Postingan Terbaru

Pengertian Teknologi Medis, Contoh Dan Manfaat Untuk Kehidupan

Aldanpost.com - Masuk pada materi pengertian teknologi medis, contoh dan manfaat dengan adanya teknologi medis. Yakni sebuah teknologi yang pastinya berhubungan dengan dunia kesehatan, dunia ilmu kedokteran serta berhubungan erat dengan laboratorium kesehatan dan rumah sakit. Serta hal-hal mengenai bagaimana mengenali dan mengobati seseorang sebenarnya juga termasuk dalam kategori teknologi medis. 

Teknologi medis pun terus berkembang dari waktu ke waktu. Seiring berkembangnya zaman dan juga munculnya para penemu alat-alat yang semakin canggih di dunia kesehatan. Hal ini pun tentu akan semakin memudahkan kehidupan manusia jika mampu di manfaatkan dengan baik. Teknologi medis atau teknologi kesehatan juga turut memajukan kemampuan tenaga medis di dalam menangani sebuah pasien serta membantu meningkatkan pola hidup sehat ditengah masyarakat kita.

Pengertian Teknologi Medis, Contoh Dan Manfaat Untuk Kehidupan


pengertian-teknologi-medis


Pengertian Teknologi Medis

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teknologi medis adalah ilmu kedokteran yang menggunakan peralatan serta prosedur tertentu untuk membantu menemukan penyebab penyakit serta membantu pengobatannya.

Teknologi medis adalah metode dan alat yang membantu memaksimalkan diagnosa sebuah penyakit dan juga membantu memberikan solusi mengatasi penyakit tersebut. Bisa dikatakan sebuah cara atau alat yang membantu menyehatkan masyarakat kita. Teknologi ini biasanya membantu mengenali zat-zat yang terkandung dalam tubuh pasien, kemudian membantu juga mencarikan zat yang cocok untuk mengobatinya. Sama halnya dengan membaca penyakit dan juga membantu dalam menciptakan obat untuk penyakit tersebut.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

  • Menurut Read Bain (1937) Teknologi yang mencakup semua alat, mesin, peralatan, perlengkapan, senjata, perumahan, pakaian, transportasi dan komunikasi perangkat, dan juga keterampilan, yang akan memungkinkan kita sebagai manusia bisa memproduksinya.
  • MenurutNaisbitt (2002)  dari Random House Dictionary, Teknologi medis adalah obyek serta benda-benda, serta bahan dan bentuk juga berbeda dari manusia biasa.
  • Menurut Miarso (2007) Teknologi medis adalah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, di mana produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada. Hal itu juga menyatakan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.
  • Menurut Merriam Webster, Teknologi medis adalah sebuah aplikasi atau implementasi ilmu pengetahuan praktis. Aplikasi praktis kadang-kadang diarahkan juga untuk ruang lingkup tertentu. 
  • Menurut Capra (2004) Teknologi medis adalah salah satu pembahasan sistematis seni terapan atau pertukangan. Hal ini mengacu pada literatur Yunani disebutkan tentang Technologia yang berasal dari techne kata, yang berarti wacana seni

Manfaat Teknologi Medis

Manfaat teknologi medis pun sudah banyak dirasakan, baik dari tenaga medis, rumah sakit, atau pihak yang bergerak di bidang kesehatan lainnya serta masyarakat tentunya. Dengan adanya teknologi medis ini dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan, antara lain :

  • Teknologi medis memudahkan para tenaga medis di dalam bekerja menagani pasien
  • Teknologi medis membantu meningkatkan kualitas sebuah rumah sakit
  • Teknologi medis membantu mempercepat menganalisa sebuah penyakit
  • Teknologi medis membantu menciptakan obat baru untuk sebuah penyakit
  • Teknologi medis membantu masyarakat untuk berpola hidup sehat
  • Teknologi medis membantu menganalisa gizi yang tepat untuk pola makan sehat
  • Teknologi medis membantu memudahkan misi kemanusiaan
  • Membantu memberikan pertolongan dalam keadaan darurat yang lebih cepat.
Dan tentunya selain beberapa manfaat diatas, masih banyak lagi manfaat lainnya yang berhubungan dengan teknologi medis. Manfaat tersebut tentu bisa didapatkan, asalkan semua pihak bisa menggunakannya dengan baik dan bisa saling mendukung.

Contoh Teknologi Medis

Contoh teknologi medis adalah semua yang terlihat di dalam bidang kesehatan, mulai dari alat, metode, tempat dan sarana prasana yang mendukung penanganan pasien atau mengatasi sebuah penyakit. Untuk jenisnya pun terus berkembang dari waktu ke waktu. Contoh di masa lalu seorang mau mengecek demam hanya dengan menyentuh kepala penderita, kalau sekarang kan sudah ada termometer. Ini adalah salah satu contoh kecil dari banyaknya contoh teknologi medis lainnya. Kemudian beberapa contoh teknologi medis masa kini yang akan terus dikembangkan antara lain : 

  • Teknologi medis Artificial Intelligence
  • Teknologi medis Virtual Reality
  • Teknologi Healthcare trackers, wearables, sensors
  • Teknologi Tricorder Medis
  • Teknologi medis pengurutan genome
  • Teknologi medis revolusi penemuan obat
  • Teknologi medis nano
  • Teknolodi robotik

Nah, diatas adalah beberapa contoh teknologi medis baru dan akan terus di kembangkan di masa depan. Mudah-mudahan saja dengan adanya teknologi medis yang terus berkembang, menjadikan peningkatan kecepatan di dalam penanganan pasien yang sakit dan tentu saja membantu menjaga kesehatan masyarakat semuanya.

Demikian pembahasan kali ini mengenai pengertian teknologi medis, contoh dan manfaatnya untuk kehidupan. Semoga saja dengan hadirnya banyak teknologi medis baru bisa memberikan lebih banyak manfaat lagi. Dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda, terima kasih.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama