Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pantai Nguluran, Pesona Paling Unik Dari Gunung Kidul Yogyakarta

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Pantai Nguluran adalah salah satu panti dengan keunikannya tersendiri di Gunung Kidul Yogyakarta dengan jembatan kacanya yang keren untuk dikunjungi. Buat sobat traveller yang up to date pastinya bakalan tahu tempat wisata yang satu ini. Namun buat yang belum tahu berarti kamu wajib banget nih nyimak ulasan dari admin kali ini. Pastinya bakalan nambah satu lagi refrensi tempat untuk wisata di hari liburan terdekatmu.

Pantai di Gunung Kidul Yogykarta ini memang tidak ada habisnya untuk diulas. Dalam satu kabupaten terdapat lebih dari 50 pantai yang indah dan memiliki keunikan sendiri-sendiri. Buat kamu yang hobi dengan yang namanya wisata pantai pasti tidak akan kehabisan tempat jika berkunjung ke kabupaten yang satu ini. 

Mengenai Pantai Nguluran sendiri sebenarnya bukan pantai yang terkenal dalam skup nasional. Namun dalam pantai ini terdapat beberapa ikonik yang tidak ada di pantai yang lainnya. Yuk kita simak satu per satu hal-hal menarik tersebut.

Pantai Nguluran Gunung Kidul

pantai-nguluran
Foto Pantai Nguluran : ig @nanda_ptrn

Rute Lokasi Menuju Pantai Nguluran

Sebelum mengulas beberapa hal menarik dari pantai yang satu ini. Yuk kita ketahui terlebih dahulu bagaimana rute menuju Pantai Nguluran ini. Pantai Nguluran sendiri berada di Dusun Bolang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Jika Anda ingin ke sini bisa ditempuh dari Kota Yogyakarta, kemudian ambil jalan melalui Jalan Malioboro, kemudian anda bisa mengambil arah KM 0 jogja, lalu ambil jalan panembahan Senopati, kemudian ke arah jalan parang tritis. Kemudian saat melintas di Jalan Parangtritis perhatikan papan perempatan bakulan. Kemudian kamu bisa melanjutkan ke jalan kopi panggang. Dari kopi panggang inilah kamu bakal menemukan plang petunjuk arah Pantai Nguluran. Tingal diikuti saja untuk sampai di pantainya.

Kemudian untuk lokasi Pantai Nguluran di Google maps bisa kamu lihat dibawah ini :

Dan Harga Tiket Masuk Pantai Nguluran

Harga tiket masuk ke Pantai Nguluran ini cukup murah, seperti beberapa pantai lainnya di Gunung Kidul, meskipun menyimpan banyak keindahan tapi tiketnya cukup murah. Bedanya di pantai yang satu ini ada beberapa jenis pembayaran fasilitas yang ada. Antara lain sebagai berikut :

  • Harga tiket masuk sebesar Rp. 10.000,-
  • Harga parkir motor sebesar Rp. 2000,-
  • Parkir mobil pribadi sebesar Rp. 5000,-
  • Parkir bus sebesar Rp. 20.000,-
  • Naik teras kaca dikenakan tiket sebesar Rp. 25.000,-
  • Naik Glass Boat dikenakan tiket Rp. 30.000,-
  • Naik Becak Terbang Rp. Rp.10.000
  • Naik Giant Chair sebesar Rp. 10.000,-
Baca juga Daftar Pantai Di Gunung Kidul, untuk mendapatkan info menarik lainnya.

Daftar Spot Menarik Pantai Nguluran

Seperti yang saya singgung di awal tadi bahwa pantai yang satu ini memiliki beberapa hal menarik dan kelebihannya tersendiri. Hal inilah yang menjadikan pantai yang satu ini cukup banyak dikunjungi ketika liburan sudah tiba. Beberapa hal menarik dari Pantai Nguluran tersebut antara lain :

1. Terdapat teras kaca di Pantai Nguluran

teras-kaca-pantai-nguluran

Foto by instagram / m_5_queen

Daya tarik yang pertama tentu dengan adanya teras kaca di pantai yang satu ini. Memang banyak yang menyebutnya sebagai pantai teras kaca dengan ikonik utama. Anda bisa merasakan sensasi yang berbeda pasti jika naik ke spot yang satu ini. Karena bisa melihat dibawahnya ombak pantai selatan.

Sebenarnya awal tujuan dibangunnya teras kaca ini adalah untuk swimming pool yang langsung berhadapan dengan pantai. Namun entah kenapa tidak dilanjutkan kembali dan sekarang malah menjadi tempat untuk berfoto para pengunjung.

Bagi kamu yang takut akan ketinggian, kita sarankan untuk tidak naik ke atas teras kaca ini. Karena jika melihat kebawah akan melihat ombak yang luar biasa dari laut selatan. Namun sebenarnya kamu tidak perlu khawatir karena memang teras kaca ini dibangun dengan sangat kokoh dengan kerangka besi dan menggunakan jenis kaca yang cukup tebal.

Baca ulasan menarik lainnya tentang : Pantai Torohudan

2. Banyak spot foto menarik di dalamnya

spot-foto-pantai-nguluran

Foto by instagram.com / destianafitri_28

Tentu saja pantai yang satu ini menjadi pantai yang memiliki banyak spot foto menarik. Selain diatas teras kaca, kamu juga bisa berfoto selfi di beberapa spot lainnya. Seperti naik keatas kursi terbang atau naik ke atas becak terbang.

Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak lagi spot menarik untuk berfoto juga bisa turun kebawa ke dekat pantai atau diperbukitan di sekitar pantai Nguluran. 

Kalau bicara soal spot foto memang pantai ini tidak ada habisnya. Jadi buat kamu yang ingin mendapatkan banyak koleksi foto pantai yang keren pasti akan terpuaskan jika datang ke pantai yang satu ini. 

3. Pemandangan perbukitan yang luar biasa bagusnya

perbukitan-pantai-nguluran

Foto by instagram.com / ajeng_wsw

Jika ingin menikmati keindahan alam sekitar kamu juga bisa melakukan susur pantai di sekitar Pantai Nguluran ini. Dengan melakukan hiking di perbukitan kamu akan mendapatkan lebih banyak lagi pemandangan yang menarik.

Apalagi pantai yang satu ini termasuk kategori pantai yang jarang terjamah. Pasti pemandangan di perbukitan akan terasa alami saat melihatnya. Namun kamu tetap harus hati-hati karena di perbukitan ini banyak tebing yang cukup curam, jadi pastikan mengutamakan keselamatan Anda.

Jangan lupa kunjungi juga : Pantai Botorubuh, karena banyak hal menarik di dalamnya

4. Memiliki fasilitas yang cukup lengkap

fasilitas-di-pantai-nguluran

Foto by instagram.com / tauvik9999

Kemudian untuk beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Nguluran ini cukup lengkap. Karena memang pantai yang satu ini lumayan terurus meskipun belum populer dalam skala nasional.

Beberapa fasilitas umum sudah tersedia untuk pengunjung seperti kamar mandi umum dan juga toilet umum. Jadi untuk yang ingin melakukan keperluan MCK di pantai ini tidak perlu khawatir lagi.

Kemudian di pantai ini juga sudah dibangun beberapa gazebo untuk istirahat dan bersantai para pengunjung. Jadi Anda bisa memanfaatkan gazebo-gazebo untuk bersantai bareng pasangan atau bersama dengan keluarga tercinta.

Suasana bersantai tersebut makin lengkap dengan adanya beberapa warung yang ada di lokasi pantai ini. Kamu bisa memesan beberapa menu kuliner seafood untuk membuat liburan kamu semakin lengkap lagi.

Selain beberapa hal diatas, kamu juga bisa membeli beberapa suvenir dan oleh-oleh khusus khas jogja kepada para penjual yang berdagang di lokasi ini. Apalagi jika musim liburan panjang tiba biasanya akan ada lebih banyak yang berjualan oleh-oleh.

Gimana pendapat kamu mengenai Pantai Nguluran ini? Saya rasa menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik dan unik. Meskipun tidak bisa mandi pantai seperti di Baron dan Parangtritis, namun cukup terpuaskan dengan spot-spot dan fasilitas yang ada dalam pantai ini. 

Sekian dulu sobat, ulasan dan review kali ini mengenai Pantai Nguluran. Harga tiket masuk, rute menuju lokasi dan juga beberapa hal menarik yang ada di dalamnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pantai Nguluran, Pesona Paling Unik Dari Gunung Kidul Yogyakarta"

Berlangganan via Email