Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pantai Nglambor, Rute, HTM, Spot Foto Dan Daftar Daya Tarik Di Dalamnya

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Pantai Nglambor adalah salah satu koleksi pantai indah yang ada di Kabupaten Gunung Kidul yang bisa kamu jadikan destinasi wisata saat liburan tiba. Karena pantai yang satu ini tentu akan memberikan kesan tersendiri bagi kamu yang mengunjunginya. Meskipun namanya tidak sepopuler Parangtritis, namun nyatanya Pantai Nglambor ini memiliki daya tarik tersendiri. Terutama dari segi pemandangannya yang masih asri luar biasa. Hal ini menjadikan Pantai Nglambor sering disebut-sebut sebagai Pantai Perawan dan juga keindahan yang tersembunyi oleh para wisatawan dan masyarakat luas.

Wisata ke Pantai Nglambor kala waktu libur bisa sekaligus menjernihkan fikiran kamu karena suasananya yang cukup menenangkan. Inilah kelebihan dari pantai-pantai yang masih lumayan sepi pengunjung. Justru bisa puas berwisata dan menenangkan diri di Pantai tersebut. Pantai yang satu ini juga memanjakan para pengunjungnya dengan pemandangan batu karang yang eksotis. Tidak sedikit pula yang mencoba melakukan snorkling di pantai ini karena air nya yang cukup jernih. Sehingga bisa menikmati keindahan alam di dasar Pantai Nglambor.

Pantai Nglambor Gunung Kidul


pantai-nglambor

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

Harga tiket masuk ke Pantai Nglambor seperti biasa dibandrol dengan harga yang murah yakni hanya Rp.10.000,- saja. Tiket ini ternyata juga sekaligus untuk membayar destinasi lain yakni Pantai Jogan dan Pantai Siung. Yang artinya dengan membayar Rp.10.000,- kamu bisa mendapatkan destinasi 3 wisata pantai sekaligus. Sangat murah sekali untuk membayar sebuah keindahan yang luar biasa di dalamnya.

Kemudian biaya lain yang harus dikeluarkan ketika bekunjung ke Pantai Nglambor adalah membayar parkir. Parkir untuk sepeda motor pada hari biasa yakni sebesar Rp.2000,-, mobil pribadi sebesar Rp.5000,- kemudian untuk bus sebesar Rp.20.000,-. Tentu saja harga tiket tersebut bisa berubah kapanpun ya, termasuk jika hari libur panjang seperti moment akhir tahun dan tahun baru.

Rute menuju Pantai Nglambor

rute-pantai-nglambor

Rute menuju Pantai Nglambor sendiri tidak begitu sulit. Pantai ini berada di Dusun Ngandong, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Kalau kamu sudah pernah berkunjung ke Pantai lain di tepus pasti akan lebih mudah untuk menemukan pantai yang satu ini.

Jika kamu berangkat dari Solo, maka kamu bisa menempuh jarak lebih dekat melalui Sukoharjo, kemudian Wonogiri, lalu lanjut menuju Wonosari dan Kecamatan Tepus. Kemudian kamu bisa menuju ke Purwodadi, lalui di Pintu masuknya bisa melalui Pantai Siung dan Pantai Nglambor juga satu gerbang dari situ.

Jika kamu berangkat dari Kota Yogyakarta, maka arah yang harus kamu ambil adalah ke Wonosari, Kemudian Tepus, lalu Sukoharjo, kemudian kamu akan sampai di Pantai Nglambor.

Baca juga ulasan lain tentang : Pantai Wedi Ombo

Hal Dan Spot Menarik Di Pantai Nglambor

Ketika kamu berkunjung ke suatu tempat untuk melakukan wisata, pastinya kamu akan mengharapkan sesuatu yang spesial dari tempat tersebut. Begitu juga dengan pantai yang satu ini juga memberikan beberapa hal dan daya tarik tersendiri. Beberapa daya tarik dari Pantai Nglambor tersebut antara lain :

1. Pulau bukit di tengah Pantai Nglambor

pulau-di-tengah-pantai-nglambor

Foto by eksotisjogja.com

Salah satu iconik dari Pantai Nglambor ini adalah dengan adanya pulau bukit kecil ditengah lautan yang dekat dengan pantai. Hal ini menjadikan lebih tenang dan banyak digunakan oleh pengunjung untuk berwisata. Dari sini juga kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dengan melihat bebatuan karang tersebut. 

Baca juga ulasan menarik lainnya, yakni Pantai Sadranan

2. Hiking di perbukitan sekitar Pantai Nglambor

hiking-perbukitan-pantai-nglambor

Foto by Google Maps/Favian Aqib Arsada

Daya tarik lain dari Pantai Nglambor adalah dengan adanya spot untuk melakukan hiking di sekitaran pantai. Hal ini akan sangat cocok buat kamu yang suka dengan petualangan.

Bagi yang ingin melakukan hiking atau susur pantai, harusnya tetap bersama dengan rombongan. Apalagi jika kamu masih pertama kali datang ke pantai ini. Karena medannya yang sulit jadi bisa saling menjaga dengan rombongan yang melakukan susur pantai bersama.

Selain itu jangan lupa untuk tetap berhati-hati dalam melakukan susur pantai karena memang medan di tepiannya lumayan curam dan tajam.

Baca juga ulasan 60 daftar wisata pantai di Gunung Kidul

3. Snorkling di Pantai Nglambor

snorkling-pantai-nglambor

Foto by paketwisatajogjamurah.net

Dengan adanya pulau kecil ditengah Pantai Nglambor menjadikan air di dalamnya lumayan tenang. Dan ini menjadi spot snorkling favorit bagi para pengunjung. Kamu bisa menyewa kepada petuga setempat jika tidak membawa alatnya. 

Dengan melakukan snorkling ini ekplore pamandangan laut dari Pantai Nglambor akan kamu rasakan lebih maksimal. Yakni dengan melihat berbagai bentuk batu karang yang indah dan juga ikan-ikan laut yang berwarna-warni.

4. Wisata keluarga di Pantai Nglambor

wisata-keluarga-pantai-nglambor

Foto by jogjatraveling.com

Selanjutnya destinasi wisata pantai yang satu ini juga cocok untuk liburan bersama keluarga dan juga untuk membawa anak-anak. Namun tentu saja tidak bisa mandi air seperti biasa karena mendannya berupa bebatuan karang yang lumayan tajam. 

Untuk mengajak anak berfoto dan bersantai di Pantai Nglambor ini saya rasa juga tidak masalah. Karena ombaknya yang jauh lebih kecil dan lebih aman untuk anak-anak.

5. Banyak spot foto menarik di Pantai Nglambor

spot-foto-pantai-nglambor

Foto by instagram.com/yuniartiyuyun

Buat kamu yang hobi berfoto-foto tidak perlu khawatir. Karena di Pantai Nglambor ini memiliki banyak titik atau spot foto yang lumayan menarik. Baik itu di dekat air ombak, di batu karang, atau diatas jembatan yang menghubungkan dengan bukit ditengah pantai. Dengan adanya banyak spot foto keren akan menjadikan kamu memiliki foto kenang-kenangan yang bagus setelah berkunjung ke pantai yang satu ini.

Buat kamu yang sedang cari-cari pantai yang instagramable. Tentu pantai yang satu ini juga cukup rekomended. Selain tempatnya yang lumayan bagus, juga belum ada banyak orang yang mengeksposnya. Hal ini akan menjadi foto-foto intagram kamu menjadi limited edition dan sangat bernilai.

Baca juga pantai menarik lainnya yakni Pantai Indrayanti

Pantai Nglambor ini juga sudah banyak memiliki fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung. Yakni dengan adanya beberapa toilet dan juga kamar mandi umum yang tersedia di sekitaran pantai. Selain itu juga tersedia peralatan snorkling yang disewakan kepada para pengunjung.

Kita memang patut bersyukur dengan adanya keindahan-keindahan alam seperti ini. Maka dari itu mari kita saling mengingatkan untuk bersama merawat pantai tersebut. Yakni dengan cara tetap menjaga kebersihan dan tidak membuag sampah sembarangan.

Baiklah sobat, saya rasa cukup review kali ini mengenai Pantai Nglambor, harga tiket masuk, rute menuju lokasi dan beberapa daya tarik yang ada di dalamnya. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pantai Nglambor, Rute, HTM, Spot Foto Dan Daftar Daya Tarik Di Dalamnya"

Berlangganan via Email