Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilar Agama Islam Yang Wajib Untuk Kita Ketahui dan Pahami

aldanpost - Pilar Agama Islam Yang Wajib Untuk Kita Ketahui dan Pahami – Sebuah bangunan kokoh, tentunya terdapat pilar yang sangat kuat. Begitu pun agama Islam, agama yang memberikan rahmat bagi semesta alam. Islam diciptakan dari pondasi kokoh yang patut dijalankan bagi setiap umatnya. Jika salah satunya roboh, maka runtuhlah keimanannya.

Islam pada dasarnya terdiri dari tiga pilar utama, yaitu islam, iman, dan ihsan. Ketiga pilar inilah yang membentuk agama Islam kuat dan kokoh. Dilihat dari pengertiannya, Islam berarti agama yang dibawakan oleh Rasul-Nya untuk menyempurnakan agama yang sudah ada sebelumnya. Iman artinya percaya, percaya dengan adanya Tuhan, Rasul, Malaikat, Kitab, Kiamat, serta Takdir. Sedangkan ihsan, artinya berbuat kebaikan. simak juga tentang tokoh Islam berpengaruh di dunia

pilar agama Islam
pilar agama Islam

Mengetahui dan Memahami Pilar Agama Islam Lebih Rinci

Ketiga pilar agama Islam ini mempunyai poin-poin di dalamnya. Penting untuk kita ketahui penjabarannya. Berikut akan kami uraikan agar pengetahuan agama Anda lebih luas dan sekaligus dapat mengamalkannya.

Islam, Pilar Agama Islam yang Pertama

Agama Islam merupakan agama akhir yang ada setelah semua agama yang sebelumnya sudah tercipta. Islam merupakan agama yang dibawakan oleh nabi terakhir, yaitu Nabi Muhammad SAW. Mengaku bahwa Tuhan yang wajib disembah hanya satu, tunggal tiada yang lain. Pada periode sepanjang sejarahnya, keberadaan Islam sangat berpengaruh di berbagai belahan dunia dan meninggalkan peninggalan emas.

Di dalam agama Islam, terdapat rukun Islam. Rukun disini pun sama artinya dengan pilar  agama Islam atau pondasi yang menjadi rincian dalam agama Islam. Terdapat lima rukun Islam yang tentunya perlu Anda ketahui. Rukun Islam yang pertama, yaitu mengucapkan Syahadat. Syahadat merupakan kalimat suci yang menjadi kesaksian seseorang muslim, bahwa ia mengesakan Allah dan mengaku keberadaan Rasul.

Kedua, melaksanakan salat. Salat merupakan ibadah yang wajib untuk dilaksanakan oleh setiap umat muslim. Jika tidak dilaksanakan, maka seluruh amal kebaikannya berkurang. Ibadah ini merupakan tiangnya agama yang perlu ditegakkan. Salat ditunaikan dalam lima waktu yaitu, Salat Subuh, Dzuhur, Asar, Magrib, dan Isya. Allah SWT menciptakan makhluk hanya untuk beribadah kepada-Nya. Maka dari itu, ibadah salat ini mesti dilakukan.

Ketiga, menunaikan puasa. Puasa merupakan pilar agama Islam yang istimewa karena hanya dilakukan disaat bulan Ramadhan tiba. Puasa artinya menahan diri dari rasa lapar dan dahaga selama satu bulan penuh. Dengan semata-mata menahan diri dari segala hawa nafsu dan mengambil hikmah di dalamnya. Kewajiban berpuasa terdapat dalam QS. Al-Baqarah ayat 183.

Keempat, memberikan zakat. Zakat adalah pemberian harta oleh seorang muslim yang mampu memberikannya kepada yang berhak menerima. Zakat dilaksanakan sesudah menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Zakat ada dua jenis, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Keduanya ini bertujuan untuk menyucikan harta benda yang kita miliki.

Terakhir yaitu beribadah haji bagi yang mampu. Pilar agama Islam yang paling terakhir ini menjadi penyempurna rukun Islam. Bagi siapa pun yang mampu untuk mengunjungi Baitullah di Mekkah, ia harus menunaikan ibadah haji. Bagi yang tidak mampu, bisa dengan menyembelih binatang kurban pada Hari Raya Idul Adha.

Iman, bermakna Percaya

Iman merupakan kepercayaan dalam diri seseorang bahwa ia mengakui keberadaan Allah SWT sebagai Tuhan. Mempercayai adanya malaikat sebagai makhluk mulia yang diberi tugas penting oleh Allah. Adanya para nabi dan rasul yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan wahyu-Nya disertai dengan 4 kitab suci. Mempercayai adanya hari kiamat, karena hari akhir itu pasti akan terjadi. Dan terakhir mempercayai adanya takdir dan tidak boleh menyangkalnya.

Kepercayaan sepenuhnya berada di dalam hati. Mempercayai dan berusaha meyakini bahwa adanya alam semesta beserta segala isinya tak lepas dari kuasa-Nya. Menurut pendapat mayoritas dari para ulama, iman dilaksanakan dan sesuai dengan lisan dan perbuatan. Tentunya, kita sebagai muslim perlu meyakini keenam rukun iman yang telah disebutkan dan menjadi pilar agama Islam paling penting.

Apabila dirincikan, seluruh makna dari rukun iman tersebut sangatlah luas. Iman memunculkan pemahaman dalam ilmu tauhid. Iman kepada Allah misalnya, kita perlu mengagungkan keesaan Allah dengan mengimani Asmaul Husna ( 99 nama yang baik bagi Allah). Terutama, mengimani keberadaannya, mengakui bahwa Dialah yang mengatur dan menciptakan alam semesta dan seisinya.

Beriman kepada malaikat, mereka adalah ciptaan Allah dari Nur (cahaya) yang wajib kita percaya dan selalu taat pada perintah-Nya. Mereka jauh dari dosa dan selalu menggunakan siang dan malam berdzikir pada Allah. Wajibnya, kita meyakini ada sepuluh malaikat yang diciptakan dan diberi tugas oleh Allah. Inilah pilar agama Islam yang perlu kita ketahui sejak dini.

Mengimani keberadaan empat kitab suci yang diturunkan kepada Nabi dan Rasul pilihan-Nya. Kitab Allah ini berisikan seluruh firman-Nya dan diabadikan dalam sebuah bentuk buku. Allah menurunkan empat kitab kepada nabi pilihan. Kitab terakhir Al-Qur’an merupakan kitab yang dibawakan oleh Rasulullah sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya.

Allah menciptakan Nabi dan Rasul yang diutus oleh-Nya untuk menyampaikan wahyu. Diperkirakan jumlah para nabi ada 124.000 dan 312 rasul yang Allah ciptakan. Kita sebagai umat muslim hanya wajib mengetahui 25 jumlah nabi dan rasul. Nabi yang pertama atau pembuka adalah Nabi Adam A.S dan nabi terakhir adalah Nabi Muhammad SAW. Mengetahui 25 Nabi dan Rasul beserta sejarahnya pun perlu kita pahami, karena termasuk dari pilar agama Islam.

Beriman kepada hari kiamat dan takdir, perlu kita yakini dan tidak bisa kita pungkiri. Bahwa apa yang telah ada itu sudah sesuai ketentuan-Nya. Hari kiamat merupakan hari akhir yang pasti terjadi dan hanya Allah yang tahu kapan itu terjadi. Tentunya, kita perlu menyiapkan bekal amalan sebanyak-banyaknya. Meyakini semua ketetapan atau takdir, hal inilah yang penting untuk dipahami. Segala sesuatu baik dan buruk sudah sesuai ketentuan-Nya.

Ihsan atau berbuat kebaikan

Sebagai manusia tentunya harus memiliki akhlak atau perilaku yang baik. Ihsan, merupakan pilar agama Islam yang ketiga di dalam agama Islam. Ihsan yaitu perilaku seseorang yang selalu terjaga untuk melakukan kebaikan, seakan-akan seluruh perbuatannya diawasi oleh Allah SWT. Seperti kita seakan-akan melihat keberadaan Allah dan Allah pun melihat diri kita. Di dalam ihsan terdapat ilmu tasawuf atau berkaitan dengan ilmu tentang akhlak.

Jika diimplementasikan ketiga pilar agama dilaksanakan dalam sehari-hari, maka tentunya ibadahnya pun sempurna. Segala ilmu yang menjadi tatanan dalam masing-masing pilar agama tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Semisal, seseorang melakukan ibadah salat, tentunya dia pun harus melakukannya dengan penuh rasa khusyuk dan tawadhu. Bersikap baik dan menjaga lisan kepada orang lain. Seperti inilah kehidupan beragama yang mulia. simak juga tentang nilai-nilai dalam Islam modern

Demikianlah pembahasan pilar agama Islam yang perlu kita ketahu dan pahami lebih dalam. Alangkah baiknya bagi kita menjadi pribadi yang dapat menyeimbangkan ketiga pilar tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Mengamalkan pondasi agama Islam adalah hal yang paling penting karena akan mengubah tatanan kehidupan kita di dunia. Hal utama pun dapat menumbuhkan amal kebaikan untuk di akhirat nanti.

Posting Komentar untuk "Pilar Agama Islam Yang Wajib Untuk Kita Ketahui dan Pahami"

Berlangganan via Email