Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Usaha Yang Cocok Untuk Pemula Di Pedesaan Yang Menguntungkan

Aldanpost.com - Ada kabar baik buat kamu yang tinggal di desa,  yakni ada 10 usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Terutama buat kamu yang sedang berfikir mengenai usaha apa kira-kira untuk kamu mulai di desa kamu sendiri. Gak perlu bingung karena di desa juga menyimpan potensi besar untuk saat ini, apalagi internet juga sudah bisa diakses dari seluruh negeri ini, jadi makin memudahkan tentunya.

Usaha yang cocok untuk pemula di desa bisa kamu mulai dengan melihat beberapa peluang usaha yang ada di desa kamu. Barangkali lingkungan disekitarmu memberikan kamu peluang untuk melakukan usaha tertentu. Sebagai contoh misalkan kamu tinggal di desa yang banyak sawah dan rumput. Maka disitu berpeluang untuk usaha cocok tanam dan juga peternakan. Biar semakin lengkap, kali ini saya bakalan kasih 10 jenis usaha yang bisa menjadi pilihan buat kamu.

Usaha Yang Cocok Untuk Pemula Di Pedesaan


usaha-yang-cocok-untuk-pemula-di-pedesaan

1. Usaha ternak ayam di pedesaan

Daerah pedesaan biasanya memiliki suasana yang jauh lebih tenang dibandingkan di kota. Dan hal tersebut cocok buat kamu yang ingin ternak ayam. Baik itu ayam potong atau ayam kampung cocok jika dipelihara di tempat yang tenang seperti di pedesaan.

Tentu saja usaha ini cocok untuk pemula di desa karena bisa dimulai dengan modal kecil. Bahkan kamu bisa berteman ayam dengan jumlah sedikit terlebih dahulu dan dikembangkan secara bertahap.

Usaha ternak ayam di desa kamu bisa sukses kalau kamu mampu bekerja sama dengan banyak pihak yang membutuhkan ayam. Misalkan saja kamu bekerja sama dengan rumah makan dan para pedagang ayam yang dekat dengan desa kamu beternak.

Baca juga : cara bisnis ayam potong

2. Usaha budidaya tanaman hidroponik di pedesaan

Usaha yang cocok untuk pemula di desa selanjutnya adalah budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik. Apalagi buat kamu yang tidak punya lahan luas, usaha ini sangat cocok sekali.  Kamu bisa membudidayakan tanaman hidroponik di halaman atau belakang rumah kamu.

Usaha tanaman hidroponik juga bisa kamu mulai dengan modal yang kecil. Yakni dengan memulainya sedikit demi sedikit. Lagi pula dengan memanfaatkan pot dan kaleng-kaleng bekas saja sudah bisa menjalankan usaha hidroponik. Jangan salah, meskipun terlihat sepele namun justru tanaman hidroponik bisa menghasilkan keuntungan lebih besar dibandingkan dengan bertanam di lahan luas jika dihitung perbandingan dari modalnya.

3. Usaha bertani padi di pedesaan

Usaha yang cocok untuk pemula di desa yang selanjutnya adalah dengan bertani padi. Buat kamu yang sudah sering bantu orang tua bertani padi pasti sudah tahu caranya. Dan kamu pun bisa memulainya sendiri asalkan punya lahan yang berair atau lahan lumpur sawah.

Bertani padi merupakan sebuah usaha yang sudah turun temurun di desa dari nenek moyang jaman dahulu. Siapa lagi yang akan melanjutkannya selain kita yang masih muda. Tidak ada salahnya buat kamu mulai. Karena bertani padi juga memberikan hasil keuntungan yang lumayan besar.

4. Usaha memelihara burung kicau

Suasana di desa juga sangat cocok untuk memelihara burung kicau. Hal tersebut juga bisa kamu jadikan pilihan usaha yang akan kamu jalankan di desa. Sambil menikmati segarnya udara di desa sambil memelihara burung pasti menjadi sebuah kenikmatan tersendiri.

Apalagi penjualan burung kicau yang gacor biasanya lumayan. Jangankan ratusan ribu,  bahkan bisa jutaan nilainya.  Dan kamu bisa menjalankan usaha ini dari desamu sendiri untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar.

5. Usaha ternak lele

Usaha yang cocok untuk pemula di desa yang selanjutnya adalah ternak lele. Ternak lele cocok dijalankan di desa karena biasanya masih banyak lahan kosong. Selain itu juga jauh dari kebisingan dan airnya pun tidak mudah tercemar seperti halnya di perkotaan.

Kamu bisa menjadi ternak lele sebagai salah satu pilihan usaha yang akan kamu jalankan di desa. Bahkan bisa kamu mulai dengan modal kecil, yakni beternak sedikit demi sedikit dengan memanfaatkan media tong dan sejenisnya. Untuk penjualan ternak lele pun mudah laku,  jadi usaha yang satu termasuk pilihan terbaik untuk kamu jalankan di desa.

6. Usaha cuci steam di desa

Volume kendaraan di desa juga semakin meningkat dari hari ke hari. Hal ini memberikan peluang usaha cuci steam buat kamu jalankan di desa. Terutama buat kamu yang berlokasi strategis di tengah2 masyarakat atau di dekat jalan raya.

Bahkan di desa sendiri kadang belum banyak pesaingnya untuk usaha cuci steam. Jadi ini juga termasuk jenis usaha yang cukup bagus dan termasuk dalam peluang usaha bidang jasa yang dibutuhkan masyarakat. Kamu juga bisa memulainya dengan modal yang cukup kecil karena hanya perlu modal kompresor air dan peralatan cuci steam saja sudah bisa memulai usaha.

7. Usaha jualan sayur online di pedesaan

Usaha yang cocok di desa yang selanjutnya adalah jualan sayur online. Apakah di desamu sudah ada yang jual sayur online?  Saya kira belum banyak yang melakukannya. Padahal kalau kamu jalankan,  usaha ini bisa memberikan keuntungan yang cukup besar.

Caranya kamu iklankan ke warga-warga bahwa kamu melayani pemesanan sayur melalui online. Kamu bisa membuat sebuah grup yang isinya adalah pelanggan kamu. Kemudian para warga di desa di jika ingin membeli sayur tinggal pesan melalui online dan kamu mengantarkannya.

Baca juga : ide jualan sayur online

8. Usaha jualan pupuk pertanian

Jualan pupuk pertanian juga bisa menjadi salah satu usaha yang cocok untuk kamu jalankan di desa. Karena di desa pasti banyak petani yang bercocok tanam dan mereka semua pasti membutuhkan pupuk.

Kamu bisa melakukan sebuah kerjasama dengan pabrik atau distributor pupuk. Kemudian kamu lakukan promosi kepada para petani. Biar lebih maksimal kamu bisa bergabung dengan kelompok tani yang ada di desamu agar lebih banyak penjualannya.

9. Usaha buka konter pulsa di pedesaan

Sekarang masyarakat di pedesaan juga sudah menggunakan handphone,  dan setiap harinya ada kebutuhan untuk membeli pulsa dan paket data. Dari peluang tersebut kamu bisa membuka sebuah konter penjualan pulsa dan sejenisnya.

Usaha di desa dengan membuka konter berpeluang sukses jangka panjang. Apalagi kalau kamu bisa mendapatkan tempat yang cukup strategis dan belum banyak saingan konter lainnya.

10. Mendirikan event organizer di desa

Event organizer mungkin sudah ramai di perkotaan. Tapi tidak ada salahnya jika Anda jalankan di desa. Yakni dengan membuat sebuah tim yang menangani sebuah event tertentu. Baik itu pertunjukan musik, pernikahan dan event-event lainnya.

Masyarakat di desa semakin lama juga semakin maju. Mereka pasti mau jika memiliki sebuah hajat dan di kelola oleh sebuah tim profesional.

Beberapa peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan sudah saya jelaskan diatas sebanyak 10 point. Sebenarnya masih banyak lagi usaha lainnya yang bisa Anda jalankan. Yang paling penting kamu memanfaatkan potensi diri kamu dan juga lingkungan desa tempat tinggal kamu dengan baik. Demikian yang dapat saya sampaikan,  semoga bisa bermanfaat dan Terima kasih. 

Posting Komentar untuk "10 Usaha Yang Cocok Untuk Pemula Di Pedesaan Yang Menguntungkan"

Berlangganan via Email