Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pantai Pakundon, Keindahan Yang Tersembunyi Di Kabupaten Gunung Kidul

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Wisata pantai di Gunung Kidul memang menyimpan begitu banyak cerita dan aneka daya tarik tersendiri, salah satunya adalah Pantai Pakundon. Pastilah akan ada banyak cerita karena dalam satu kabupaten saja sudah tersimpan lebih dari 50 pantai yang keren abis. Makanya tidak heran jika Kabupaten satu ini selalu ramai jalanannya saat liburan panjang tiba. Namun sayang sekali di akhir tahun 2020 dan tahun baru 2021 ini terpaksa harus sepi dikarenakan adanya wabah COVID. Kalau wabah sudah berlalu baru nanti kita bisa berwisata kembali. Dan tidak ada salahnya jika nanti Anda mencoba wisata yang satu ini yakni Pantai Pakundon.

Memangnya ada hal menarik apa saja di Pantai Pakundon? Sebelum bahas lebih lanjut apakah sobat pernah mendengar pantai yang satu ini. Saya rasa sebagian dari sobat belum mendengarnya. Karena memang pantai yang satu ini belum begitu terkenal secara nasional. Kebanyakan kalau ke jogja pasti yang dituju Parangtritis kalau gak baron. Nah, maka dari itu sobat coba deh beberapa pantai yang belum terkenal. Karena di dalamnya juga terdapat banyak hal menarik dan bisa melakukan banyak hal yang seru juga. 

Pantai Pakundon Gunung Kidul

pantai-pakundon

Rute Lokasi Menuju dan Harga Tiket Masuk Pantai Pakundon 

Lokasi Pantai Pakundon sendiri berada di Desa Puwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Rute nya tentu bisa Anda tempuh melalui Yogyakarta Kota. Yakni melalui jalur yang sama dengan beberapa pantai yang ada di kecamatan Tepus. Dari Yogyakarta mungkin membutuhkan waktu 1.5 jam hingga 2 jam perjalanan. Kemudian utamakan untuk membawa kendaraan bermotor atau kendaraan pribadi lainnya karena tidak ada kendaraan umum yang langsung masuk ke kawasan pantai kecuali menyewa kendaraan.

Untuk lokasi Pantai Pakundon di google maps bisa Anda lihat dibawah ini :

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Pakundon sendiri adalah gratis. Jadi Anda tidak perlu membayar untuk retribusinya. Namun hanya perlu membayar parkir saja. Untuk parkir motor motor seperti biasa akan dikenakan biaya sebesar Rp.5000, kemudian untuk parkir mobil pribadi adalah sebesar Rp.10.000. Pastinya untuk harga tiket tersebut bisa berubah kapanpun, apalagi jika pantai ini semakin ramai pasti nantinya akan di tarif tiket masuk.

Kalau bicara soal tiket masuk dan biaya untuk bisa liburan di Pantai Gunung Kidul memang sangat murah. Sebuah liburan murah namun mendapatkan banyak pantai dan wisata lain yang menarik. Tidak hanya dari biaya tiket masuk, kalau Anda membutuhkan penginapan di sekitaran pantai pun biasanya cukup murah. Biaya permalamnya hanya berkisar 100 ribuan saja. 

Selain itu jika berwisata ke gunung kidul dan jogja biaya untuk makan dan juga beli oleh-oleh juga jauh lebih murah ketimbang Anda berwisata ke Bali sebagai wisata yang juga paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Daftar Keindahan Di Pantai Pakundon

Jika Anda ingin bekunjung ke Pantai Pakundon pasti bertanya mengenai hal menarik apa saja yang ada di dalamnya. Memang yang namanya berwisata kan pasti ada sesuatu spesial yang dituju. Dan untuk yang berwisata pantai biasanya menginginkan pemandangan alam yang indah dan sejenisnya. Dan untuk beberapa hal menarik yang ada di Pantai Pakundon antara lain :

1. Pemandangan alami dengan suasana sepi dan menenangkan

pemandangan-pantai-pakundon

Saat Anda datang menuju pantai satu ini mungkin harus sedikit berpetualang terlebih dahulu. Selain letaknya yang cukup tersembunyi di dalam pedesaan, juga medannya yang belum bagus karena jalanannya yang masih berbatu. Namun lelahnya petualangan tersebut akan terbayar sudah jika sampai di pantai ini dengan pemandangan yang super indah. 

Dengan pemandangan yang indah inilah suasana liburan ke Pantai Pakundon semakin syahdu saja. Jika Anda datang akan disajikan dengan hamparan pasir putih yang cukup luas. Dan berbatasan langsung dengan birunya laut samudra hindia.

Di tambah dengan alam dan perbukitan di sekitarnya yang berwarna hijau dan alami. Ini sangat cocok sekali bagi Anda yang ingin melakukan wisata pantai sambil relaksasi diri. Seperti yang kita tahu bahwa alam banyak memberikan energi yang positif untuk kita yang bisa meresapinya. 

Jika datang ke pantai ini tidak akan seramai beberapa pantai ternama lainnya. Namun suasana seperti ini saya yakin akan menjadi favorit bagi sebagian orang yang menyukai ketenangan.

2. Terdapat banyak spot foto keren

spot-foto-pantai-pakundon

Dengan pemandangan yang bagus itu pula menjadikan pantai ini memberikan banyak tempat dan spot foto yang keren untuk mengambil gambar. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera terbaikmu jika datang ke pantai yang satu ini.

Backgroud foto di pantai yang keren akan memberikan kenang-kenangan tersendiri buat Anda dan rombongan yang sedang liburan. 

Buat para pecinta fotografi juga bisa menghasilkan banyak jepretan foto  yang bagus pasti jika berkunjung ke pantai yang satu ini. 

3. Terdapat spot camping dan memancing

camping-pantai-pakundon

Area di pantai ini cukup datar dan luas sehingga cocok juga untuk dijadikan sebagai tempat bercamping. Dengan mendirikan sebuah tenda untuk berteduh bersama dengan rombongan yang datang. Bagi Anda yang suka ikut klub pecinta alam saya yakin akan senang menemukan tempat yang cocok untuk melakukan camping seperti ini.

Selain itu juga bisa sekaligus memancing ikan di sekitaran Pantai Pakundon ini. Karena untuk pantai-pantai yang cukup sepi seperti ini ikan dan lopster biasanya akan menepi. Tangkapan ikan yang banyak pasti akan menjadikan kunjunganmu semakin seru saja. 

Sambil bercamping dan menikmati ikan hasil pancingan pastinya semakin lengkap saja acara liburanmu ke pantai yang satu ini. Dan moment-moment seperti ini sangat cocok untuk kamu manfaatkan mengisi liburan bersama keluarga, teman sekolah, teman kampus atau bersama dengan teman-teman kerja. 

4. Kegiatan susur bukit sekitaran pantai

Untuk semakin lengkapnya acara Anda di pantai ini, bisa juga melakukan susur perbukitan di sekitarnya. Karena di sekitaran pantai ini memang terdapat beberapa perbukitan yang hijau menawan. Kalau kamu yang suka dengan dunia petualangan pasti bakal cocok untuk melakukan susur perbukitan seperti itu. 

Dari atas perbukitan kamu akan mendapatkan lebih banyak dan lebih luas lagi pemandangan alam di sekitar. Kalau naik ke perbukitan kaki gunung biasanya akan mendapatkan pemandangan alam sekitar. Namun jika naik di perbukitan dekat pantai pasti akan sekaligus melihat luasnya lautan indah di sekitarnya. 

Beberapa kegiatan diatas bisa Anda lakukan guna mengisi seharian atau lebih liburan pantai yang kamu miliki. Namun selain itu jangan lupa untuk saling mengingatkan untuk bisa berhati-hati dan tetap menjaga keindahan alam dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

Begitulah sobat, bagaimanna cerita dan gambaran tentang Pantai Pakundon untuk Anda. Sekaligus beberapa keterangan mengenai rute lokasi dan daftar menarik di dalamnya. Semoga saja informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Anda dan terima kasih.

Baca juga ulasan menarik pantai lainnya di Gunung Kidul, antara lain :

Pantai Songlibeg, Pantai Grigak, Pantai Sadeng, Pantai Krokoh, Pantai Karang Telu, Pantai Nguluran, Dan Wisata Pantai Di Gunung Kidul lainnya

Posting Komentar untuk "Pantai Pakundon, Keindahan Yang Tersembunyi Di Kabupaten Gunung Kidul"

Berlangganan via Email