Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Teknologi Pendidikan, Contoh dan Manfaat Untuk Dunia Pendidikan

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Masuk pada materi pengertian teknologi pendidikan, contoh dan manfaat serta akibat yang ditimbulkan dengan adanya teknologi pendidikan yang berkembang. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dunia pendidikan merupakan sebuah pilar yang sangat penting guna menunjang dan mencerdaskan seseorang. Termasuk juga di dalamnya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kalau bicara soal teknologi pendidikan pasti sudah mulai terfikirkan dalam benak Anda, yakni alat-alat canggih yang terus memudahkan proses belajar mengajar. 

Teknologi pendidikan pun terus mengalami sebuah perubahand dari waktu ke waktu. Perubahan tersebut tentu bertujuan memudahkan proses belajar mengajar antara peserta didik maupun memudahkan pegajar atau guru dalam mengajar. Kalau di zaman dahulu mungkin dunia pendidikan masih banyaks sistem mengajar dengan metode manual dan tradisional. Kalau untuk sekarang semuanya sudah serba otomatis dan menggunakan sistem digital. Hal itulah sebagai contoh nyata perkembangan dari teknologi pendidikan. 

Pengertian Teknologi Pendidikan, Contoh dan Manfaat Untuk Dunia Pendidikan


pengertian-teknologi-pendidikan


Pengertian Teknologi Pendidikan

Pengertian dari teknologi pendidikan adalah sebuah alat dan sistem yang mampu memudahkan proses belajar mengajar, memajukan dan mengembangkan peserta peserta didik menjadi lebih cepatm tepat dan tentunya lebih baik. Teknologi pendidikan sendiri biasanya berwujud seperti alat-alat yang digunakan untuk proses belajar mengajar. Kemudian metode dan cara yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Tentu hal-hal yang berkaitan dengan sarana dan prasana dalam dunia pendidikan sebenarnya semuanya termasuk dalam jenis teknologi pendidikan.

 Bukti bahwa teknologi pendidikan terus berubah, tentu Anda bisa lihat dengan jelas. Mulai dari zaman dulu mengajar semuanya serba manual. Bahkan menggunakan papan tulis dan juga kapur. Berubah menjadi pengajaran menggunakan wthite board dan spidol. Berubah lagi menjadi menggunakan sistem LCD proyektor. Hal tersebut sebagai perkembangan teknologi pendidikan dari segi sarana dan prasana.

Kemudian perkembangan teknologi pendidikan yang lain bisa dilihat dari cara mengajar. Kalau dulu belum pernah ada yang namanya sistem belajar mengajar via online. Namun sekarang metode belajar via online sudah diterapkan. Hal ini tentu saja salah satu perkembangan dari teknologi pendidikan.

Manfaat Adanya Teknologi Pendidikan

Manfaat teknologi pendidikan tentu akan membantu kelancaran proses belajar mengajar siswa dan guru. Kemudian dengan berkembangnya teknologi pendidikan tersebut, bisa bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan siswa dalam menangkap pelajaran. Selain itu juga demi memajukan mutu peserta didik agar menjadi lebih paham mengenai dunia teknologi itu sendiri. Beberapa rincian mengenai manfaat teknologi pendidikan dan perkembangan teknologi pendidikan antara lain sebagai berikut :

  • Memudahkan proses belajar untuk siswa
  • Memudahkan proses mengajar untuk guru/pengajar
  • Meningkatkan kecepatan pemahaman materi
  • Meningkatkan mutu pendidikan
  • Mengatasi kemungkinan tidak bisa bertatap muka dengan adanya metode pembelajaran via online.
  • Meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam mengajar
  • Membuka peluang bisnis di bidang pendidikan
  • Dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.
Tentu saja beberapa manfaat diatas mampu tercapai, asalkan semua pihak saling mendukung. Semua pihak saling melengkapi termasuk didalamnya peran pemerintah dalam mengadakan fasilitas-fasilitas pendidikan yang memadai. Kalau semua pihak turut berperan, pastilah manfaat adanya teknologi pendidikan bisa menjadi lebih maksimal.

Contoh Alat Dan Penerapan Teknologi Pendidikan

Contoh teknologi pendidikan, beberapa sudah saya sebutkan diatas. Seperti alat-alat yang digunakan untuk proses belajar mengajar, semua sebenarnya termasuk kedalam teknologi pendidikan. Mulai dari buku, pensil, papan tulis, kemudian meja kursi dan sarana prasarana. Meskipun banyak orang beranggapan bahwa teknologi pendidikan hanya alat-alat canggih saja, pada semua sarana termasuk kedalam teknologi pendidikan. Kemudian teknologi pendidikan semakin berkembang, contoh adanya komputer, laptop, proyektor, laboratorium, lab kimia, lab bahasa dan dan masih banyak yang lainnya. 

Sampai disni saya kira sobat sudah paham betul sekarang mengenai contoh alat dari teknologi pendidikan. Kemudian contoh lain adalah dalam metode mengajar siswa. Salah satunya yang sudah saya sebutkan diatas dengan adanya metode pendidikan via online. Perkembangan metode yang lain seperti mudahnya mendaftar ke sekolah baru melalui internet. Kemudian mudahnya mendapatkan guru privat panggilan. Kemudian mudahnya mendapatkan alat-alat yang menunjang kegiatan belajar. Semua proses tersebut juga masuk dalam kategori teknologi pendidikan.

Demikian penjelasan dari saya mengenai pengertian teknologi pendidikan, contoh dan manfaat yang didapat. Selama semua pihak saling bekerja sama tentu saja akan membantu penggunaan teknologi pendidikan tersebut dengan lebih maksimal lagi. Semoga saja artikel kali ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Teknologi Pendidikan, Contoh dan Manfaat Untuk Dunia Pendidikan"

Berlangganan via Email