Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pantai Ngrenehan, Pesona Keindahan Tersembunyi di Gunung Kidul

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Pantai Ngrenehan adalah sebuah pantai indah di Gunung Kidul yang diapit oleh 2 buah bukit besar dan panjang yang menjadikannya unik dan menawan. Bagi sobat travellers harusnya sudah tahu informasi mengenai pantai yang satu ini. Kalau belum, berarti Anda wajib buat nyimak ulasan menarik dari admin kali ini. Ya, sebagai salah satu daftar pantai di gunung kidul tentu saja pantai yang satu ini memiliki daya tarik dan keunikannya sendiri. Terutama pemandangannya kontras kontras biru dipadukan dengan pasir putih yang ada di bibir pantai, menjadi susunan pemandangan indah pantai yang satu ini.

Pantai Ngrenehan ternyata memiliki sejarah tersendiri. Yakni pada zaman kerajaan Demak yang kala itu menyerang Kerajaan Majapahit. Kala itu Raden Fatah mengajak ayahnya untuk masuk dan memeluk agama islam. Namun ayahnya menolak dan pergi ke pantai yang satu ini. Lalu setelah itu Raden fatah mengadakan sebuah musyawarah di tempat ini dengan ajak "rene". Kalau dalam bahasa jawa "rene" arti bahasa Indonesianya adalah kemarilah. Sejak kala itu pantai ini dinamakan dengan Pantai Ngrenehan.

Selain memiliki cerita sejarah, pantai ini juga memiliki beberapa kelebihan dan daya tarik tersendiri. Terutama banyak nelayan yang memanfaatkan sebagian dari lokasi pantai untuk parkir perahu. Yang menjadikan pemandangan di Pantai Ngrenehan ini tampak unik dengan jajaran perahu yang tertata sangat rapi.

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

pantai-ngrenehan

Foto by jogjaempatroda.com

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Ngrenehan sendiri cukup murah. Anda yang ingin berkunjung, hanya akan di bebani harga tiket sebesar Rp.10.000,- saja. Harga yang cukup murah apabila jika dibandingkan dengan view pemandangan yang di dapatkan ketika sudah berada di dalam pantai.

Kemudian biaya lainnya seperti biasa Anda hanya perlu membayar parkir. Harga parkirpun disesuaikan dengan jenis kendaraan. Mulai dari Rp.2000,- hingga Rp.20.000,-. Tergantung kendaraan yang dibawa, apakah memakai sepeda motor, mobil pribadi atau membawa bus dengan rombongan.

Rute Lokasi Pantai Ngrenehan

rute-menuju-pantai-ngrenehan

Foto by instagram / indrha_bi

Alamat Pantai Ngrenehan sendiri beradai di Desa Kanogoro, Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buat kamu yang sudah sering berwisata ke Pantai Gunung Kidul saya yakin sudah tahu alamat tersebut. 

Rute lokasi pantai ini dari Kota Yogyakarta bisa mengambil arah jalan menuju Wonosari. Jika sudah memasuki wilayah Wonosari, Anda bisa lanjut atau ambil ke arah Pasar Trowono. Setelah itu ambil arah ke Desa Kanigoro, di dalam desa tersebutlah Pantai Ngrenehan ini berada.

Untuk lokasi pantai Ngrenehan di Di Google Maps, bisa lihat di bawah ini :

Daftar Hal Menarik Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan ini sudah mendapatkan lebih dari 400 ulasan di google maps. Dan kebanyakan merupakan ulasan positif dan menyatakan kekagumannya pada pantai yang satu ini. Tentu saja hal itu dikarenakan pantai ini memiliki beberapa hal menarik di dalamnya. Beberapa hal menarik dari Pantai Ngrenehan tersebut antara lain :

1. Keindahan pasir putih Pantai Ngrenehan

pasir-putih-pantai-ngrenehan

Foto by instagram / silviafatdia_

Yang pertama tentu saja dari pemandangannya yang luar biasa indah. Lokasi daratan pantai di dominasi dengan pasir putih yang lumayan luas. Disinilah bisa terlihat batas pasir dengan air pantai yang cukup jernih.

Selain itu pemandangan 2 perbukitan di samping Pantai Ngrenehan juga semakin menamabah iconik tersendiri bagi pantai ini. Anda juga bisa melakukan hiking di perbukitan tersebut untuk melihat pemandangan alam yang lebih banyak dan lebih luas lagi.

Tentu saja dengan adanya pasir putih yang luas ini menjadikan pantai ini punya area bermain untuk pengunjung. Jadi buat Anda yang menginginkan berwisata keluarga dengan membawa anak kecil, saya rasa Pantai Ngrenehan ini cukup cocok untuk dikunjungi.

Baca ulasan menaik lainnya, yakni Pantai Ngunggah

2. Banyak spot foto menarik di Pantai Ngrenehan

spot-foto-pantai-ngrenehan

Foto by instagram / haybay_u

Dengan adanya pemandangan-pemandangan bagus tersebut menjadikan pantai yang satu ini memiliki cukup banyak spot foto yang keren abis. Buat Anda yang ingin mengabadikan moment-moment wisata dengan rombongan pastinya akan mendapatkan banyak koleksi foto yang keren.

Buat Anda yang pecinta atau hobi dengan dunia fotografi saya yakin juga akan cocok jika berkunjung ke pantai ini. Karena memang ada banyak tempat-tempat yang bisa kamu fokuskan untuk mendapatkan foto-foto keren. Apalagi buat kamu yang hobi mendapatkan foto yang instagramable, pasti bakalan puas jika datang ke pantai yang satu ini.

Baca juga ulasan menarik lainnya yakni Pantai Kesirat

3. Wisata nelayan Pantai Ngrenehan

wisata-nelayan-pantai-ngrenehan

Foto by instagram / motorent_jogja

Selanjutnya pemandangan perahu-perahu para nelayan ini juga akan memberikan keunikan tersendiri. Biasanya para nelayan tersebut akan mulai berlayar di hari-hari tertentu di sore hari.

Bisa dibilang kalau berwisata ke Pantai Ngrenehan ini juga sekaligus untuk berwisata nelayan. Karena banyaknya nelayan yang beroperasi dari pantai ini atau berlabuh ke pantai yang satu ini.

Kamu juga bisa untuk mendapatkan ikan segar dari para nelayan tentu saja. Biasanya pengunjung yang akan melakukan camping akan membeli ikan dari nelayan untuk dijadikan bakar-bakar sambil camping dengan rombongan.

Jangan lupa kunjungi juga Pantai Siung, karena juga terdapat banyak hal menarik di dalamnya

4. Santap kuliner seafood di Pantai Ngrenehan

kuliner-pantai-ngrenehan

Anda juga bisa menyantap kuliner seafood di dekat Pantai Ngrenehan ini. Ada beberapa warung yang buka dan biasanya mereka menjual beberapa hidangan seperti udang dan ikan.

Sauasana liburan ke pantai Anda pasti akan lebih lengkap sambil menyantap seafood di dekat pantai. Apalagi ditemani oleh orang spesial baik itu pasangan maupun bersama dengan keluarga tercinta.

Baca juga ulasan lainnya yakni daftar pantai di gunung kidul

5. Fasilitas yang tersedia di Pantai Ngrenehan

Yang terakhir adalah mengenai fasilitas yang ada di Pantai Ngrenehan. Beberapa fasilitas seperti toilet dan kamar mandi umum sudah tersedia di kawasan pantai yang satu ini, jadi tidak perlu khawatir. Begitu juga dengan adanya beberapa warung makan yang mencoba mencukupi kebutuhan pengunjung untuk makan di dekat pantai juga sudah ada. 

Kalau di hari libur panjang biasanya juga akan ada banyak penjual oleh-oleh yang berjualan di sekitaran pantai yang satu ini. Seperti menjual baju khas jogja atau pun menjual oleh-oleh makanan khas Yogyakarta. Jadi Anda juga bisa membeli oleh-oleh ketika sehabis berkunjung ke pantai ini.

Sekian sobat, review kali ini mengenai Pantai Ngrenehan. Yakni sebuah pantai indah yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Dan juga diatas sudah admin jelaskan mengenai harga tiket masuk, rute dan daftar hal menarik dari pantai ini. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pantai Ngrenehan, Pesona Keindahan Tersembunyi di Gunung Kidul"

Berlangganan via Email