Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pantai Sadranan Gunung kidul, Dengan Keindahan Alam Luar Biasa

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Pantai Sadranan adalah salah satu pantai di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta yang bisa kamu jadikan destinasi wisata yang keren dan menarik. Kalau bicara soal pantai, Gunung Kidul memang memiliki banyak sekali pantai yang pemandangannya luar biasa, salah satunya adalah di Pantai Sadranan ini. Mungkin sebagian kamu belum familiar dengan namanya. Memang pantai yang satu ini tidak sepopuler beberapa pantai lain di Jogja yang dikenal secara nasional. Meskipun belum terkenal namun kamu bakal menemukan banyak hal menarik di dalamnya yang tidak di miliki oleh pantai lain.

Pantai Sadranan sendiri sering disebut sebagai tempat wisata yang multifungsi. Yakni selain untuk wisata pantai juga sekaligus bisa dijadikan wisata budaya. Karena masyarakat di sekitar masih sering melakukan beberapa upacara adat di pantai yang satu ini. Seperti nama Pantai Sadranan sendiri diambil dari adat dan upacara yang sering diadakan yakni "sadranan". Yakni sebuah upacara syukuran dan memohon keselamatan yang sering dilakukan masyarakat sekitar. Karena upacara tersebut sering diadakan di pantai tersebut, maka disebutlah Pantai Sadranan

Pantai Sadranan Gunung kidul

pantai-sadranan

Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan

Harga tiket masuk di Pantai Saranan ini adalah seharga Rp.10.000,-. Seperti biasa, kebanyakan pantai di Gunung Kidul memang memiliki tarif tiket yang cukup murah meskipun keindahannya luar biasa.

Selain membayar tiket masuk, kamu juga perlu membayar tiket parkir. Parkir motor sebesar Rp.3000,-, sedangkan parkir mobil mulai dari Rp. 5000,- sampai dengan Rp. 20.000,- sesuai dengan besarnya kendaraan.

Karena fasilitas di Pantai Sadranan ini lumayan lengkap, selain biaya diatas kamu juga bisa membayar sewa berbagai macam peralatan. Mulai dari menyewa jetsky, menyewa peralatan snorkling dan peralatan lainnya. Jadi kamu bisa lebih puas pastinya jika berkunjung ke pantai yang satu ini.

Baca juga ulasan 60 pantai di gunung kidul, karena masih banyak lagi pantai-pantai menarik lainnya.

Rute Menuju Pantai Sadranan

rute-pantai-sadranan

Foto by instagram/_iin.and

Rute menuju Pantai Sadranan sendiri lumayan mudah untuk kamu tempuh. Pantai ini berada di Desa Pulegundes II. Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Kalau mendengar kecamatan Tepus Gunung Kidul kamu pasti akan berfikiran bahwa pantai ini akan berdekatan dengan beberapa pantai lainnya. Memang di kecamatan ini tersedia banyak pantai indah.

Untuk menuju lokasi Pantai Sadranan kota Yogyakarta kamu bisa ambil arah menuju Piyugan, kemudian arah bundaran Tugu BPD. Setelah itu kamu sudah dekat dengan Pantai Sadranan dan sekaligus juga untuk ke Pantai Baron

Lokasi Pantai Sadranan bisa kamu lihat di google maps di bawah ini :

Daftar Hal Menarik Dari Pantai Sadranan

Kalau bicara soal hal menarik yang ada di Pantai Sadranan pastinya ada banyak hal. Dan itu juga sudah terbukti di google maps pantai yang satu ini mendapatkan banyak sekali ulasan dari para pengunjung, yakni sudah mendapatkan hampir 1000 ulasan positif. Baiklah, untuk beberapa hal menarik yang ada di Pantai Sadranan tersebut antara lain :

1. Pemandangan indah di Pantai Sadranan

pemandangan-pantai-sadranan

Foto by instagram/jogjascenery

Yang pertama adalah dari segi pemandangannya yang cukup menawan. Keindahan Pantai Sadranan ini nampak dari view biru kehijauan lautan yang menyegarkan mata. Termasuk pemandangan yang masih alami karena belum banyak dibangun atau dirubah untuk alam sekitar pantai yang satu ini. Kamu juga bisa melihat pemdangan batu karang dan pasir putih yang eksotis di pantai ini. 

Suasana seperti ini sebenarnya cocok buat kamu yang liburan guna melepas penat dari aktifitas sehari-hari. Dengan menikmati pemandangan alam indah seperti ini kamu bisa refresh kembali.

Baca juga ulasan mengenai Pantai Drini, banyak hal menarik juga di pantai tersebut.

2. Banyak spot foto keren di Pantai Sadranan

spot-foto-pantai-sadranan

Foto by jogjatransport

Kelebihan yang kedua di Pantai Sadranan ini juga tersedia banyak spot foto keren. Jadi siapkan kamera terbaikmu jika ingin berlibur ke pantai yang satu ini. 

Beberapa spot foto menarik tersebut ada pasir putih, dekat ombak, diatas batu karang, bahkan kamu bisa melakukan snorkling untuk mendapatkan foto-foto keren dari pemandangan bawah laut Pantai Sadranan.

Kamu juga bisa baca ulasan mengenai Pantai Indrayanti, banyak spot menarik di dalamnya.

3. Snorkling di Pantai Sadranan

snorkling-pantai-sadranan

Foto by nemodiveclub

Selain itu kelebihan lain dari pantai ini adalah bisa melakukan snorkling. Kamu bisa melihat indahnya pemandangan batu karang bawah laut Pantai Sadranan. Kamu bisa membawa sendiri peralatannya jika memang punya dan sudah berpengalaman. Namun buat kamu yang tidak punya peralatannya juga bisa menyewanya kepada pihak pengelola pantai. 

Biaya untuk sewa peralatan snorkling sendiri sekitar Rp.200.000,- (Harga bisa berubah). Dengan melakukan snorkling pasti akan menjadikan liburan pantaimu makin menyenangkan.

Buat keindahan yang berbeda dengan yang lain, kamu bisa baca ulasan Pantai Banyunibo, ada hal unik di pantai tersebut.

4. Pantai Sadranan cocok untuk wisata keluarga

wisata-keluarga-pantai-sadranan

Foto by instagram/mahendrawathi_e

Selain beberapa kelebihan diatas, kamu juga bisa menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata bareng keluarga kamu. Karena di Pantai Sadranan ini memiliki dataran pasir yang cukup luas sehingga kamu bisa mengajak anak kecil.

Untuk mengajak keluarga liburan di pantai seperti ini merupakan ide yang bagus. Arena bermainnya luas, lokasinya mudah dijangkau dan juga tidak begitu membahayakan jika ingin mengajak anak kecil. Pastinya buat mengisi liburan anak atau adik yang masih sekolah bisa menjadi pilihan bagus pantai yang satu ini.

5. Fasilitas Pantai Sadranan yang lumayan lengkap

fasilitas-pantai-sadranan

Foto by blogspot

Kelebihan yang selanjutnya di Pantai Sadranan ini memiliki fasilitas yang sudah lumayan lengkap. Seperti yang sudah saya sebut diatas sebagian, yakni tersedianya penyewaan alat snorkling. Kemudian ada juga penyewaan jetsky untuk para pengujung.

Selain itu di pantai ini juga disedaiakan banyak gazebo untuk nongkrong, istirahat atau makan bersama dengan keluarga. Yang pastinya ini bakal menjadikan liburan kamu makin asyik saja. Apalagi jika membawa pasangan, menikmati indahnya pemandangan laut dari gazebo pantai pasti menjadi lebih syahdu.

Selain itu masih ada lagi buat kamu yang ingin berwisata kulineran. Beberapa rumah makan juga sudah tersedia di dalam kawasan pantai yang satu ini. Biasanya warung-warung di dekat pantai seperti ini akan menjual aneka seafood segar seperti udang dan ikan. Dan ini akan menjadikan liburan pantaimu makin berarti.

Ketika tersedia banyak keindahan dan banyak fasilitas tersebut sudah seharusnya kita menjaganya dengan baik. Terutama untuk menjaga kebersihan untuk tidak meninggalkan sampah dan membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu keindahan tempat-tempat wisata kita bisa terjaga dengan baik.

Oke sobat, demikian review dari saya kali ini mengenai Pantai Sadaran, harga tiket masuk dan juga rute lokasi menuju pantai tersebut. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pantai Sadranan Gunung kidul, Dengan Keindahan Alam Luar Biasa"

Berlangganan via Email