Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TEKNOLOGI PANGAN : Pengertian, Contoh Dan Manfaat Yang Diberikan

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Artikel kali ini akan menjelaskan tentang pengetian teknologi pangan, contoh dan manfaat yang kita dapatkan dengan adanya teknologi pangan kehidupan. Yang mana dalam keseharian kita pasti tidak akan terlepas dari kebutuhan mengenai pangan atau makanan. Sebuah kebutuhan pokok untuk bertahan hidup kita sebagai manusia. Kemudian teknologi yang memudahkan segala macam proses pengolahan pangan bisa dikatakan termasuk dalam jenis teknologi pangan.

Teknologi pangan akan selalu bermanfaat untuk kehidupan kita, apabila kita mampu menggunakannya dengan baik. Apalagi jika Anda berniat menekuni bidang pengolahan pangan. Sebuah kesuksesan bisnis pun akan tercapai kalau seseorang mampu menguasai jenis-jenis teknologi pangan dengan baik. Misalkan saja ingin bisnis makanan tertentu, dan seseorang tersebut memahami alat dan sistem pengolahan makanan tersebut dengan baik. Baiklah kali ini akan saya coba jelaskan lebih dalam mengenai bahasan teknologi pangan.

Teknologi Pangan : Pengertian, Contoh Dan Manfaat Yang Diberikan


pengertian-teknologi-pangan


Apa Itu Teknologi Pangan?

Teknologi pangan adalah sebuah metode atau disiplin ilmu atau didalamnya termasuk alat-alat yang berperan memaksimalkan pengolahan pangan atau bahan makanan. Teknologi ini biasanya digunakan setelah masa panen daripada bahan pangan itu sendiri. Berarti segala macam tindakan, proses atau sarana prasarana yang terlibat dalam pengolahan sebuah makanan termasuk dalam kategori teknologi pangan.

Teknologi pangan sendiri tentu sudah banyak sekali mengalami perubahan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Misalkan saja perubahan-perubahan metode untuk mengolah sebuah bahan pangan dari waktu ke waktu. Misalkan saja dahulu untuk mengolah bahan pangan semuanya menggunakan metode manual. Untuk saat ini teknologi pangan sudah serba mudah dan serba otomatis.

Teknologi pangan juga memberikan banyak kemajuan bagi masyarakat. Dengan perkembangannya, masyarakat jadi lebih tahu bagaimana mengolah bahan pangan yang baik, bergizi, dan juga lebih hemat pengeluaran dalam mengolah pangan itu sendiri.

Manfaat teknologi pangan untuk kehidupan kita

Teknologi pangan sudah memberikan banyak sekali manfaat untuk kehidupan kita. Beberapa manfaat dari teknologi pangan tersebut antara lain :

  • Mengetahui kandungan bahan pangan lebih detail, sehingga kita bisa memilih jenis makanan yang lebih sehat untuk kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mampu mengawetkan bahan makanan lebih lama dari biasanya namun tetap aman dan sehat untuk di konsumsi.
  • Proses pengolahan teknologi pangan yang semakin maju, menciptakan kemudahan menciptakan bahan pangan yang sehat dan mengangung nutrisi tinggi.
  • Efisiensi bahan pangan, karena teknologi pangan mengurangi jumlah pembusukan makanan.
  • Memajukan industri bisnis di bidang makanan.
  • Penghematan tenaga manusia dalam mengolah makanan.
  • Penghematan biaya untuk proses pengolahan bahan makanan.
  • Membantu menyehatkan kehidupan masyarakat.
Diatas adalah beberapa manfaat dengan adanya teknologi pangan dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak manfaat diatas tentu saja bisa terwujud asalkan tahu ilmu dasar bagaimana menjalankan teknologi pangan itu sendiri. 

Contoh teknologi pangan (Macam-macam dan hasil teknologi pangan|)

Contoh teknologi pangan sebenarnya sudah ada banyak sekali. Entah itu Anda sadari atau tidak selalu ada di sekitaran Anda saat ini. Kalau untuk alat yang berhubungan dengan teknologi pangan sendiri ada banyak sekali macamnya. Mulai dari alat-alat yang digunakan untuk memperlancar masa panen pangan itu juga termasuk. Seperti halnya mesin-mesin untuk panen padi, membajak sawah, kincir air sawah dan yang lainnya. Kemudian untuk alat mengolah bahan makanan selanjutnya, seperti halnya kulkas untuk mengawetkan pangan, laboratorium pangan, bahkan blender pun termasuk dalam salah satu jenis alat teknologi pangan.

Hasil teknologi pangan akhirnya terwujud dengan baik setelah banyaknya perkembangan alat-alat diatas yang sudah saya sebutkan diatas tadi. Beberapa contoh pangan dari hasil olahan teknologi pangan antara lain :

  • Teknologi pangan menghasilkan makanan olahan tempe dan tahu.
  • Menghasilkan makanan roti dan keju
  • Teknologi pangan fermentasi menghasilkan yogurt dan juga tape
  • Makanan seperti keju, cuka, terasi juga termasuk hasil teknologi pangan
  • Teknologi pangan penggilingan biasanya menghasilkan pangan seperti bakso dan sejenisnya
  • Dan masih banyak lagi contoh hasil teknologi pangan lainnya.

Diatas adalah beberapa contoh alat dan juga hasil olahan teknologi pangan itu sendiri. Ternyata makanan yang kita makan sehari-hari sebagian besar dan hampir semuanya tidak lepas dari teknologi pangan. Sebuah teknologi yang luar biasa yang ternyata sudah membantu kelangsungan hidup kita sebagai manusia.

Demikian sobat, penjelasan dari saya pada kesempatan kali ini mengenai pengertian teknologi pangan, contoh serta manfaat yang kita dapatkan dari teknologi pangan itu sendiri. Semoga saja kita bisa memaksimalkan perkembangan teknologi pangan yang ada ke depan. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "TEKNOLOGI PANGAN : Pengertian, Contoh Dan Manfaat Yang Diberikan"

Berlangganan via Email