Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Parangracuk, Pantai Bertebing Indah Yang Ada di Gunung Kidul

Aldanpost.com - Pantai Parangracuk adalah salah satu dari sekian banyak Pantai di Gunung Kidul yang bisa kamu kunjungi sebagai destinasi wisata saat liburan tiba. Memang kalau bicara soal pantai, Kabupaten Gunung Kidul akan membawakan banyak tempat dan cerita menarik. Salah satunya adalah dengan adanya Pantai Parangracuk ini. Yakni sebuah pantai dengan ciri khususnya tersendiri. Salah satu pantai yang tidak terlalu terkenal namun memiliki beberapa iconic tersendiri. Terutama dari pemandangannya yang masih alami dan memiliki view yang cukup lebar dan luas. Kemudian ciri khusus yang lain adalah dengan adanya bangunan kincir angin belanda.

Pantai Parangracuk termasuk dalam jenis pantai yang bertebing tinggi. Jadi buat kamu yang datang kesini pastinya harus hati-hati dengan kecuraman tebing yang dimiliki. Namun dari tebing-tebing inilah kamu bisa menyaksikan keindahan pemandangan yang luar biasa. Selain itu datarannya yang cukup luas menjadikan para wisatawan bisa melakukan berbagai macam kegiatan di pantai yang satu ini. Salah satu yang sering terlihat adalah kegiatan pemotretan para fotografer. Selain itu kegiatan para pecinta alam yang mendirikan tenda untuk melakukan camping juga sering terlihat saat hari liburan tiba.

Pantai Parangracuk Gunung Kidul

pantai-parangracuk

Harga Tiket Masuk Pantai Parangracuk

Untuk tiket masuk ke Pantai Parangracuk ini sebenarnya gratis. Namun wisatawan yang masuk ke pantai adalah melalui Pantai Baron. Jadi di Pantai Baronlah Anda harus membayarkan tiket sebesar Rp.10.000,- kemudian baru berjalan setapak menuju ke Pantai Parangracuk.

Kemudian kalau membawa kendaraan juga bisa diparkirkan di Pantai Baron. Untuk biaya parkirnya sendiri seperti biasa untuk sepeda motor akan dikenakan tarif Rp.2000,-, kemudian mobil pribadi dikenakan tarif Rp.5000,- dan untuk bus akan dikenakan tarif Rp.20.000,-.

Rute Ke Lokasi Pantai Parangracuk

rute-lokasi-pantai-paranracuk

Foto by instagram / johanarifdharmawan

Rute menuju Pantai Parangracuk sendiri cukup mudah untuk ditempuh. Dari Kota Yogyakarta Anda bisa menempuh jalur jalan menuju Wonosari. Kemudian ikuti jalan baron sampai dengan Pantai Baron. Setelah masuk pantai Baron, lokasi Pantai Parangracuk ini berada di sebelah barat tepat dari Pantai Baron.

Lokasi Pantai Parangracuk di google maps bisa kamu lihat dibawah ini :

Daftar Hal Menarik Di Pantai Parangracuk

Untuk beberapa hal menarik beserta kegiatan yang cocok di Pantai Parangracuk adalah seputar kegiatan alam. Kalau Anda ingin melakukan mandi pantai dan bermain air saya yakin tidak akan cocok jika datang ke pantai ini. Beberapa hal menarik dan kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Parangracuk antara lain sebagai berikut :

1. Spot foto keren di Pantai Parangracuk

spot-foto-pantai-parangracuk

Foto by instagram / abdi.dzaky

Meskipun tidak terlalu ramai, namun di Pantai Parangracuk ini terdapat banyak sekali spot foto yang keren. Terutama untuk di bebatuan di dekat bibir pantai. Namun sekali jika Anda ingin berfoto di bibir pantai, pastikan untuk berhati-hati karena cukup curam mengarah langsung ke lautan.

Selain itu masih ada beberapa spot foto lain jika Anda mau naik ke perbukitan kemudian di beberapa sudut lainnya. 

Karena spot foto menarik ini, tidak heran sering kali terlihat para fotografer mengadakan berbagai kegiatan di pantai ini. Termasuk sering terlihat bahwa pantai ini dijadikan tempat untuk foto pre wedding. 

Anda pastinya akan mendapatkan banyak koleksi foto bagus sebagai kenang-kenangan setelah berkunjung ke pantai yang satu ini. 

Jangan lupa kunjungi juga Pantai Pringjono, untuk hal menarik lainnya.

2. Kincir angin sebagai ikonik utama Pantai Parangracuk

kincir-angin-pantai-parangracuk

Foto by rentalmobijogja.id

Salah satu iconik dari Pantai yang satu ini adalah dengan adanya kincir angin yang dibangun di dataran dekat pantai. Kincir agin ini adalah sebuah energi alam alternatif untuk membangkitkan listrik. 

Di pantai ini pula sering kali di jadikan tempat edukasi dan juga penelitian. Terutama dari pihak pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya. dan juga Pembangkit Listrik Tenaga Ombak. Makanya di daerah pantai ini pula Anda bisa melihat beberapa banguna PLTO yang terpasang.

Hal ini menjadikan ciri khusus tersendiri bagi pantai parangracuk. Dan juga banyak pengujung yang melakukan foto-foto di bangunan tersebut sebagai kenang-kenangan bahwa sudah pernah berkunjung ke Pantaii Parangracuk.

Baca juga ulasan lain mengenai Daftar Pantai Di Gunung Kidul, banyak info menarik di dalamnya.

3. Camping di Pantai Parangracuk

camping-pantai-parangracuk

Foto by wordpress.com

Kegiatan yang sering terlihat dilakukan oleh para wisatawan sakah satunya adalah melakukan camping di daratan Pantai Parangracuk.

Tentu saja lokasi ini cocok untuk dijadikan camping karena datarannya cukup datar dan luas. Anda bisa mendirikan tenda bersama rombongan dan melakukan camping serta bermalam di pantai ini.

Selain itu agar semakin lengkap juga bisa melakukan api unggun dan bakar ikan sambil ber camping. Untuk mendapatkan ikan tersebut Anda bisa memancing atau bisa membelinya dari Pantai di dekatnya yakni Pantai Baron, karena di Pantai Baron tersedia banyak ikan dijual dari para nelayan. 

Sebuah kegiatan alam yang menyenangkan pastinya dengan melakukan camping bersama dengan teman-teman di pantai ini. 

4. Memancing di Pantai Parangracuk

Selain bercamping, Anda juga bisa memancing. Hal ini juga yang banyak dilakukan para pendatang ke Pantai Parangracuk. 

Apalagi dengan kondisi lokasinya yang bertebing, jadi semakin mudah untuk mendapatkan spot memancing ke air lautan yang dalam. 

Buat Anda yang memiliki hobi memancing, pastinya akan terpuaskan dengan spot-spot yang ada di pantai ini. Namun untuk perlengkapan memancing sendiri Anda harus membawanya dari luar. Karena di pantai ini sangat minim warung dan penjual, tidak selengkap beberapa pantai besar lainnya.

Baca juga ulasan menarik lainnya yakni tentang Pantai Ngrenehan

5. Fasilitas yang tersedia di Pantai Parangracuk

Untuk beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Parangracuk sendiri masih sangat terbatas. Mungkin karena pengujungnya sendiri tidak terlalu ramai. Namun jangan khawatir untuk tempat mandi dan toilet umum sudah tersedia.

Kecuali jika kamu ingin mendapatkan warung di pantai ini maka akan cukup susah. Apalagi jika bukan di libur panjang bisa tidak ada warung yang buka sama sekali.

Maka dari itu jika Anda berkunjung ke Pantai Parangracuk, pastikan untuk membawa perbekalan dari luar untuk keperluan apapun.

Atau bisa juga Anda mendapatkan atau membeli berbagai macam keperluan dari pantai di dekatnya yakni Pantai Baron, karena untuk dibaron warung-warung banyak tersedia. Terutama jika Anda ingin makan kulineran, maka mau gak mau harus berpindah dari pantai yang satu ini.

Demikian sobat ulasan dari saya kali ini mengenai Pantai Parangracuk. Penjelesan tentang harga tiket masuk, rute lokasi dan berbagai hal menarik serta kegiatan yang bisa dilakukan di pantai. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pantai Parangracuk, Pantai Bertebing Indah Yang Ada di Gunung Kidul "

Berlangganan via Email