Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Ngunggah, Destinasi Wisata Indah Yang Tersembunyi Di Gunung Kidul

Aldanpost.com - Pantai Ngunggah adalah pantai yang bertebing tinggi dengan keindahan eksotis yang ada di Gunung Kidul yang bisa kamu jadikan destinasi wisata terbaik. Beberapa dari sobat pasti belum tahu dengan pantai yang satu ini. Karena memang pantai ini bisa dibilang belum begitu terkenal. Namun kalau dilihat dari kualitas pantainya, saya yakin ini akan menarik banyak orang yang mengetahuinya. Pantai Ngunggah sendiri terkenal degan keindahan tebing-tebing di sekitaran pantai yang cukup luar biasa. Ditambah dengan bebatuan karang dibawahnya yang membuat air terlihat jernih dan berwarna kontras menawan.

Bagi Anda yang menyukai destinasi wisata yang cukup alami, saya yakin pantai yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Karena pemandangan disekitarnya memang sangat alami dengan perbukitan hijaunya. Namun buat Anda yang menyukai pantai segudang keramaian, saya yakin pantai ini tidak cocok buat Anda. Karena suasana di Pantai Ngunggah ini terbilang cukup sepi karena belum banyak yang mengunjunginya. Tapi jika kamu ingin mendapatkan tempat indah untuk menenangkan diri di hari libur, baru tempat ini akan sangat cocok buat kamu.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika ingin berkunjung ke Pantai Ngunggah. Yang pertama harus cukup berhati-hati karena tebingnya yang cukup curam. Jalan masuk ke pantai ini adalah jalan setapak, bukan jalan besar. Kemudian di samping jalan setapak tersebut ada tebing-tebing yang cukup curam jadi harus sangat berhati-hati. Namun kesulitan menempuh medan tersebut semuanya akan terbayar jika sudah sampai di titik pantai. Akan terbayar dengan sajian keindahan yang ada pada pantai yang satu ini.

Pantai Ngunggah Gunung Kidul


pantai-ngunggah

Foto by instagram / dianakairupan

Harga Tiket Masuk Pantai Ngunggah

Untuk harga tiket masuk ke pantai ini adalah gratis, alias tidak perlu membayar. Hanya perlu membayar parkir saja waktu itu. Yakni sepeda motor sebesar Rp.3000,- dan untuk mobil pribadi adalah Rp.7000,-. Mungkin karena memang belum terlalu ramai jadi belum ditarif untuk yang ingin masuk ka Pantai Ngunggah.

Dan juga karena medannya yang cukup sulit menurut saya, yang menyebabkan pantai yang satu ini belum dikenakan tarif tiket masuk. Tapi buat kamu yang mau menyempatkan waktu untuk menuju ke pantai yang satu ini saya yakin tidak akan rugi jika melihat pemandangan dan juga keasrian dari pantai yang satu ini.

Rute Menuju Pantai Ngunggah

Pantai ini berada di dusun Pejaten, desa Giriwungu, kecamatan Panggang, kabupaten Gunungkidul. Ketika Anda berangkat dari Yogyakarta maka bisa menempuh rute melalui jalan imogiri timur, kemudian bisa mengambil arah ke jalan siluk, kemudian menuju ke kecamatan Panggang. Setelah sampai kecamatan Panggang, kamu bisa ambil arah menuju SD pejaten, pantai Ngunggah ada di dekat SD tersebut.

Untuk lokasi Pantai Ngunggah di Google maps kamu bisa lihat dibawah ini :

Baca juga ulasan lainnya yakni Pantai Kesirat

Daftar Hal Menarik Di Pantai Ngunggah

Meskipun pantai ini terbilang tidak populer, namun di google maps sendiri sudah mendapatkan ratusan ulasan yang positif. Yang artinya Pantai Ngunggah ini tetap memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya di Kabupaten Gunung Kidul. Beberapa daya tarik dari Pantai Ngunggah antara lain sebagai berikut :

1. Pemandangan batu karang indah di Pantai Ngunggah

batu-karang-pantai-ngunggah

Foto by rentalmobiljogja.id

Salah satu hal yang menjadi iconik luar biasa dari pantai ngunggah ini adalah pemandangan batu karangnya yang luar biasa indah. Ini akan menjadikan kunjunganmu terasa spesial pastinya. Di bebatuan karang ini kamu bisa melakukan foto-foto dengan background pemandangan yang keren abis. Yang membuat kamu memiliki koleksi foto-foto bagus setelah berkunjung ke pantai yang satu ini.

Selain itu di bebatuan karang ini kamu juga bisa menangkap ikan-ikan kecil yang berkeliaran. Biasanya banyak ikan hias yang menepi ke bebatuan karang tersebut. Namun jangan lupa juga untuk membawa alas kaki jika ingin menginjakkan kaki di bebatuan karang tersebut. Karena tentu cukup tajam dan biasanya suka ada lintah yang berkeliaran. 

Bagaimanapun juga tetap akan menjadi sajian yang eksotis. Karena suasana yang menenangkan. Ditambah dengan pemandangan bau karang kecoklatan yang ada di dasar tepian Pantai Ngunggah ini.

Baca juga ulasan menarik lainnya tentang Pantai Nampu

2. Hiking di perbukitan atas Pantai Ngunggah

bukit-pantai-ngunggah

Bisa menjadi sebuah halangan, namun bisa juga dimanfaatkan sebagai sebuah kelebihan. Yakni perbukitan yang ada diatas dan di sekitar Pantai Ngunggah. Saat berangkat memang harus melewati medan yang susah terlebih dahulu dengan adanya pebukitan ini. 

Namun kamu juga bisa menggunakan perbukitan tersebut untuk melakukan susur pantai dan hiking guna menikmati keindahan alam di sekitar. Pastinya akan terlihat luar biasa dengan melihat keindahan lebih luas dari tempat ketinggian tersebut. 

Isi perbukitan hijau tersebut memang dengan pemandangan yang cukup bagus. Namun Anda perlu ingat bahwa tepian tebing-tebing ini sangat curam mengarah ke pantai. Jadi pastikan untuk berhati-hati dan jangan terlalu menepi dari tebing-tebing perbukitan tersebut.

Baca juga pantai-pantai lain dalam Daftar Wisata Pantai Di Gunung Kidul

3. Memancing di Pantai Ngunggah

Salah satu rutinitas yang paling banyak dilakukan oleh para pengunjung ke Pantai Ngunggah ini adalah memancing. Memang di dekat tebing-tebing dan di bibir pantai tersebut banyak terdapat spot yang bagus untuk memancing. Kalau kamu hobi mancing, tinggal siapkan saja joran terbaikmu jika berkunjung ke pantai yang satu ini.

Meskipun tergolong pantai yang kurang ternama, namun sering kali pantai ini kedatangan rombongan dari klub klub khusus. Misalkan saja klun gowes, kemudian klub turing dan klub pecinta alam. Karena mungkin bagi klub-klub tersebut sangat suka dengan pemandangan alami dari Pantai Ngunggah ini.

Salah satu catatan penting yang harus Anda ingat ketika pergi ke Pantai Ngunggah adalah soal perbekalan. Disini belum begitu banyak warung yang buka. Apalagi jika Anda datang di hari biasa. Bisa jadi malah tidak ada yang jualan sama sekali. Jadi usahakan Anda dengan rombongan untuk bisa membawa bekal sendiri dari luar jika berkunjung ke pantai yang satu ini. Misalkan saja membawa bekal makanan atau miniman.

Selain itu juga belum begitu banyak fasilitas yang ada di Pantai ini. Jadi jika kamu membutuhkan berbagai macam perlengkapan dan sarana untuk liburan. Pastikan juga untuk membawanya dari rumah atau usahakan untuk membelinya dari luar Pantai Ngunggah ini. 

Oke sobat, diatas adalah review saya kali ini mengenai salah satu pantai yang masih tersembunyi yakni Pantai Ngunggah. Informasi mengenai tiket masuk, rute dan beberapa hal menarik yang ada di dalamnya. Demikian dulu yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan sebuah manfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pantai Ngunggah, Destinasi Wisata Indah Yang Tersembunyi Di Gunung Kidul"

Berlangganan via Email