Postingan Terbaru

9 Tips Jualan Di Shopee Agar Laku Keras Dan Omset Meningkat

Aldanpost.com - Halo sobat seller shopee, yuk kita intip 9 tips jualan di shopee agar laku keras berikut ini, tentu agar meningkatkan penjualan dan omset toko kamu. Yang mana setiap orang yang mulai berjualan di ecommerce manapun termasuk di shopee, pasti menginginkan penjualannya selalu laris. Namun kenyatannya ada yang sudah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun berjualan namun toko online nya masih sepi saja. Saya yakin ada yang salah dalam proses jualan di shopee jika sudah lama berjualan namun masih sepi. 

Tips jualan di shopee agar laku keras kali ini tidak hanya untuk pemula saja, yang lama pun juga. Yakni dengan melakukan optimasi dari berbagai macam hal. Mulai dari tampilan, pemberian deskripsi, permainan harga dan produk, hingga masalah promosi. Jadi semua hal yang terkait dengan penjualan kamu di shopee harus dioptimasi secara maksimal agar laris manis. Baiklah mengenai beberapa hal berikut, saya akan coba ulas satu per satu untuk Anda pada artikel kali ini.

Tips Jualan Di Shopee Agar Laku Keras


tips-jualan-di-shopee-agar-laku-keras


1. Penggunaan judul produk yang tepat saat jualan di shopee

Tips jualan di shopee agar laku keras yang pertama adalah melakukan optimasi dari segi judul, pastikan mencantumkan hal-hal penting terkait produk yang Anda display di lapak shopee.

Jadi misalkan Anda menjual celana, baju dan yang lainnya, dalam judul jangan lupa mencantumkan ukuran, jenis bahan dan yang lainnya. Gak papa judul agak panjang tapi benar-benar lengkap.

Setiap pembeli biasanya akan mengetik sesuatu sesuai dengan kriteria mereka. Misalkan dia sedang menjadi kaos ukuran xxl, maka dia akan mengetik "kaos polos pria xxl". Kalau Anda cuma menjelaskan ukuran di deskripsi, maka tidak akan mudah ditemukan oleh pembeli tersebut. Maka dari itu pelajari dan maksimal pembuatan judul produkmu di shopee.

Baca juga : Tips menjadi reseller dan dropshiper online

2. Penggunaan deskripsi produk yang tepat saat jualan di shopee

Selanjutnya adalah pemberian deskripsi produk yang lengkap pada deskripsi produkmu di shopee. Bahkan kalau pelu kamu lampirkan sebuah video penjelas.

Saya sudah melakukan survey, dimana seller sudah level "super seller", sama pedagang kecil perbedaan deskripsinya cukup mencolok.

Pedagang yang sepi biasanya kurang lengkap dalam memberikan deskripsi, sedangkan para super seller dan pedagang besar, mereka memberikan deskripsi produk yang sangat lengkap.

3. Pengunaan gambar yang menarik untuk diplay produk di shopee

Tips jualan di Shopee agar laku keras yang selanjutnya adalah dala, hal penggunaan gambar. Kalau bisa lampirkan juga gambar asli namun gunakan kamera yang berkualitas tinggi. Ini penting guna menarik perhatian dan kepercayaan dari para pembeli.

Selain itu berikan juga label pada setiap gambar dengan tulisan atau coretan yang menarik agar bisa menarik calon pembeli untuk membukanya ketika mereka sedang memilih-milih.

Saya sudah menemuka beberapa pedagang besar memberikan beberapa coretan dalam gambar mereka, misalkan promo atau dapat bonus yang lainnya. Dan tentu saja saya sendiri lebih suka klik gambar-gambar yang seperti itu daripada penjual yang menampilkan gambar polos tanpa coteran apapun. Kemudian jangan lupa juga untuk menambahkan logo toko online kamu di setiap gambar tersebut.

4. Berikan diskon dan promo produk tertentu di shopee

Promo dan diskon selalu menjadi magnet untuk meningkatkan penjualan di shopee. Gak cuma di shopee, di semua tempat sebenernya kalau ada promo dan diskon selalu ramai pengunjung. 

Dalam barang dagangan kamu harus ada yang kamu jual dibawah pasaran. Hal ini berguna untuk menarik orang mampir kelapak kamu untuk membeli dan memberikan ulasan.

Tahukah kamu bahwa para pedagang besar di shopee, awal mereka mencari pelanggan rela menjual salah satu jenis produknya dengan harga rugi. Meskipun rugi tapi kalau yang mampir ke lapak mereka banyak akan mamberikan pengaruh besar. Terutama jika sudah mendapatkan kenaikan level karena ulasan-ulasan yang sudah diberikan dan otomatis semua produknya juga ikut naik dalam pencarian di shopee.

5. Fast respon dalam menanggapi chat calon pembeli di shopee

Tips jualan di Shopee agar laku keras yang selanjutnya adalah dengan cepat melayani setiap chat atau pertanyaan yang masuk. Ini penting agar calon pembeli tersebut bisa benar-benar Anda maksimalkan. Kalau saja kamu sering offline dan ketika mereka bertanya tidak mendapat jawaban. Maka mereka akan berpindah ke penjual lain di shopee. Makanya harus selalu online kalau perlu minta karyawan standby selama 24 jam untuk menjawab chat. Atau minimal aktifkan fitur jawab otomatis untuk memberikan beberapa informasi penting.

6. Perbanyak item produk jualan di shopee

Sebagai seorang pemula di shopee, Anda harus bisa memperbanyak item produk. Karena dengan memperbanyak item, Anda bisa menjangkau lebih banyak orang lagi.

Saya mempunyai kenalan seorang dropshiper di shopee. Dia setiap hari wajib upload display sebanyak 20 produk. Dan setelah satu tahun rutin upload tiap hari, sekarang dia kebanjiran pembeli setiap harinya. Karena memang dia mempunyai display ribuan produk. Dan ketika salah satu produk booming banyak yang beli dan mengulas, saat itu level penjual di shopee naik dan ikut mengangkat produk yang lainnya juga.

7. Naikkan rating penjual di shopee

Tips jualan di Shopee agar laku keras yang selanjutnya adalah terus berusaha untuk menaikkan rating. Baik itu rating di produk yang terjual maupun level Anda sebagai penjual di shopee. Kenaikan rating penjual bisa mempengaruhi banyak hal, terutama dalam hal kepercayaan pelanggan kepada produk jualan Anda. Usahakan untuk terus mendapatkan rating dan ulasan yang bagus ketika produk Anda laku. Rating yang bagus akan Anda dapatkan jika kualitas produk dan pelayanan bagus tanpa ada yang mengecewakan pelanggan. 

8. Berikan fasilitas penjualan yang lengkap kepada pembeli di shopee 

Lengkapilah fasilitas dalam penjualan produk Anda. Mulai dari melengkapi jasa kurir, menambahkan sistem COD dan juga memberikan bonus-bonus pelayanan lainnya. Sebuah pelayanan yang lengkap akan menjadikan penjual terlihat lebih terpercaya. Dan tentu akan semakin membuat nyaman para pembeli Anda untuk memilih. 

9. Lakukan promosi secara maksimal di luar shopee

Yang terakhir yang tidak boleh kamu lupakan adalah promosi. Lakukan promosi setiap hari secara maksikmal, terutama promosi diluar Shopee. Misalkan saja promosi di media sosial, di situs-situs periklanan, kalau perlu kamu buat blog milik kamu sendiri untuk memperbanyak media promosi. Kalau promosi kamu maksimal maka kemungkinan lapak kamu di Shopee juga akan lebih banyak lagi yang mengunjungi. 

Demikian panduan dari saya mengenai tips jualan di Shopee agar laku keras, semoga tips dari saya ini bermanfaat buat Anda yang sedang merintis usaha dengan menjadi seorang seller di Shopee. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan Terima kasih. 

Baca juga : 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama