari Solo Ambil ke Arah Wonosari. Kemudian dari Alun-alun wonosari ambil ke arah Pasar Hargosari, setelah itu ambil kanan arah ke Pantai Baron, kemudian dari tinggal lurus saja sampai Polsek Tanjungsari, lalu lanjut sampai Pos Tiket Masuk, ada pertigaan lurus lagi sampai disitu tulisan Pantai Kukup masuk ke dalam pantainya.

Untuk lokasi di google maps kamu bisa lihat disini

Hal Menarik Yang Ada di Pantai Kukup

Ada beberapa hal menarik yang bisa kamu temukan di Pantai Kukup, Antara lain :

1. Batu karang yang indah di Pantai Kukup

batu-karang

foto by ig @sgustaam

Daya tarik yang pertama dari Pantai Kukup adalah bentuk batu karang indah di tepian pantai. Hal ini menjadikan para wisatawan asik berfoto selfi diatasnya. Selain itu juga diselah-selah batu karang ini biasanya terdapat beberapa ikan hias kecil yang menjadi buruan para pendatang. Seru kan rasanya berwisata sambil berpetualang memburu ikan hias kecil disini.

2. Spot Melihat Sunset Di Pantai Kukup

sunset-pantai-kukup

Foto by eksotisjogja.com

Bila sore hari tiba, kamu juga bisa menikmati indahnya sunset di pantai kukup. Kamu bisa melihatnya dari bukit rumah di sebelah timur pantai kupkup. Apalagi kamu bisa mengajak pasangan atau orang spesial memandangi indahnya sunset, pasti luar biasa sekali rasanya. 

Apalagi jika kamu berlibur kesini pada musim panas yang cerah cuacanya. Pastinya akan lebih mendukung kamu buat nikmatin indahnya sunset di sore hari. Karena kalau pada musim penghujan akan ada banyak halangan, entah itu air laut naik jika sore hari belum lagi kalau mendung dan hujan kan. 

3. Spot foto keren di Pantai Kukup

spot-foto-pantai-kukup

Foto by instagram/jefri.weli

Di Pantai Kukup kamu juga bakal nemuin beberapa spot foto keren dan luar biasa. Mulai dari di dekat hamparan pasir, diatas batu karang, dirumah-rumah pulau kecil, dari jembatan, atau kamu juga bisa naik ke perbukitan untuk bisa mendapatkan banyak spot keren untuk berfoto yang lebih banyak. Pastinya kamu bakalan punya banyak koleksi foto yang bagus setelah berkunjung ke pantai yang satu ini.

Apalagi buat kamu yang seneng dengan upload foto di instagram. Banyak spot di Pantai Kukup yang menurut saya instagramable banget. Ya buat manfaatin kamera resolusi tinggi kamu pasti lebih maksimal jika digunakan untuk memotret di pantai yang satu ini.

Kalau mau cetak foto langsung, dulu saya waktu berkunjung kesini biasanya ada tukang foto keliling yang menawarkan jasa mereka. Biasanya hanya bayar sekitar 10 - 20 ribu rupiah saja.

4. Berwisata keluarga di Pantai Kukup

wisata-keluarga-di-pantai-kukup

Foto by instagram/yosiochie24

Di Pantai Kukup juga cocok buat kamu yang ingin melakukan wisata keluarga. Barangkali ingin mengajak anak atau saudara yang masih kecil. Karena memang tempat bermainnya tebilang cukup luas meskipun memang tidak bisa bermandi air seperti Pantai Baron atau Parang Tritis.

Apalagi jika musim liburan tiba, barangkali adik atau anak pengen ngajak liburan ke pantai, pantai kukup ini menjadi rekomendasi yang cukup bagus untuk berwisata keluarga. Namun jika liburan tiba pantai terbilang cukup ramai, jadi pastikan juga untuk mengawasi anaknya baik-baik ya. 

5. Banyak fasilitas tersedia di Pantai Kukup

fasilitas-di-pantai-kukup

Foto by instagram/susi_triana_dewi

Kamu jangan kuatir jika ingin berkunjung di Pantai Kukup, karena saya rasa fasilitasnya sudah lumayan lengkap. Mulai dari tersedianya tempat untuk mandi atau melakukan MCK, kemudian tersedia pula tempat untuk melakukan Sholat berupa Mushola. 

Dan masih ada lagi buat kamu yang ingin berbelanja oleh-oleh atau sekedar makan di tempat wisata juga banyak penjual yang membuka warung di pantai yang satu ini. Jadi sudah lumayan lengkap dan tidak perlu kuatir bagi kamu yang tidak membawa bekal.

Pantai Kukup memang menyajikan begitu banyak keindahan. Namun kita sebagai warga yang baik sudah seharusnya kita untuk bantu merawatnya. Karena saat liburan biasanya akan menyisakan banyak sampah, jadi seharusnya kita bantu menjaga kebersihan pantai agar keindahan pantai tidak rusak karena tangan-tangan kita sendiri.

Demikianlah sobat, ulasan dari saya mengenai Pantai Kukup Jogja. Mudah-mudahan informasi ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Demikian yang dapat saya sampaikan dan terima kasih.


Baca juga : 

Pantai Kukup, Pantai Ngeden, Pantai Jagang Kulon, Pantai Kayu Arum, Pantai Jogan, Pantai Banyunibo, Pantai Drini, Pantai Sepanjang Jogja.

Posting Komentar untuk "Pantai Kukup Jogja, Harga Tiket Masuk Dan Daftar Keindahan Di Dalamnya"

Berlangganan via Email