Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Teknologi Informasi, Manfaat, Beserta Contohnya

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpos.com – Artikel kali ini akan membahas mengenai pengertian teknologi informasi, manfaat beserta dengan contoh nya secara lengkap untuk kehidupan kita sehari-hari. Sudah kita ketahui bersama bahwa teknologi semakin berkembang dari waktu ke waktu. Termasuk teknologi informasi, yang semakin memudahkan setiap orang untuk mendapatkan info dan berita terbaru dari berbagai daerah. Tentu ini menjadi hal yang bagus kalau kita gunakan secara bijak. 

Bukti bahwa teknologi informasi terus berkembang adalah kemudahan kita mendapatkan informasi semakin cepat dari waktu ke waktu. Mungkin zaman dulu orang tua kita harus berkujung ke daerah lain untuk mendapatkan informasi tertentu. Namun di zaman sekarang ini dari manapun kita berada mampu mengetahui berbagai macam informasi dari berbagai daerah bahkan dari berbagai belahan dunia. Ini sangat bagus untuk kita bisa memanfaatkannya demi menambah pengetahuan dan wawasan kita mengenai hal-hal yang terjadi di dunia.

Pengertian Teknologi Informasi, Manfaat, Beserta Contohnya


pengertian-teknologi-informasi

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah sebuah alat atau metode yang dirancang untuk memudahkan setiap orang bertukar informasi, membagikan informasi atau juga mendapatkan informasi. Tentu saja alat ini akan memudahkan kehidupan manusia dengan mengatahui berbagai macam infomasi dengan lebih mudah. 

Perlu diketahui bahwa teknologi informasi ini menjalankan kinerjanya dalam beberapa bentuk, antara lain sebagai berikut 

  • Menangkap gambar sebuah objek
  • Merekam sebuah tulisan dalam bentuk data
  • Menyimpan data dan membagikan data
  • Melakukan system processing
  • Proses akhir menghasilkan sebuah informasi yang dibutuhkan

Dari sini sudah kita ketahui secara mendalam sekarang, bagaimana sebuah teknologi informasi bekerja sampai dengan menghasilkan sebuah data baik itu tulisan, gambar ataupun video sebagai sebuah info yang bermanfaat.

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari tentu sudah bisa kita rasakan. Baik itu untuk keperluan pribadi atau untuk keperluan sebuah kelompok, organisasi ataupun perusahaan. Secara rinci akan saya jelasakan beberapa manfaat teknologi informasi antara lain sebagai berikut :

  • Bermanfaat mepercepat kita mengetahui kabar atau berita terbaru dari sebuah daerah
  • Bermanfaat untuk mempermudah kita mengetahui sebuah kejadian penting
  • Menfaat untuk memudahkan kita mendapatkan informasi yang dibutuhkan 
  • Berguna untuk melancarkan informasi keperluan bisnis
  • Bermanfaat untuk melancarkan informasi keperluan Pendidikan atau pekerjaan
  • Berguna mempercepat penyebaran informasi di bidang kesehatan
  • Berguna mempercepat penyebaran informasi dari dunia politik dan pemerintahan
  • Berguna mempercepat penyebaran infomasi mengenai peringatan bencana alam
  • Berguna mempercepat informasi di bidang militer
  • Dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Tentu saja manfaat-manfaat tersebut bisa kita dapatkan asalkan memanfaatkan teknologi informasi dengan baik dan benar. Karena diluaran sana, ada saja yang memanfaatkan teknologi justru untuk hal yang negative. Sebagai contoh, menggunakan teknologi untuk menyebarkan berita hoax, melakukan penghinaan, menebar kebencian dan yang lainnya. Makanya penting bagi kita untuk bersikap dewasa dan bijaksana dengan adanya teknologi informasi ini sebagai suatu hal yang menjadikan hidup kita lebih maju.

Contoh macam-macam teknologi informasi

Kita akan masuk pada contoh dari macam-macam teknologi informasi. Yang jelas alat-alat yang membantu kita dalam memudahkan mendapat informasi, berarti itu temasuk dalam kategori teknologi informasi. Dan untuk alatnya pun terus menerus bekembang dari waktu ke waktu. Kalau zaman dahulu contoh teknologi informasi adalah menempelkan pengumuman di papan pengumuman publik. Setiap orang yang ingin mengetahui informasi tersebut harus mendatangi papan pengumuman tersebut. Kemudian semakin berkembang dengan munculnya media cetak. Seperti halnya koran, buku dan majalah, berapa contoh tersebut termasuk dalam teknologi informasi. Kemudian berkembang lagi dengan kemunculan banyaknya radio dan juga televisi. Itu juga temasuk contoh alat teknologi informasi. Yang kini semuanya menjadi semakin maju dengan adanya teknologi internet yang memudahkan setiap orang untuk mengakses berita dari handphone masing-masing.

Dari sini bisa kita simpulkan bersama bahwa teknologi informasi adalah sebuah teknologi luar biasa dalam membantu proses kehidupan manusia. Dalam sector ataupun bidang apapun bahkan setiap orang akan membutuhkan yang namanya informasi. Dengan memanfaatkan teknologi informasi ini dengan baik maka akan menjadikan hidup kita menjadi lebih mudah. Bukan hanya itu saja, kalau kita bisa memanfaatkannya dengan baik, bahkan bisa menjadikan kita lebih cepat sukses dan berhasil meraih apa yang sedang kita impikan.

Namun seperti yang saya singgung sedikit diatas, sebaiknya kita menghindari dan mencegah dampak buruk dari penyalahgunaan teknologi informasi. Karena hal itu bisa merugikan orang lain dan juga diri sendiri. Semakin canggih teknologi sebenarnya akan dibarengi dengan semakin bermanfaat sekaligus semakin berbahaya. Maka dari itu penting bagi kita untuk selalu bijak dalam menyikapi perkembangan teknologi yang ada.

Demikian penjelasan dari saya kali ini mengenai pengertian teknologi infomasi, manfaat beserta dengan contohnya. Mudah-mudahan dengan penjelasan dari saya kali ini bisa memberikan sebuah manfaat untuk Anda dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Teknologi Informasi, Manfaat, Beserta Contohnya"

Berlangganan via Email